USDUSD
LLTLLTFlipped Classroom menyajikan proses pembelajaran di rumah melalui video, handout, dan pendengaran sebelum sesi kelas. Sementara waktu di kelas sebagian besar digunakan untuk sesi tanya jawab, latihan, proyek, dan diskusi. Flipped Classroom dibutuhkan oleh guru di era ini karena pada saat siswa mengerjakan tugas di dalam kelas, guru memiliki kesempatan untuk mengamati interaksi siswa, kegiatan, peningkatan, dan bahkan memecahkan masalah siswa seperti ketidakjujuran akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana urgensi penerapan Flipped Classroom sebagai salah satu solusi untuk mencegah ketidakjujuran akademik siswa dalam kelas menulis. Studi ini dilakukan dengan menggunakan Metode Penelitian Tindakan. Hasil penelitian mengonfirmasi bahwa melaksanakan Flipped Classroom sangat penting untuk mencegah ketidakjujuran akademik siswa sekaligus membantu guru mengamati perkembangan siswa dalam kelas menulis.
Studi ini menjelaskan penelitian tindakan implementasi flipped classroom dalam kelas menulis.Hasilnya, guru dapat lebih memahami pentingnya melakukan flipped classroom karena kontribusinya dalam mencegah siswa melakukan ketidakjujuran akademik.Meskipun studi ini belum mencakup subjek yang besar, penelitian empiris lebih lanjut, evaluasi reflektif dari studi serupa, dan studi penelitian tindakan kolaboratif diperlukan sehingga implikasi yang besar dapat diamati untuk membantu guru berbagi kesadaran akan perlunya mencegah ketidakjujuran akademik siswa sejak dini.
Berdasarkan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi efektivitas flipped classroom dalam konteks mata pelajaran lain selain menulis, seperti matematika atau sains, untuk melihat apakah model pembelajaran ini dapat diadaptasi dan memberikan hasil yang serupa. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan instrumen penilaian yang lebih komprehensif untuk mengukur dampak flipped classroom terhadap motivasi belajar dan keterlibatan siswa, tidak hanya pada hasil belajar kognitif. Ketiga, penelitian kuantitatif dengan skala sampel yang lebih besar dapat dilakukan untuk menguji secara lebih mendalam hubungan antara flipped classroom dan penurunan tingkat plagiarisme, dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi perilaku akademik siswa, seperti karakteristik siswa, lingkungan belajar, dan dukungan dari orang tua.
| File size | 915.45 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | Report |
Related /
ETDCIETDCI Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi effektivitas strategi pencegahan dan penanganan bullying yang telah diimplementasikan di sejumlah sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi effektivitas strategi pencegahan dan penanganan bullying yang telah diimplementasikan di sejumlah sekolah.
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Guru Minu Miftahul Falah Tegal Kidul, Pasuruan umumnya telah memiliki pemahaman profesionalisme guru dengan baik, ciri-ciri guru profesional, dan memilikiGuru Minu Miftahul Falah Tegal Kidul, Pasuruan umumnya telah memiliki pemahaman profesionalisme guru dengan baik, ciri-ciri guru profesional, dan memiliki
OJSOJS Penelitian ini menyimpulkan bahwa rendahnya minat baca di Indonesia, khususnya di kalangan siswa, menjadi kendala dalam proses pengolahan pengetahuan danPenelitian ini menyimpulkan bahwa rendahnya minat baca di Indonesia, khususnya di kalangan siswa, menjadi kendala dalam proses pengolahan pengetahuan dan
DINASTIREVDINASTIREV Selanjutnya, sistem nilai dan moralitas berpengaruh terhadap pendidikan islam. Sistem nilai dan moralitas ini sebagai dimensi aksiologi dalam pendidikanSelanjutnya, sistem nilai dan moralitas berpengaruh terhadap pendidikan islam. Sistem nilai dan moralitas ini sebagai dimensi aksiologi dalam pendidikan
MAHADEWAMAHADEWA Sampel dalam penelitian sebanyak 40 orang. Metode pengumpulan data berupa angket percaya diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisisSampel dalam penelitian sebanyak 40 orang. Metode pengumpulan data berupa angket percaya diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
USDUSD Pertama, mereka meyakini bahwa rasa hormat timbal balik harus dijaga di kelas. Kedua, terkait dengan keyakinan sebelumnya, bagi peserta, pembelajaran yangPertama, mereka meyakini bahwa rasa hormat timbal balik harus dijaga di kelas. Kedua, terkait dengan keyakinan sebelumnya, bagi peserta, pembelajaran yang
USDUSD Simulasi merupakan bagian dari Pembelajaran Pengalaman (Experiential Learning) yang merepresentasikan kejadian nyata dalam kehidupan. Dalam penelitianSimulasi merupakan bagian dari Pembelajaran Pengalaman (Experiential Learning) yang merepresentasikan kejadian nyata dalam kehidupan. Dalam penelitian
INTELEKTUALINTELEKTUAL Penelitian ini dibatasi pada siswa Sekolah Menengah Atas Pemerintah Ahmadi Banda Karak saja. Lima puluh siswa kelas 09 dipilih sebagai sampel penelitian.Penelitian ini dibatasi pada siswa Sekolah Menengah Atas Pemerintah Ahmadi Banda Karak saja. Lima puluh siswa kelas 09 dipilih sebagai sampel penelitian.
Useful /
ECOJOINECOJOIN Penelitian ini menghadirkan kebaruan melalui peran good corporate governance sebagai moderasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bisnis tidakPenelitian ini menghadirkan kebaruan melalui peran good corporate governance sebagai moderasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bisnis tidak
ECOJOINECOJOIN Studi ini menemukan bahwa pengungkapan GCG dan GA berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kualitas SR, baik secara langsung maupun melalui EP sebagaiStudi ini menemukan bahwa pengungkapan GCG dan GA berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kualitas SR, baik secara langsung maupun melalui EP sebagai
OJSOJS Dari keempat informan tersebut dapat disimpulkan bahwa mereka menggunakan gerakan tubuh atau bahasa tubuh untuk memahami bahasa yang tidak mereka mengerti.Dari keempat informan tersebut dapat disimpulkan bahwa mereka menggunakan gerakan tubuh atau bahasa tubuh untuk memahami bahasa yang tidak mereka mengerti.
OJSOJS Kesalahan-kesalahan tersebut dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu kesalahan fungsi kata, kesalahan struktur kalimat, dan kesalahan konstruksi kalimat.Kesalahan-kesalahan tersebut dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu kesalahan fungsi kata, kesalahan struktur kalimat, dan kesalahan konstruksi kalimat.