INTELEKTUALINTELEKTUAL

0

Studi ini mendeskripsikan praktik pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (ESD) beserta faktor pendukung pelaksanaan ESD di tiga sekolah dasar percontohan di Surabaya, yakni SD Al Irsyad, SD Citra Berkat, dan SD Negeri Putat Gede I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif komparatif. Instrumen penelitian berupa wawancara mendalam dan studi dokumentasi, dengan teknik analisis data meliputi reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik pembangunan berkelanjutan di sekolah dasar meliputi: (1) beragam aktivitas konservasi—preservasi, restorasi, adaptasi, revitalisasi—serta pengembangan ecoliterasi untuk membangun koneksi, kesadaran, dan pengalaman siswa; (2) dukungan komitmen warga sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah yang dituangkan dalam kebijakan serta diintegrasikan ke dalam kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler; dan (3) sejumlah indikator kemajuan berkelanjutan di bidang pendidikan. Meskipun praktik masih dominan berorientasi pada aspek lingkungan, sudah ada upaya mengaitkan kegiatan lingkungan dengan aspek sosial dan ekonomi melalui Pekan Kewirausahaan, apresiasi budaya, serta kolaborasi dan partisipasi warga sekolah, masyarakat, dan pemangku kebijakan lain meski secara terbatas dan sederhana.

Praktik pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan di ketiga SD percontohan di Surabaya telah didukung oleh kebijakan dan program sekolah serta memperlihatkan sejumlah indikator keberlanjutan meski integrasi aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi masih terbatas.Di SD Al Irsyad, praktik berfokus pada pelestarian lingkungan dengan melibatkan partisipasi warga dan masyarakat.di SD Citra Berkat, pada program kewirausahaan yang memanfaatkan lingkungan melalui pembelajaran berbasis proyek dan apresiasi budaya.sedangkan di SDN Putat Gede I, kegiatan lebih menitikberatkan pada penghijauan, pembiasaan hidup sehat, pemanfaatan hasil kebun, serta penguatan toleransi dan kesetaraan gender.Diperlukan upaya lebih lanjut untuk memperkuat keterkaitan lintas aspek ESD agar praktik menjadi lebih menyeluruh dan sistematis.

Penelitian selanjutnya dapat meneliti dampak jangka panjang integrasi praktik ESD pada perilaku, prestasi akademik, serta kesadaran dan tindakan pro-lingkungan siswa melalui pendekatan longitudinal yang melacak perkembangan peserta didik sejak awal hingga akhir pendidikan dasar. Selain itu, studi komparatif tentang efektivitas model pembelajaran kewirausahaan lingkungan yang diterapkan di SD Citra Berkat dan model pemberdayaan masyarakat di SDN Putat Gede I juga penting dilakukan untuk mengidentifikasi faktor pendukung, hambatan, serta mekanisme kolaborasi antara sekolah dan komunitas. Selanjutnya, direkomendasikan penelitian eksplanatori mengenai peran serta orang tua, komite sekolah, dan pemangku kepentingan lokal dalam mengoptimalkan program ESD, misalnya melalui survei dan wawancara mendalam untuk memetakan tingkat partisipasi, persepsi, dan kontribusi mereka. Selain itu, studi tindakan dalam bentuk kolaborasi antara guru, siswa, dan akademisi dapat dilakukan untuk merancang dan menguji modul kurikulum ESD yang terintegrasi secara holistik, mencakup aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi. Pendekatan ini akan memperkaya pemahaman tentang strategi implementasi, evaluasi keberhasilan, dan skalabilitas program ESD di berbagai konteks sekolah dasar di Indonesia.

  1. Partisipasi Ibu Rumah Tangga dalam Pengelolaan Sampah melalui Bank Sampah di Desa Ragajaya, Bojonggede-Bogor... ejournal.undip.ac.id/index.php/ilmulingkungan/article/view/19564Partisipasi Ibu Rumah Tangga dalam Pengelolaan Sampah melalui Bank Sampah di Desa Ragajaya Bojonggede Bogor ejournal undip ac index php ilmulingkungan article view 19564
  2. Universitas Kristen Indonesia Online Journals. universitas kristen journals digication jurnal komunikasi... ejournal.uki.ac.idUniversitas Kristen Indonesia Online Journals universitas kristen journals digication jurnal komunikasi ejournal uki ac
  3. Sustainable development education practices in elementary schools | Gunansyah | Journal of Education... edulearn.intelektual.org/index.php/EduLearn/article/view/17091Sustainable development education practices in elementary schools Gunansyah Journal of Education edulearn intelektual index php EduLearn article view 17091
  4. Strategy of teachers in suporting environmentally sustainable development | Susilawati | Journal of Education... edulearn.intelektual.org/index.php/EduLearn/article/view/12167Strategy of teachers in suporting environmentally sustainable development Susilawati Journal of Education edulearn intelektual index php EduLearn article view 12167
  1. #pendidikan berkelanjutan#pendidikan berkelanjutan
File size224.29 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test