MAHADEWAMAHADEWA

Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 5 SMA N 1 Kuta Selatan pada materi Sistem Hukum dan Peradilan di Indonesia menggunakan metode Guru Tamu dengan Studi Ekskursi. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif antara Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Guru Tamu, dan Pengadilan Negeri Denpasar. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA N 1 Kuta Selatan yang berjumlah 36 siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa aktivitas siswa dan hasil belajar siswa meningkat yang dapat dilihat dari indikator: siswa yang berani bertanya pada pra siklus 8,30% meningkat menjadi 35,89% pada siklus I dan menjadi 49,75% pada siklus II, siswa yang mampu berdialog pada pra siklus 27,78%, meningkat menjadi 61,11% pada siklus I dan menjadi 85,29% pada siklus II. Siswa yang berani tampil didepan kelas pada pra siklus 41,67% meningkat menjadi 77,78% pada siklus I dan menjadi 88,23% pada siklus II. Ketuntasan klasikal pada pra siklus 30,56% meningkat menjadi 54,75% pada siklus I dan menjadi 94,44% pada siklus II.

Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dikemukakan diperoleh bahwa penerapan metode pembelajaran guru tamu dengan studi ekskursi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Kuta Selatan tahun pelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran PPKn.Adapun saran yang diajukan untuk penyempurnaan pembelajaran dengan metode guru tamu dengan studi ekskursi adalah sekolah perlu memprogramkan mendatangkan guru tamu dari Institut of Justice Law Firm.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi efektivitas metode guru tamu dalam konteks pembelajaran antar budaya untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang sistem hukum. Studi juga perlu membandingkan dampak metode ini dengan pendekatan tradisional pada mata pelajaran lain seperti sejarah atau sosiologi. Selain itu, penelitian lebih lanjut disarankan mengkaji strategi pengurangan biaya dan logistik dalam penerapan studi ekskursi di sekolah umum yang minim sumber daya.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kelas viii#siswa kelas viii
File size499.88 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test