STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU

Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia DiniAr-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bercerita anak di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan aplikasi prezi terhadap kemampuan bercerita anak usia dini di Taman Kanak-kanak Kartika 1-7 Padang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode kuasi eksperimen. Penelitian dijalankan di TK Kartika 1-7 Padang dengan melakukan di dua kelas, yaitu kelompok eksperimen kelas B1 sebanyak 13 anak serta kelompok kontrol kelas B5 sebanyak 13 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa indikator-indikator yang akan dicapai sebanyak 9 butir item, yang dilakukan melalui tes perbuatan. Teknik analisis data memakai uji normalitas, homogenitas serta hipotesis. Alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan, kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan aplikasi SPSS 15.0 for windows. Berdasarkan analisis data, hasil rata-rata pre-test dan post-test kelompok eksperimen adalah 20,15 dan 27,38, sementara pada kelompok kontrol, rata-rata pre-test dan post-test adalah 20,62 dan 25,00. Data yang dihasilkan berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji hipotesis dengan Independent sample t-test, nilai sig (2-tailed) adalah 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa media aplikasi prezi terbukti lebih efektif terhadap kemampuan bercerita anak.

Penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Prezi efektif dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak di Taman Kanak-kanak Kartika 1-7 Padang.Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-test dan post-test pada kelas eksperimen adalah 20,15 dan 27,38, serta 20,62 dan 25,00 pada kelompok kontrol.Data yang diperoleh terdistribusi normal dan homogen dengan signifikansi 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, mengindikasikan aplikasi Prezi memiliki dampak positif signifikan terhadap kemampuan bercerita anak.

Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh aplikasi Prezi terhadap aspek perkembangan anak lainnya, seperti kemampuan kognitif dan sosial-emosional, untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif tentang manfaat aplikasi ini. Kedua, penelitian dapat diperluas dengan membandingkan efektivitas aplikasi Prezi dengan media pembelajaran lain yang serupa, seperti aplikasi atau metode bercerita tradisional, untuk mengetahui media mana yang paling efektif dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak. Ketiga, eksplorasi lebih dalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penggunaan aplikasi Prezi dalam konteks pembelajaran bercerita, seperti gaya belajar anak, tingkat kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi, dan dukungan orang tua di rumah, dapat memberikan informasi berharga bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan praktik pembelajaran yang inovatif dan berkualitas di pendidikan anak usia dini.

  1. Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita | Jurnal Kajian Anak (J-Sanak).... scholar.ummetro.ac.id/index.php/sanak/article/view/870Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Jurnal Kajian Anak J Sanak scholar ummetro ac index php sanak article view 870
  2. Jurnal Ilmiah Potensia Pendidikan Anak Usia Dini Early Childhood Education. hubungan persepsi smartphone... ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/6152Jurnal Ilmiah Potensia Pendidikan Anak Usia Dini Early Childhood Education hubungan persepsi smartphone ejournal unib ac index php potensia article view 6152
  1. #sosial anak usia#sosial anak usia
  2. #tangan anak usia#tangan anak usia
Read online
File size338.29 KB
Pages9
DMCAReport

Related /

ads-block-test