MAHADEWAMAHADEWA
Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Flipped Classroom diterapkan di SMA Negeri Bali Mandara untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di era 4.0. Pelaksanaan flipped classroom belum efektif karena karakteristik materi dan peserta didik serta sumber belajar sehingga hasil belajar masih 4 poin di bawah KKM. Untuk mengakomodasi ini diterapkan biology interactive notebooks dimana terdapat input di bagian kiri yang mengandung catatan dari video yang dipelajari dan output pada bagian kanan dari hasil kontruksi pengetahuan sendiri dari keseluruhan proses pembelajaran. Ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus dengan materi metabolisme dan enzim, katabolisme dan anabolisme pada subjek 26 orang kelas XII MIPA 3 Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada peningkatan hasil belajar biologi dan (2) respon positif terhadap penerapan biology interactive notebooks karena mengakomodasi keseluruhan gaya belajar, membantu mengorganisasi materi, mengasah kemampuan metakognisi dan meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Oleh karena itu interactive notebooks dapat diterapkan pada mata pelajaran lain.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) ada peningkatan hasil belajar biologi peserta didik dengan penerapan biology interactive notebook pada flipped classroom di kelas XII MIPA 3 Tahun pelajarn 2019/2020 dan (2) peserta didik memiliki respon positif terhadap penerapan biology interactive notebook pada flipped classroom.
Penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan mengkaji penerapan interactive notebook pada mata pelajaran non-IPA seperti sejarah atau bahasa untuk mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman konsep abstrak. Selain itu, perlu dikembangkan model penilaian berbasis portofolio yang memanfaatkan catatan peserta didik di interactive notebook sebagai indikator pembelajaran mandiri. Terakhir, penelitian juga bisa fokus pada integrasi teknologi digital seperti aplikasi AI untuk memberikan umpan balik otomatis terhadap catatan peserta didik, sehingga mempercepat proses refleksi dan peningkatan kemampuan metakognisi.
| File size | 138.65 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Hasil evaluasi menunjukkan adanya efektivitas program dalam meningkatkan pemahaman, persepsi manfaat serta kemudahan akses inklusi keuangan. Namun demikian,Hasil evaluasi menunjukkan adanya efektivitas program dalam meningkatkan pemahaman, persepsi manfaat serta kemudahan akses inklusi keuangan. Namun demikian,
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Kegiatan dilaksanakan melalui penyuluhan, demonstrasi, dan praktik langsung dengan pendekatan partisipatif berbasis pengembangan kapasitas masyarakat.Kegiatan dilaksanakan melalui penyuluhan, demonstrasi, dan praktik langsung dengan pendekatan partisipatif berbasis pengembangan kapasitas masyarakat.
MAHADEWAMAHADEWA Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan materi Expressions. Data penilaian menulis siswa dikumpulkan dari rubrik penilaian menulis sedangkanPenelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan materi Expressions. Data penilaian menulis siswa dikumpulkan dari rubrik penilaian menulis sedangkan
MAHADEWAMAHADEWA Kondisi ini ingin diubah melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkatKondisi ini ingin diubah melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat
Useful /
MAHADEWAMAHADEWA Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran STAD dengan subjekPenelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran STAD dengan subjek
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman mitra dalam pengelolaan e-catalog dan pemanfaatan strategi pemasaran digital, ditandai dengan kenaikan skorEvaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman mitra dalam pengelolaan e-catalog dan pemanfaatan strategi pemasaran digital, ditandai dengan kenaikan skor
MAHADEWAMAHADEWA Dibutuhkan kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran untuk membangkitkan motivasi belajar siswa. Daun Kelor selain dikonsumsi, juga digunakanDibutuhkan kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran untuk membangkitkan motivasi belajar siswa. Daun Kelor selain dikonsumsi, juga digunakan
MAHADEWAMAHADEWA Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 5 SMA N 1 Kuta Selatan pada materi Sistem HukumPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 5 SMA N 1 Kuta Selatan pada materi Sistem Hukum