MAHADEWAMAHADEWA
Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh: (1) hasil belajar siswa masih tergolong rendah; (2) aktivitas belajar siswa kurang aktif; (3) metode pembelajaran guru cenderung masih konvensional; dan (4) siswa belum memiliki motivasi belajar yang baik. Kondisi ini ingin diubah melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dengan langkah-langkah pokok: planning, acting, observing, reflekting dengan selalu melakukan revisi tindakan untuk menemukan hasil yang lebih baik atau akurat. Pengolahan datanya menggunakan teknik deskriptif analitis. Dengan prosedur penelitian tindakan yang dilakukan, ditemukan hasil sebagai berikut: (1) penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor dapat dikatakan efektif diterapkan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yang dibuktikan dari hasil penelitian pada siklus I, dan II dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas meningkat dari 65,45 menjadi 77,17 serta ketuntasan belajar klasikal juga meningkat dari 58%, menjadi 94%.
Penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor meningkatkan aktivitas belajar siswa, dengan kualifikasi aktivitas yang meningkat dari siklus I ke II.Model ini juga meningkatkan hasil belajar siswa, di mana rata-rata nilai meningkat dari 65,45 ke 77,17 dan ketuntasan klasikal dari 58% ke 94%.Rekomendasinya termasuk menerapkan model ini dengan memperhatikan kendala dan mempertautkan materi dengan kehidupan sekitar.
Bagaimana efektivitas model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor untuk mata pelajaran lain selain Kimia, seperti Biologi atau Geografi? Apakah penerapan model ini dapat dipertahankan dalam jangka panjang, dan bagaimana faktor-faktor seperti motivasi belajar siswa mempengaruhi keberhasilannya? Bagaimana relevansi penggunaan metode outdoor dalam model pembelajaran discovery learning dengan kontekstualisasi materi terhadap lingkungan sekitar siswa?.
| File size | 324.43 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL (2). Aktivitas siswa dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa: (1).(2). Aktivitas siswa dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa: (1).
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Sebanyak 58 siswa kelas IV SDN Liwung dipilih sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan non-equivalent post-test onlySebanyak 58 siswa kelas IV SDN Liwung dipilih sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan non-equivalent post-test only
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain One Shoot Case Study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 MA Darul Aminin NW Aikmual.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain One Shoot Case Study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 MA Darul Aminin NW Aikmual.
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Instrumen berupa tes essay sebanyak 8 soal menunjukkan rata‑rata nilai post‑test kelas eksperimen 74,2 dibanding kontrol 66,17; analisis t‑test menghasilkanInstrumen berupa tes essay sebanyak 8 soal menunjukkan rata‑rata nilai post‑test kelas eksperimen 74,2 dibanding kontrol 66,17; analisis t‑test menghasilkan
Useful /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Kegiatan pengabdian ini berhasil menghasilkan e-catalog khusus yang dapat dikelola mandiri hingga pascaprogram, sekaligus meningkatkan efisiensi komunikasiKegiatan pengabdian ini berhasil menghasilkan e-catalog khusus yang dapat dikelola mandiri hingga pascaprogram, sekaligus meningkatkan efisiensi komunikasi
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, pembelajaran daring ini berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa karena mahasiswa menjadi mudahBerdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, pembelajaran daring ini berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa karena mahasiswa menjadi mudah
MAHADEWAMAHADEWA Guru wajib memiliki kecakapan dalam menggunakan metode dan media pembelajaran, yang dijadikan sebagai alat untuk menyalurkan materi kepada peserta didik.Guru wajib memiliki kecakapan dalam menggunakan metode dan media pembelajaran, yang dijadikan sebagai alat untuk menyalurkan materi kepada peserta didik.
IJAINIJAIN As a result, K-Means algorithm has the highest accuracy for both data models. The experiment on simulated data and real dataset showed that the K-MeansAs a result, K-Means algorithm has the highest accuracy for both data models. The experiment on simulated data and real dataset showed that the K-Means