MAHADEWAMAHADEWA
Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Agama Hindu melalui penggunaan media gambar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN 3 Padangsambian kota Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Objek penelitian adalah hasil belajar Agama Hindu. Data hasil belajar Agama Hindu dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan adalah sebagai berikut: (1) nilai rata-rata ulangan harian minimal sebesar KKM=70, dan (2) ketuntasan belajar klasikal minimal 85%. Hasil observasi awal yang dilakukan sebelum tindakan menunjukkan bahwa nilai rerata Agama Hindu hanya mencapai 67,78 dengan ketuntasan secara klasikal 61,54%. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas, pada siklus I nilai rata-rata ulangan harian siswa mencapai 71,84 dengan ketuntasan klasikal 80,77%. Pada siklus I ketuntasan secara klasikal masih di bawah 85% sehingga siklus dilanjutkan ke siklus II. Setelah dilakukan tindakan, pada siklus II, nilai rerata Agama Hindu mencapai 76,19 dengan ketuntasan klasikal mencapai 88,46%. Dengan demikian, penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Agama Hindu siswa kelas I SDN 3 Padangsambian tahun pelajaran 2020/2021 dalam dua siklus.
Berdasarkan hasil analisis data dan interpretasi penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Agama Hindu siswa kelas 1 SDN 3 Padangsambian Kota Denpasar tahun pelajaran 2020/2021 dalam 2 siklus.Pembelajaran menggunakan media gambar sangat sesuai dengan tahap perkembangan kognitif siswa sekolah dasar kelas 1 yang ada dalam tahap operasional konkret.Dengan demikian, sangat dianjurkan untuk menggunakan media gambar dalam penyajian pembelajaran pada kelas awal siswa sekolah dasar.
Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat menginvestigasi efektivitas penggunaan media gambar yang dikombinasikan dengan metode pembelajaran lain, seperti pembelajaran berbasis proyek, untuk melihat apakah kombinasi tersebut dapat memberikan dampak yang lebih signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan media gambar yang lebih interaktif dan menarik, misalnya dengan memanfaatkan teknologi digital, untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Ketiga, penelitian dapat dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang memengaruhi efektivitas penggunaan media gambar, seperti karakteristik siswa, kemampuan guru, dan lingkungan belajar, sehingga dapat dirumuskan strategi implementasi yang lebih optimal.
- Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012045Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1503 1 012045
- Analysis of Conceptual Understanding, Digital Literacy, Motivation, Divergent of Thinking, and Creativity... jardcs.org/abstract.php?id=6189Analysis of Conceptual Understanding Digital Literacy Motivation Divergent of Thinking and Creativity jardcs abstract php id 6189
| File size | 164.73 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Teknologi memungkinkan akses luas ke sumber informasi beragam, seperti platform pembelajaran online, aplikasi edukatif, dan media sosial, yang membantuTeknologi memungkinkan akses luas ke sumber informasi beragam, seperti platform pembelajaran online, aplikasi edukatif, dan media sosial, yang membantu
UTMUTM Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan asesmen dilakukan guru dalam pembelajaran berdeferensiasi, (2) asesmen dan proses pemetaanPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan asesmen dilakukan guru dalam pembelajaran berdeferensiasi, (2) asesmen dan proses pemetaan
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Kegiatan ini juga mengungkap peran kuat orang tua dan keluarga dalam membentuk aspirasi peserta didik, yang seringkali menimbulkan kesenjangan antara bakatKegiatan ini juga mengungkap peran kuat orang tua dan keluarga dalam membentuk aspirasi peserta didik, yang seringkali menimbulkan kesenjangan antara bakat
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep yang disajikan dalam materi ini. Guru harus mampu merancang kegiatan pembelajaran yang berorientasiHal ini menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep yang disajikan dalam materi ini. Guru harus mampu merancang kegiatan pembelajaran yang berorientasi
Useful /
UTMUTM Modalitas yang sering muncul adalah modalitas epistemik yang menunjukkan tingkat keyakinan, intensional yang mengukapkan harapan serta modalitas deontikModalitas yang sering muncul adalah modalitas epistemik yang menunjukkan tingkat keyakinan, intensional yang mengukapkan harapan serta modalitas deontik
UTMUTM Pembelajaran interaktif memperkaya pengalaman belajar dan membantu pemahaman keberagaman budaya. Siswa dapat mengakses informasi berbagai latar belakangPembelajaran interaktif memperkaya pengalaman belajar dan membantu pemahaman keberagaman budaya. Siswa dapat mengakses informasi berbagai latar belakang
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT A quantitative descriptive approach was applied, using survey data from 148 students. Instrument validity and reliability were confirmed, and multipleA quantitative descriptive approach was applied, using survey data from 148 students. Instrument validity and reliability were confirmed, and multiple
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Meskipun kegiatan ini tidak melibatkan pengukuran kuantitatif, sosialisasi terbukti menjadi langkah awal yang signifikan dalam memperkuat kapasitas masyarakatMeskipun kegiatan ini tidak melibatkan pengukuran kuantitatif, sosialisasi terbukti menjadi langkah awal yang signifikan dalam memperkuat kapasitas masyarakat