STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU

Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia DiniAr-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perkembangan bahasa Indonesia anak, beberapa anak belum mampu mengenal kata sederhana dan beberapa anak kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa Indonesia anak dengan menggunakan permainan kotak ajaib melalui metode penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilakukan dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/ persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B1 dengan jumlah siswa 16 yaitu pada semester I tahun ajaran 2022/2023 di RA Munzhiroh 3 Kulim Kota Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan permainan kotak ajaib untuk meningkatkan perkembangan bahasa Indonesia pada anak. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi guru dan aktivitas anak dan dokumentasi. Setelah data terkumpul melalui observasi, data tersebut diolah menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan kemampuan bahasa Indonesia anak. Pengamatan aktivitas anak juga meningkat, hal ini dapat terlihat dari data awal hingga siklus II pertemuan 2. Data awal 41,27%, Siklus II pertemuan 2 diperoleh persentase rata-rata 85,28%. Sehingga peningkatan keseluruhan aktivitas guru diperoleh persentase rata-rata 44,01%.

Aktivitas guru meningkat dari data awal hingga siklus II pertemuan 2 dengan peningkatan keseluruhan sebesar 50%.Pengamatan aktivitas anak mengenal huruf hijaiyah juga meningkat dari data awal hingga siklus II pertemuan 2 dengan persentase rata-rata 42,17%.Penggunaan permainan kotak ajaib efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia anak melalui kegiatan edukatif.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi apakah permainan kotak ajaib efektif dalam meningkatkan kosakata bahasa Indonesia hanya anak perempuan dibandingkan anak laki-laki di berbagai sekolah. Selain itu, penelitian bisa dilakukan untuk membandingkan permainan kotak ajaib dengan metode bermain lain seperti teka-teki tradisional dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini. Penelitian juga dapat difokuskan pada bagaimana modifikasi kotak ajaib—dengan menambahkan elemen visual seperti gambar atau suara—dapat mempercepat peningkatan daya ingat kata sederhana pada anak-anak dengan kesulitan belajar di lingkungan urban. Dengan mempertimbangkan hasil penelitian ini yang menunjukkan peningkatan aktivitas anak sebesar 44%, penelitian masa depan bisa menguji kotak ajaib di sekolah-sekolah berbasis teknologi untuk melihat dampaknya terhadap interaksi sosial anak saat bermain kelompok. Khususnya, bagaimana permainan ini dapat dikembangkan menjadi model hybrid dengan aplikasi digital untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh pada anak usia dini.

  1. #kemampuan bahasa inggris#kemampuan bahasa inggris
  2. #tangan anak usia#tangan anak usia
Read online
File size321.92 KB
Pages9
DMCAReport

Related /

ads-block-test