INTELEKTUALINTELEKTUAL

0

Banyak peneliti telah fokus pada pembelajaran kolaboratif online, komunikasi lintas budaya, pembelajaran berbasis proyek, literasi digital, dan storytelling digital, tetapi belum ada kerangka pedagogis yang mengintegrasikan elemen-elemen tersebut untuk pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL). Studi ini, berdasarkan desain kualitatif, mengembangkan kerangka pedagogis dari tiga jenis proyek kolaboratif lintas budaya berdasarkan data yang dikumpulkan, termasuk artefak siswa dan struktur proyek. Ditemukan bahwa kerangka pedagogis yang diajukan berfungsi sebagai panduan untuk memfasilitasi berbagai jenis proyek lintas budaya di kelas mereka. Berbagai kasus proyek kolaboratif online lintas budaya dalam kelas EFL diajarkan sesuai teori pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran integrasi konten dan bahasa. Implementasi juga dijelaskan untuk memberikan detail lebih lanjut tentang cara proyek dilakukan. Di akhir, peluang dan tantangan diberikan untuk implementasi masa depan proyek EFL kolaboratif online.

Proyek lintas budaya dalam kelas EFL dapat dilaksanakan menggunakan kerangka pedagogis yang disajikan dalam kertas ini.Integrasi pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kolaboratif online, CLIL, telekolaborasi, dan storytelling digital ke dalam kerangka ini menawarkan solusi untuk perilaku siswa seperti kebosanan dan pembelajaran di permukaan yang menghambat pembelajaran berkualitas dan bermakna.Implementasi proyek akan memerlukan waktu dan upaya yang cukup besar dari guru, tetapi kerangka pedagogis yang kami ajukan dapat menjadi titik awal dan panduan untuk memfasilitasi proyek lintas budaya yang lebih holistik dan terintegrasi di kelas mereka.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji penggunaan alat AI untuk mendukung kolaborasi lintas budaya dalam pembelajaran EFL, menggali dampak perbedaan zona waktu terhadap keterlibatan siswa dalam proyek kolaboratif, serta mengembangkan platform open-source untuk memfasilitasi proyek lintas budaya secara global. Selain itu, studi tentang efektivitas pelatihan teknologi bagi guru dalam mengelola proyek kolaboratif online juga relevan, serta evaluasi keterlibatan siswa non-pemakai bahasa Inggris dalam proyek berbasis storytelling digital. Penelitian ini dapat memperluas pemahaman tentang strategi pengajaran inklusif dan inovatif dalam konteks global.

  1. #digital storytelling#digital storytelling
  2. #konteks lintas budaya#konteks lintas budaya
File size802.09 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test