UMMUBAUMMUBA
Jurnal Muara PendidikanJurnal Muara PendidikanTujuan dari artikel ini adalah untuk menunjukkan hasil dari penelitian dari analisis masalah yang dihadapi mahasiswa tingkat pertama STKIP Muhammadiyah Muaro Bungo dalam menulis esai cause and effect. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan semua mahasiswa tahun pertama dari program studi bahasa inggris STKIP Muhammadiyah Muara Bungo tahun akademik 2017/2018. Instrumen penelitian adalah tes menulis dan wawancara. Temuan penunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan nilai yang rendah dalam menulis esai cause and effect. Temuan ini menunjukkan 16 orang mahasiswa (88,89%) memiliki kesulitan dalam menulis esai cause and effect. Ada 12 orang mahasiswa (66,67%) yang memiliki kesulitan dalam menyusun ide, 16 orang mahasiswa (88,89%) memiliki kesulitan dalam mengunakan tatabahasa yang benar, 10 orang mahasiswa (55,56%) mengalami kesulitan dalam mengunakan kosakata yang tepat, 14 orang mahasiswa (77,77%) memiliki kesulitan dalam mengunakan transisi, 9 orang mahasiswa (50%) memiliki kesulitan dalam mengunakan mekanis. Penyebab dari masalah tersebut adalah transfer interlingua, transfer intralingua, kosakata. Jadi, peneliti berharap dosen yang mengajar matakuliah writing bisa memberikan teknik yang baik dan mahasiswa dapat melakukan banyak latihan untuk meningkatkan kemampuan menulisnya.
Mahasiswa tingkat pertama STKIP Muhammadiyah Muaro Bungo mengalami kesulitan dalam menulis esai cause and effect, terutama dalam menyusun ide, tata bahasa, kosakata, penggunaan transisi, dan mekanika tulisan.Faktor penyebab utama kesulitan tersebut adalah transfer antar bahasa (interlingua), transfer intrabahasa (intralingua), serta keterbatasan kosakata.Dengan demikian, diperlukan pendekatan pembelajaran menulis yang lebih efektif dan latihan intensif untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa.
Pertama, perlu penelitian lanjutan yang menguji efektivitas strategi pembelajaran berbasis kesalahan umum mahasiswa, seperti penerapan scaffolding dalam menyusun kerangka esai sebab-akibat agar struktur ide lebih terorganisasi. Kedua, sebaiknya dilakukan studi tentang bagaimana pembelajaran tata bahasa fokus pada perbedaan struktur bahasa Indonesia dan Inggris dapat mengurangi kesalahan akibat transfer interlingual, terutama pada penggunaan kalimat pasif dan tenses. Ketiga, diperlukan penelitian untuk mengembangkan modul latihan kosakata tematik khusus esai sebab-akibat yang disesuaikan dengan konteks lokal, sehingga mahasiswa dapat menggunakan kata-kata yang lebih tepat dan bervariasi dalam menulis. Ketiga ide penelitian tersebut dapat saling melengkapi untuk membangun pendekatan pembelajaran menulis yang lebih komprehensif dan kontekstual bagi mahasiswa tingkat awal.
| File size | 358.41 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | Report |
Related /
IAIN UTUBANIAIN UTUBAN Self-esteem memainkan peran krusial dalam menunjang produktivitas akademik dan pengembangan diri mahasiswa, di mana mahasiswa dengan self-esteem tinggiSelf-esteem memainkan peran krusial dalam menunjang produktivitas akademik dan pengembangan diri mahasiswa, di mana mahasiswa dengan self-esteem tinggi
UIADUIAD Etika, dilain pihak, seringkali dianggap sama dengan akhlak. Etika didefinisikan sebagai filsafat moral atau ilmu akhlak yang mengajarkan cara hidup bahagiaEtika, dilain pihak, seringkali dianggap sama dengan akhlak. Etika didefinisikan sebagai filsafat moral atau ilmu akhlak yang mengajarkan cara hidup bahagia
TEFLINTEFLIN Secara khusus, artikel ini mengeksplorasi perkembangan belajar mahasiswa calon guru dalam mempelajari cara mengajar pedagogi pengucapan bahasa InggrisSecara khusus, artikel ini mengeksplorasi perkembangan belajar mahasiswa calon guru dalam mempelajari cara mengajar pedagogi pengucapan bahasa Inggris
YPSMYPSM Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan
POLIMEDIAPOLIMEDIA Selain itu, resort berkomitmen menyediakan sarana pendukung seperti media dan kuota untuk memperkuat pembelajaran berkelanjutan. Hasil evaluasi menunjukkanSelain itu, resort berkomitmen menyediakan sarana pendukung seperti media dan kuota untuk memperkuat pembelajaran berkelanjutan. Hasil evaluasi menunjukkan
PCIJOURNALPCIJOURNAL Persepsi pengguna terkait fasilitas dan infrastruktur perpustakaan seperti luas ruangan, meja dan kursi baca, tempat penyimpanan barang, tata ruang, dekorasiPersepsi pengguna terkait fasilitas dan infrastruktur perpustakaan seperti luas ruangan, meja dan kursi baca, tempat penyimpanan barang, tata ruang, dekorasi
UISUUISU Berdasarkan pengamatan longitudinal terhadap proses penulisan proposal tesis seorang mahasiswa pascasarjana, penelitian ini membahas sifat multifaset dariBerdasarkan pengamatan longitudinal terhadap proses penulisan proposal tesis seorang mahasiswa pascasarjana, penelitian ini membahas sifat multifaset dari
UMMUBAUMMUBA Mahasiswa angkatan II Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki kemampuan listening dan reading yang baik, walaupun memiliki keterbatasan kosakata namunMahasiswa angkatan II Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki kemampuan listening dan reading yang baik, walaupun memiliki keterbatasan kosakata namun
Useful /
BCRECBCREC Analisis resolusi waktu mengungkapkan bahwa CO dan O₂ merupakan spesies utama yang terbentuk selama pemisahan CO₂, sementara O, O₃, dan spesies berbasisAnalisis resolusi waktu mengungkapkan bahwa CO dan O₂ merupakan spesies utama yang terbentuk selama pemisahan CO₂, sementara O, O₃, dan spesies berbasis
TEFLINTEFLIN Perbedaan literasi AI antar kelompok ditemukan dan perlu dipertimbangkan untuk pengembangan program pengembangan profesional guru masa depan. Studi iniPerbedaan literasi AI antar kelompok ditemukan dan perlu dipertimbangkan untuk pengembangan program pengembangan profesional guru masa depan. Studi ini
POLTEKKES PONTIANAKPOLTEKKES PONTIANAK Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitaif dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawaiJenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitaif dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai
POLTEKKES PONTIANAKPOLTEKKES PONTIANAK Dengan metode kuantitatif deskriptif dan sampel 112 perawat, hasil menunjukkan 100% perawat memiliki pengetahuan baik. Penerapan pengetahuan ini berpotensiDengan metode kuantitatif deskriptif dan sampel 112 perawat, hasil menunjukkan 100% perawat memiliki pengetahuan baik. Penerapan pengetahuan ini berpotensi