AKSARAGLOBALAKSARAGLOBAL
Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan KebudayaanJurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan KebudayaanAbstrak. Pada era pendidikan yang terus berkembang, model pembelajaran telah menjadi fokus perhatian bagi pendidik. Salah satu model pembelajaran yang mendapatkan perhatian luas adalah Project Based Learning (PjBL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa sehingga dapat memecahkan masalah dalam mengerjakan sebuah proyek. Kreativitas tidak hanya membuat peserta didik dapat memecahkan suatu masalah, tetapi juga mampu berdampak pada pola pikir mereka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Hasil yang didapat dari penilitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik sebelum dan setelah diterapkan model Project Based Learning (PjBL) pada saat pembelajaran.
Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik sebelum dan setelah diterapkan model Project Based Learning (PjBL) pada saat pembelajaran.
Berbagai hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning (PjBL) meningkatkan kreativitas siswa, namun penelitian masih belum membandingkan efektivitasnya dengan model pembelajaran lain di berbagai mata pelajaran. Penelitian lanjutan dapat menjawab: (1) Bagaimana perbandingan peningkatan kreativitas siswa ketika menggunakan PjBL dibandingkan dengan pembelajaran tradisional dan problem‑based learning di bidang matematika, bahasa dan ilmu pengetahuan? (2) Sejauh mana tingkat keahlian guru dalam memfasilitasi PjBL memengaruhi kualitas proyek dan hasil kreatif siswa, sehingga meneliti hubungan antara pelatihan guru dan dampak pembelajaran? (3) Apakah implementasi PjBL secara daring berbeda dalam merangsang kreativitas dibandingkan dengan pelaksanaan tatap muka, dan faktor apa saja yang memediasi perbedaan tersebut? Serta, penelitian yang mengamati perkembangan kreativitas siswa secara longitudinal akan memberikan indikasi seberapa berkelanjutan pengaruh PjBL. Dengan belajar di bidang ini, kita dapat menyempurnakan desain kurikulum dan kebijakan pendidikan setelah didapatkan bukti empiris yang kuat. Hasil penelitian ini dapat membantu pihak pendidikan, pembuat kebijakan, dan pendidik untuk mengadopsi pendekatan yang lebih kontekstual dan efektif bagi generasi masa depan.
- Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP... ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/2440Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP ejournal mandalanursa index php JISIP article view 2440
- Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa |... doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning PjBL Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa doi 10 23917 varidika v30i1 6548
- Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa... jurnal.aksaraglobal.co.id/index.php/jkppk/article/view/316Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning PJBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa jurnal aksaraglobal index php jkppk article view 316
- UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PELAJARAN SENI RUPA KELAS II... doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.1895UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PELAJARAN SENI RUPA KELAS II doi 10 36989 didaktik v9i5 1895
- Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA... doi.org/10.56916/pjmsr.v2i1.306Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA doi 10 56916 pjmsr v2i1 306
| File size | 690.7 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
SAINSSAINS Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai proses pemasaran titip jual dan bagaimana kondisi keberlanjutan ekonomi Petani. Selain itu,Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai proses pemasaran titip jual dan bagaimana kondisi keberlanjutan ekonomi Petani. Selain itu,
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa tunarungu dariPenelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa tunarungu dari
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Data motivasi belajar dikumpulkan dengan angket dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes objektif. Uji validitas angket dan uji dianalisis denganData motivasi belajar dikumpulkan dengan angket dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes objektif. Uji validitas angket dan uji dianalisis dengan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Instrumen berupa tes essay sebanyak 8 soal menunjukkan rata‑rata nilai post‑test kelas eksperimen 74,2 dibanding kontrol 66,17; analisis t‑test menghasilkanInstrumen berupa tes essay sebanyak 8 soal menunjukkan rata‑rata nilai post‑test kelas eksperimen 74,2 dibanding kontrol 66,17; analisis t‑test menghasilkan
Useful /
IBNTEGALIBNTEGAL Iqra terambil dari akar kata yang berarti “menghimpun, dari menghimpun lahir aneka ragam makna, seperti menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti,Iqra terambil dari akar kata yang berarti “menghimpun, dari menghimpun lahir aneka ragam makna, seperti menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti,
IJAINIJAIN This study aimed to compare the accuracy of two algorithms, hierarchical cluster and K-Means cluster, using ACFs distance for clustering stationary andThis study aimed to compare the accuracy of two algorithms, hierarchical cluster and K-Means cluster, using ACFs distance for clustering stationary and
UNMUNM Hasil menunjukkan lima aspek membaca yang sulit dihadapi mahasiswa. Selain itu, strategi mereka dalam menyelesaikan bagian pemahaman bacaan ujian TOEFLHasil menunjukkan lima aspek membaca yang sulit dihadapi mahasiswa. Selain itu, strategi mereka dalam menyelesaikan bagian pemahaman bacaan ujian TOEFL
UNMUNM Berdasarkan konsep budaya kolaboratif Hargreaves dan Fullan (2012), penelitian ini menemukan bahwa kolegialitas buatan (contrived collegiality) lebih dominanBerdasarkan konsep budaya kolaboratif Hargreaves dan Fullan (2012), penelitian ini menemukan bahwa kolegialitas buatan (contrived collegiality) lebih dominan