JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA
THE ACADEMIC: ENGLISH LANGUAGE LEARNING JOURNALTHE ACADEMIC: ENGLISH LANGUAGE LEARNING JOURNALTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan e-learning melalui aplikasi Cisco Webex Meeting dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas XII di SMAN 18 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental yang dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pre-test, treatment, dan post-test. Sampel penelitian adalah kelas IPA XII IPA 2 yang terdiri dari 27 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pre-test dan post-test. Setelah menganalisis data, diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test adalah 52,96 dan rata-rata skor post-test adalah 76,67. Nilai signifikansi yang dihitung sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (p-value = 0,000 < 0,05), sehingga hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, penggunaan aplikasi Cisco Webex sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa di SMAN 18 Makassar.
Hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05, sehingga hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Cisco Webex sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris bagi siswa kelas XII IPA 2 SMAN 18 Makassar pada semester pertama tahun ajaran 2022/2023.Peningkatan ini ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata skor dari kategori kurang pada pre-test menjadi kategori baik pada post-test.
Pertama, diperlukan penelitian lanjutan yang mengkaji dampak penggunaan Cisco Webex terhadap aspek-aspek spesifik dalam keterampilan menulis, seperti organisasi paragraf, pilihan kosa kata, dan ketepatan tata bahasa, agar dapat diketahui komponen mana yang paling banyak mendapat peningkatan. Kedua, sebaiknya dilakukan studi komparatif yang membandingkan efektivitas Cisco Webex dengan platform pembelajaran daring lainnya, seperti Google Classroom atau Zoom, untuk melihat platform mana yang lebih mendukung pembelajaran menulis secara optimal. Ketiga, perlu dikembangkan penelitian yang mengeksplorasi pengaruh penggunaan fitur interaktif dalam Cisco Webex—seperti breakout room, chat, dan rekaman sesi—terhadap motivasi belajar dan partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran menulis, sehingga dapat dirancang strategi penggunaan media yang lebih maksimal sesuai kebutuhan siswa.
- Webconference dengan webex mewujudkan pembelajaran abad 21 melalui penguatan keterampilan Pustakawan... jurnal.ugm.ac.id/v3/MI/article/view/4118Webconference dengan webex mewujudkan pembelajaran abad 21 melalui penguatan keterampilan Pustakawan jurnal ugm ac v3 MI article view 4118
- Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika... doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika doi 10 31004 basicedu v5i5 1288
- Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok... doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.999Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok doi 10 33603 deiksis v5i1 999
| File size | 179.93 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Hasil Penelitian Tindakan dari deskripsi data hasil proses pembelajaran pada setiap siklus dapat di simpulkan bahwa; Telah terjadi peningkatan aktifitasHasil Penelitian Tindakan dari deskripsi data hasil proses pembelajaran pada setiap siklus dapat di simpulkan bahwa; Telah terjadi peningkatan aktifitas
MAHADEWAMAHADEWA The qualitative analysis results can be summarized as follows: (1) The model for mathematics literacy learning based on local wisdom in inclusive highThe qualitative analysis results can be summarized as follows: (1) The model for mathematics literacy learning based on local wisdom in inclusive high
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Program ini dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu: perencanaan, implementasi, serta monitoring dan evaluasi. Dimulai dengan mengidentifikasi kesenjanganProgram ini dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu: perencanaan, implementasi, serta monitoring dan evaluasi. Dimulai dengan mengidentifikasi kesenjangan
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes, sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli yang dikumpulkanMetode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes, sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli yang dikumpulkan
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil analisis menunjukkan perlunya model pembelajaran berbasis web yang interaktif untuk memfasilitasi akses siswa tunarungu terhadap materi bahasa InggrisHasil analisis menunjukkan perlunya model pembelajaran berbasis web yang interaktif untuk memfasilitasi akses siswa tunarungu terhadap materi bahasa Inggris
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Kepala sekolah perlu mengalokasikan dana untuk menyediakan perangkat teknologi, memberikan pelatihan berkelanjutan bagi guru, serta menciptakan kebijakanKepala sekolah perlu mengalokasikan dana untuk menyediakan perangkat teknologi, memberikan pelatihan berkelanjutan bagi guru, serta menciptakan kebijakan
AISYAHUNIVERSITYAISYAHUNIVERSITY Demikian pula, Durasi Merokok (p=0,007) dan Jenis Rokok (p=0,001) juga menunjukkan hubungan signifikan dengan rendahnya daya tahan kardiorespirasi padaDemikian pula, Durasi Merokok (p=0,007) dan Jenis Rokok (p=0,001) juga menunjukkan hubungan signifikan dengan rendahnya daya tahan kardiorespirasi pada
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpaduPenelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpadu
Useful /
UMKUMK Pemilik dan manajer UMKM produk makanan di Jawa Tengah adalah responden survei studi ini. Pengumpulan data dilakukan selama tiga bulan menggunakan kuesionerPemilik dan manajer UMKM produk makanan di Jawa Tengah adalah responden survei studi ini. Pengumpulan data dilakukan selama tiga bulan menggunakan kuesioner
UNDIKSHAUNDIKSHA Teknik analisis data menggunakan uji beda (paired sample t-test) untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi. Hasil penelitianTeknik analisis data menggunakan uji beda (paired sample t-test) untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi. Hasil penelitian
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital harus mempertimbangkan aspek sosial media dalam membangun hubungan dengan pelanggan. PeningkatanPenelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital harus mempertimbangkan aspek sosial media dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Peningkatan
UNDIKSHAUNDIKSHA Hubungan positif dan signifikan antara motivasi dan kepuasan guru diperkuat oleh model regresi yang menunjukkan bahwa peningkatan kepuasan mengarah padaHubungan positif dan signifikan antara motivasi dan kepuasan guru diperkuat oleh model regresi yang menunjukkan bahwa peningkatan kepuasan mengarah pada