MAHADEWAMAHADEWA

Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)

Flipped Classroom diterapkan di SMA Negeri Bali Mandara untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di era 4.0. Pelaksanaan flipped classroom belum efektif karena karakteristik materi dan peserta didik serta sumber belajar sehingga hasil belajar masih 4 poin di bawah KKM. Untuk mengakomodasi ini diterapkan biology interactive notebooks dimana terdapat input di bagian kiri yang mengandung catatan dari video yang dipelajari dan output pada bagian kanan dari hasil kontruksi pengetahuan sendiri dari keseluruhan proses pembelajaran. Ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus dengan materi metabolisme dan enzim, katabolisme dan anabolisme pada subjek 26 orang kelas XII MIPA 3 Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada peningkatan hasil belajar biologi dan (2) respon positif terhadap penerapan biology interactive notebooks karena mengakomodasi keseluruhan gaya belajar, membantu mengorganisasi materi, mengasah kemampuan metakognisi dan meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Oleh karena itu interactive notebooks dapat diterapkan pada mata pelajaran lain.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) ada peningkatan hasil belajar biologi peserta didik dengan penerapan biology interactive notebook pada flipped classroom di kelas XII MIPA 3 Tahun pelajarn 2019/2020 dan (2) peserta didik memiliki respon positif terhadap penerapan biology interactive notebook pada flipped classroom.

Penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan mengkaji penerapan interactive notebook pada mata pelajaran non-IPA seperti sejarah atau bahasa untuk mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman konsep abstrak. Selain itu, perlu dikembangkan model penilaian berbasis portofolio yang memanfaatkan catatan peserta didik di interactive notebook sebagai indikator pembelajaran mandiri. Terakhir, penelitian juga bisa fokus pada integrasi teknologi digital seperti aplikasi AI untuk memberikan umpan balik otomatis terhadap catatan peserta didik, sehingga mempercepat proses refleksi dan peningkatan kemampuan metakognisi.

  1. Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1317 1 012118
  1. #flipped classroom#flipped classroom
  2. #hasil belajar biologi#hasil belajar biologi
File size138.65 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test