IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI
Infinity JournalInfinity JournalPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi level perkembangan berpikir geometri mahasiswa prodi pendidikan matematika UAD berdasarkan teori van Hiele. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jumlah responden sebanyak 129 siswa. Selain peneliti, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 30,65% mahasiswa pada level pravisualisasi, 21,51% mahasiswa pada level visualisasi, 29,03% mahasiswa pada level analisis, 16,67% mahasiswa berada pada level deduksi informal, 2,15% mahasiswa pada level deduksi, dan 0,00% mahasiswa pada level rigor. Selain itu, ditemukan terdapat level transisi di antara level perkembangan berpikir geometri berturut-turut dari pra analisis, pra deduksi informal, pra deduksi dan pra rigor yaitu 17,20%; 13,44%; 6,45%; 1,08%. Temuan lainnya lagi adalah sebanyak 40,32% mahasiswa sulit diklasifikasikan dan 4,3% mahasiswa tidak bisa diklasifikasikan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perkembangan berpikir geometri mahasiswa pendidikan matematika belum mencapai level rigor berdasarkan teori van Hiele.Sebagian besar mahasiswa masih berada pada level analisis.Selain itu, ditemukan adanya mahasiswa pada level transisi antara level perkembangan berpikir geometri pada pra-analisis, pra-deduksi informal, pra-deduksi, dan pra-rigor yang masing-masing sebesar 17,20%.Temuan lainnya adalah 40,32% mahasiswa sulit diklasifikasikan dan 4,3% mahasiswa tidak bisa diklasifikasikan atau diidentifikasi.
Penelitian lanjutan dapat fokus pada pengembangan strategi pembelajaran adaptif yang sesuai dengan level berpikir geometri mahasiswa, seperti desain modul berbasis teori van Hiele untuk meningkatkan kemampuan deduktif. Selain itu, perlu dilakukan studi tentang pengaruh gaya belajar (reflektif/impulsif) terhadap perkembangan berpikir geometri, terutama pada mahasiswa baru. Terakhir, penelitian longitudinal dapat dilakukan untuk memantau perubahan level berpikir geometri mahasiswa selama masa studi, termasuk evaluasi efektivitas program pendidikan geometri di perguruan tinggi.
| File size | 631.02 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI Cluster random sampling was used to select samples for experimental class I (X-1, 36 students) and experimental class II (X-6, 36 students). Student achievementCluster random sampling was used to select samples for experimental class I (X-1, 36 students) and experimental class II (X-6, 36 students). Student achievement
INTELEKTUALINTELEKTUAL PLH merupakan bidang studi yang mempelajari persatuan dengan segala sesuatu di ruang, kekuatan, dan keadaan hidup termasuk manusia dan perilaku yang memengaruhiPLH merupakan bidang studi yang mempelajari persatuan dengan segala sesuatu di ruang, kekuatan, dan keadaan hidup termasuk manusia dan perilaku yang memengaruhi
INTELEKTUALINTELEKTUAL Observasi dilakukan pada satu kelas tahun kelima di sebuah sekolah dasar di Johor Bahru, Malaysia. Analisis menunjukkan bahwa pemahaman jelas tentang prinsipObservasi dilakukan pada satu kelas tahun kelima di sebuah sekolah dasar di Johor Bahru, Malaysia. Analisis menunjukkan bahwa pemahaman jelas tentang prinsip
INTELEKTUALINTELEKTUAL Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, mata kuliah dalam program studi memiliki potensi untuk mempersiapkan mahasiswa dalamSecara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, mata kuliah dalam program studi memiliki potensi untuk mempersiapkan mahasiswa dalam
Useful /
INTELEKTUALINTELEKTUAL Penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman sains, kepercayaan, sikap, dan efikasi diri calon guru sains dasar saling terkait dan dipengaruhi oleh pengalamanPenelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman sains, kepercayaan, sikap, dan efikasi diri calon guru sains dasar saling terkait dan dipengaruhi oleh pengalaman
INTELEKTUALINTELEKTUAL Signifikansi perbedaan antara skor mean kedua kelompok eksperimen dan kontrol pada variabel skor tes awal dan tes akhir diuji pada tingkat 0,05 denganSignifikansi perbedaan antara skor mean kedua kelompok eksperimen dan kontrol pada variabel skor tes awal dan tes akhir diuji pada tingkat 0,05 dengan
INTELEKTUALINTELEKTUAL Hasilnya menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki sikap positif terhadap penggunaan simulasi virtual dalam pembelajaran bahasa Inggris dan memiliki pemahamanHasilnya menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki sikap positif terhadap penggunaan simulasi virtual dalam pembelajaran bahasa Inggris dan memiliki pemahaman
INTELEKTUALINTELEKTUAL Pendidikan merupakan suatu rekayasa teaching untuk mengendalikan learning untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Konsep tersebut menjadi asasPendidikan merupakan suatu rekayasa teaching untuk mengendalikan learning untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Konsep tersebut menjadi asas