UMMUBAUMMUBA

Jurnal Muara PendidikanJurnal Muara Pendidikan

Tujuan dari artikel ini adalah untuk menunjukkan hasil dari penelitian dari analisis masalah yang dihadapi mahasiswa tingkat pertama STKIP Muhammadiyah Muaro Bungo dalam menulis esai cause and effect. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan semua mahasiswa tahun pertama dari program studi bahasa inggris STKIP Muhammadiyah Muara Bungo tahun akademik 2017/2018. Instrumen penelitian adalah tes menulis dan wawancara. Temuan penunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan nilai yang rendah dalam menulis esai cause and effect. Temuan ini menunjukkan 16 orang mahasiswa (88,89%) memiliki kesulitan dalam menulis esai cause and effect. Ada 12 orang mahasiswa (66,67%) yang memiliki kesulitan dalam menyusun ide, 16 orang mahasiswa (88,89%) memiliki kesulitan dalam mengunakan tatabahasa yang benar, 10 orang mahasiswa (55,56%) mengalami kesulitan dalam mengunakan kosakata yang tepat, 14 orang mahasiswa (77,77%) memiliki kesulitan dalam mengunakan transisi, 9 orang mahasiswa (50%) memiliki kesulitan dalam mengunakan mekanis. Penyebab dari masalah tersebut adalah transfer interlingua, transfer intralingua, kosakata. Jadi, peneliti berharap dosen yang mengajar matakuliah writing bisa memberikan teknik yang baik dan mahasiswa dapat melakukan banyak latihan untuk meningkatkan kemampuan menulisnya.

Mahasiswa tingkat pertama STKIP Muhammadiyah Muaro Bungo mengalami kesulitan dalam menulis esai cause and effect, terutama dalam menyusun ide, tata bahasa, kosakata, penggunaan transisi, dan mekanika tulisan.Faktor penyebab utama kesulitan tersebut adalah transfer antar bahasa (interlingua), transfer intrabahasa (intralingua), serta keterbatasan kosakata.Dengan demikian, diperlukan pendekatan pembelajaran menulis yang lebih efektif dan latihan intensif untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa.

Pertama, perlu penelitian lanjutan yang menguji efektivitas strategi pembelajaran berbasis kesalahan umum mahasiswa, seperti penerapan scaffolding dalam menyusun kerangka esai sebab-akibat agar struktur ide lebih terorganisasi. Kedua, sebaiknya dilakukan studi tentang bagaimana pembelajaran tata bahasa fokus pada perbedaan struktur bahasa Indonesia dan Inggris dapat mengurangi kesalahan akibat transfer interlingual, terutama pada penggunaan kalimat pasif dan tenses. Ketiga, diperlukan penelitian untuk mengembangkan modul latihan kosakata tematik khusus esai sebab-akibat yang disesuaikan dengan konteks lokal, sehingga mahasiswa dapat menggunakan kata-kata yang lebih tepat dan bervariasi dalam menulis. Ketiga ide penelitian tersebut dapat saling melengkapi untuk membangun pendekatan pembelajaran menulis yang lebih komprehensif dan kontekstual bagi mahasiswa tingkat awal.

  1. #mahasiswa program studi#mahasiswa program studi
  2. #bahasa inggris mahasiswa#bahasa inggris mahasiswa
Read online
File size358.41 KB
Pages9
DMCAReport

Related /

ads-block-test