MAHADEWAMAHADEWA
Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar fisika siswa dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan aplikasi Unit Kegiatan Belajar Mandiri berorientasi STEM . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri Bali Mandara tahun pelajaran 2018/2019. Objek penelitian ini adalah hasil belajar, dan tanggapan siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran, dengan tahapan-tahapan dalam tiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Hasil belajar yang dimaksud adalah kemampuan yang mencakup aspek pengetahuan dan keterampilan yang dikumpulkan dengan pemberian lembar kerja siswa (LKS), tugas-tugas (PR), kuis, dan tes pemahaman konsep akhir siklus. Data tanggapan siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Penelitian ini dikatakan berhasil jika rata-rata hasil belajar siswa 75 dengan ketuntasan klasikal 85%, dan tanggapan siswa minimal berkategori positif. Data yang telah terkumpul tersebut, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan 1) nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73 dengan ketuntasan klasikal 39% dan pada siklus II sebesar 80 dengan ketuntasan klasikal 100%; 2) tanggapan siswa terhadap penerapan aplikasi ukbm dalam pembelajaran fisika adalah dengan skor rata-rata sebesar 84,64 dan berada pada kategori positif.
Implementasi aplikasi Unit Kegiatan Belajar Mandiri berorientasi STEM efektif meningkatkan hasil belajar fisika siswa dan mendapat tanggapan positif dari siswa kelas XI MIPA 1.Pendekatan ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran untuk meningkatkan prestasi siswa.Untuk optimalisasi, guru perlu mempersiapkan bahan ajar yang lebih rinci, memberikan waktu yang memadai bagi siswa dalam pelaksanaan proyek, dan mengarsipkan hasil proyek sebagai portofolio sekolah.
Dalam penelitian lanjutan, aplikasi UKBM berorientasi STEM dapat diperluas dengan mengimplementasikan fitur personalisasi konten yang dinamis, termasuk penyesuaian tingkat kesulitan soal, rekomendasi materi tambahan berdasarkan analisis pola kesalahan siswa, serta jalur pembelajaran adaptif yang membantu guru dan siswa mengetahui secara real time progres dan kesenjangan pemahaman konsep fisika, sehingga penelitian dapat mengukur efektivitas adaptasi materi dalam mempercepat penguasaan konsep dan meningkatkan motivasi belajar individual. Studi kedua dapat fokus pada integrasi portofolio digital yang menyimpan berbagai proyek siswa, hasil refleksi, dan catatan kemajuan dalam satu platform UKBM STEM, untuk menguji apakah penggunaan portofolio sebagai alat penilaian formatif dan sarana dokumentasi proses belajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, serta tanggung jawab siswa terhadap hasil kerja mereka, sekaligus memberikan data empiris mengenai hubungan antara dokumentasi portofolio dan peningkatan prestasi belajar fisika. Penelitian ketiga dapat mengeksplorasi pengaruh kombinasi alokasi waktu yang diperpanjang di setiap tahapan pembelajaran STEM, strategi bimbingan bertahap berupa umpan balik berkala yang responsif terhadap kebutuhan siswa, dan penggunaan platform multiplatform baik berbasis web maupun Android, terhadap peningkatan penguasaan konsep fisika, keterampilan kolaborasi dalam proyek, preferensi siswa dalam mengakses UKBM STEM di berbagai kondisi belajar, serta efektivitas penerapan pendekatan STEM dalam konteks kurikulum SMA.
- Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada... journal.uad.ac.id/index.php/JRKPF/article/view/9977Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada journal uad ac index php JRKPF article view 9977
- Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1317 1 012118
| File size | 138.83 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
MAHADEWAMAHADEWA Penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor meningkatkan aktivitas belajar siswa, dengan kualifikasi aktivitas yang meningkatPenerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor meningkatkan aktivitas belajar siswa, dengan kualifikasi aktivitas yang meningkat
MAHADEWAMAHADEWA Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) ada peningkatan hasil belajar biologi peserta didik dengan penerapan biology interactive notebookBerdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) ada peningkatan hasil belajar biologi peserta didik dengan penerapan biology interactive notebook
MAHADEWAMAHADEWA Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa aktivitasPenelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa aktivitas
MAHADEWAMAHADEWA Penggunaan media Daun Kelor pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Negeri 2 Lembata. Penggunaan mediaPenggunaan media Daun Kelor pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Negeri 2 Lembata. Penggunaan media
Useful /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Peningkatan skor pengetahuan terlihat pada seluruh sesi, mengonfirmasi bahwa pembelajaran partisipatif lebih bermakna dibandingkan metode ceramah konvensional.Peningkatan skor pengetahuan terlihat pada seluruh sesi, mengonfirmasi bahwa pembelajaran partisipatif lebih bermakna dibandingkan metode ceramah konvensional.
MAHADEWAMAHADEWA F SMP Negeri 12 Denpasar dengan menggunakan pendekatan konseling Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) dengan teknik Dispute kognitif. PenelitianF SMP Negeri 12 Denpasar dengan menggunakan pendekatan konseling Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) dengan teknik Dispute kognitif. Penelitian
MAHADEWAMAHADEWA Hasil analisis menunjukkan bahwa penambahan ramuan herbal 3 ml dan 6 ml pada air minum memberikan pengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap persentase karkas,Hasil analisis menunjukkan bahwa penambahan ramuan herbal 3 ml dan 6 ml pada air minum memberikan pengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap persentase karkas,
MAHADEWAMAHADEWA Metamorfosis yang dimaksud adalah perubahan bertahap ke arah kesempurnaan melalui partisipasi aktif masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasanMetamorfosis yang dimaksud adalah perubahan bertahap ke arah kesempurnaan melalui partisipasi aktif masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan