UNNESUNNES

Lembaran Ilmu KependidikanLembaran Ilmu Kependidikan

Memahami literasi sains sangat penting untuk memfasilitasi pembelajaran yang efektif dan secara efektif menangani masalah lingkungan, karena pemanasan global adalah subjek yang kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan profil literasi sains siswa SMP kelas 7 terkait materi pemanasan global. Menggunakan ujian pilihan ganda dan wawancara, metode deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan data tentang konteks sains, konten sains, kompetensi ilmiah, dan sikap sains. 64 siswa kelas 7 dari SMP Negeri 1 Sambong di kabupaten Blora berpartisipasi dalam penelitian ini. Menurut temuan, 50% literasi sains siswa dalam bidang pemanasan global masuk dalam kategori sangat buruk. Literasi sains siswa mencapai skor rata-rata 28% dalam aspek konteks, 14% dalam aspek konten, 14% dalam komponen kompetensi, dan 22% dalam aspek sikap sains. Berdasarkan skor rata-rata, dapat disimpulkan bahwa keterampilan literasi sains para siswa tetap berada dalam kategori sangat buruk ketika mempertimbangkan semua empat komponen. Hasil ini memiliki implikasi untuk perlunya menciptakan kurikulum sains yang menekankan pemikiran kritis dan aplikasi terkait pemanasan global untuk meningkatkan tingkat literasi sains umum siswa.

Berdasarkan pemeriksaan tes literasi sains yang diambil oleh siswa kelas tujuh di SMP Negeri 1 Sambong, persentase keseluruhan masuk ke dalam kategori sangat buruk sebesar 50%.Aspek konteks, kompetensi, kompetensi, dan sikap sains dari nilai literasi sains siswa berkisar dari rata-rata 28% hingga 14%, 14%, dan 22%, masing-masing.Skor rata-rata ini menunjukkan bahwa, secara keseluruhan dan ketika dilihat dari keempat perspektif, kemampuan literasi sains siswa tetap berada dalam jangkauan sangat buruk.Ini disebabkan oleh kinerja akademis yang buruk dari anak-anak serta kurangnya sumber daya untuk meningkatkan pendidikan sains.Menurut temuan studi, terdapat ruang untuk perbaikan dalam proses memperoleh pemahaman sains yang lebih mendalam dan komprehensif.Oleh karena itu, penelitian ini menambah pemahaman kita tentang kemampuan literasi sains siswa SMP Negeri 1 Sambong dan menekankan pentingnya pengembangan pembelajaran dalam meningkatkan literasi sains.

Saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan adalah bagaimana penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan literasi sains siswa SMP terutama terkait materi pemanasan global. Apakah integrasi teknologi edukasi, seperti penggunaan media interaktif atau aplikasi mobile, dapat berkontribusi untuk meningkatkan pemahaman dan ketertarikan siswa terhadap isu lingkungan? Selain itu, penting untuk mengeksplorasi peran pendidikan orang tua dalam mendukung pembelajaran literasi sains siswa, untuk mendorong mereka berpartisipasi aktif dalam diskusi dan kegiatan terkait lingkungan di luar sekolah.

  1. Revised Bloom Taxonomy-Oriented Learning Activities to Develop Scientific Literacy and Creative Thinking... doi.org/10.15294/jpii.v11i1.34628Revised Bloom Taxonomy Oriented Learning Activities to Develop Scientific Literacy and Creative Thinking doi 10 15294 jpii v11i1 34628
  2. Assessment Literasi Sains Dimensi Kompetensi pada Materi Pamanasan Global | QUANTUM: Jurnal Pembelajaran... doi.org/10.46368/qjpia.v1i1.314Assessment Literasi Sains Dimensi Kompetensi pada Materi Pamanasan Global QUANTUM Jurnal Pembelajaran doi 10 46368 qjpia v1i1 314
  3. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LITERASI SAINS SISWA SMP... doi.org/10.58258/jime.v8i4.4068PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LITERASI SAINS SISWA SMP doi 10 58258 jime v8i4 4068
  4. Scientific Literacy Ability of Junior High School Students on Static Electricity and Electricity in Living... doi.org/10.46245/ijorer.v2i6.170Scientific Literacy Ability of Junior High School Students on Static Electricity and Electricity in Living doi 10 46245 ijorer v2i6 170
  5. Effect of Project-Based Learning and Science Literacy Ability on Critical Thinking Skills in Virtual... doi.org/10.26740/jpps.v12n1.p56-68Effect of Project Based Learning and Science Literacy Ability on Critical Thinking Skills in Virtual doi 10 26740 jpps v12n1 p56 68
  1. #model problem based#model problem based
  2. #siswa kelas viii#siswa kelas viii
File size314.74 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test