UNNESUNNES
Lembaran Ilmu KependidikanLembaran Ilmu KependidikanMemahami literasi sains sangat penting untuk memfasilitasi pembelajaran yang efektif dan secara efektif menangani masalah lingkungan, karena pemanasan global adalah subjek yang kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan profil literasi sains siswa SMP kelas 7 terkait materi pemanasan global. Menggunakan ujian pilihan ganda dan wawancara, metode deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan data tentang konteks sains, konten sains, kompetensi ilmiah, dan sikap sains. 64 siswa kelas 7 dari SMP Negeri 1 Sambong di kabupaten Blora berpartisipasi dalam penelitian ini. Menurut temuan, 50% literasi sains siswa dalam bidang pemanasan global masuk dalam kategori sangat buruk. Literasi sains siswa mencapai skor rata-rata 28% dalam aspek konteks, 14% dalam aspek konten, 14% dalam komponen kompetensi, dan 22% dalam aspek sikap sains. Berdasarkan skor rata-rata, dapat disimpulkan bahwa keterampilan literasi sains para siswa tetap berada dalam kategori sangat buruk ketika mempertimbangkan semua empat komponen. Hasil ini memiliki implikasi untuk perlunya menciptakan kurikulum sains yang menekankan pemikiran kritis dan aplikasi terkait pemanasan global untuk meningkatkan tingkat literasi sains umum siswa.
Berdasarkan pemeriksaan tes literasi sains yang diambil oleh siswa kelas tujuh di SMP Negeri 1 Sambong, persentase keseluruhan masuk ke dalam kategori sangat buruk sebesar 50%.Aspek konteks, kompetensi, kompetensi, dan sikap sains dari nilai literasi sains siswa berkisar dari rata-rata 28% hingga 14%, 14%, dan 22%, masing-masing.Skor rata-rata ini menunjukkan bahwa, secara keseluruhan dan ketika dilihat dari keempat perspektif, kemampuan literasi sains siswa tetap berada dalam jangkauan sangat buruk.Ini disebabkan oleh kinerja akademis yang buruk dari anak-anak serta kurangnya sumber daya untuk meningkatkan pendidikan sains.Menurut temuan studi, terdapat ruang untuk perbaikan dalam proses memperoleh pemahaman sains yang lebih mendalam dan komprehensif.Oleh karena itu, penelitian ini menambah pemahaman kita tentang kemampuan literasi sains siswa SMP Negeri 1 Sambong dan menekankan pentingnya pengembangan pembelajaran dalam meningkatkan literasi sains.
Saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan adalah bagaimana penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan literasi sains siswa SMP terutama terkait materi pemanasan global. Apakah integrasi teknologi edukasi, seperti penggunaan media interaktif atau aplikasi mobile, dapat berkontribusi untuk meningkatkan pemahaman dan ketertarikan siswa terhadap isu lingkungan? Selain itu, penting untuk mengeksplorasi peran pendidikan orang tua dalam mendukung pembelajaran literasi sains siswa, untuk mendorong mereka berpartisipasi aktif dalam diskusi dan kegiatan terkait lingkungan di luar sekolah.
- Revised Bloom Taxonomy-Oriented Learning Activities to Develop Scientific Literacy and Creative Thinking... doi.org/10.15294/jpii.v11i1.34628Revised Bloom Taxonomy Oriented Learning Activities to Develop Scientific Literacy and Creative Thinking doi 10 15294 jpii v11i1 34628
- Assessment Literasi Sains Dimensi Kompetensi pada Materi Pamanasan Global | QUANTUM: Jurnal Pembelajaran... doi.org/10.46368/qjpia.v1i1.314Assessment Literasi Sains Dimensi Kompetensi pada Materi Pamanasan Global QUANTUM Jurnal Pembelajaran doi 10 46368 qjpia v1i1 314
- PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LITERASI SAINS SISWA SMP... doi.org/10.58258/jime.v8i4.4068PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LITERASI SAINS SISWA SMP doi 10 58258 jime v8i4 4068
- Scientific Literacy Ability of Junior High School Students on Static Electricity and Electricity in Living... doi.org/10.46245/ijorer.v2i6.170Scientific Literacy Ability of Junior High School Students on Static Electricity and Electricity in Living doi 10 46245 ijorer v2i6 170
- Effect of Project-Based Learning and Science Literacy Ability on Critical Thinking Skills in Virtual... doi.org/10.26740/jpps.v12n1.p56-68Effect of Project Based Learning and Science Literacy Ability on Critical Thinking Skills in Virtual doi 10 26740 jpps v12n1 p56 68
| File size | 314.74 KB |
| Pages | 11 |
| Short Link | https://juris.id/p-fG |
| DMCA | Report |
Related /
USAHIDUSAHID Hasil penelitian memberikan terkait pentingnya branding Sapta Pesona untuk kesadaran bagi masyarakat mengembangkan Kampung Wisata Satupam. Branding SaptaHasil penelitian memberikan terkait pentingnya branding Sapta Pesona untuk kesadaran bagi masyarakat mengembangkan Kampung Wisata Satupam. Branding Sapta
UPIUPI Pengurangan laju irigasi sebesar 20% tidak memengaruhi hasil, menunjukkan bahwa stres air mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pohon persik. KombinasiPengurangan laju irigasi sebesar 20% tidak memengaruhi hasil, menunjukkan bahwa stres air mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pohon persik. Kombinasi
CAHAYA ICCAHAYA IC Tujuan dari studi ini adalah untuk mengukur kesiapan pendidikan sains dari calon guru sekolah dasar melalui tes diagnostik, mengumpulkan umpan balik dariTujuan dari studi ini adalah untuk mengukur kesiapan pendidikan sains dari calon guru sekolah dasar melalui tes diagnostik, mengumpulkan umpan balik dari
UNNESUNNES This is qualitative research using a case study approach, with data collected through participant observation and in-depth interviews with course participantsThis is qualitative research using a case study approach, with data collected through participant observation and in-depth interviews with course participants
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Namun satu hal yang sangat membanggakan bahwa guru-guru di daerah terpencil bersedia melakukan segala cara untuk mengatasi kesulitan ini.meskipun banyakNamun satu hal yang sangat membanggakan bahwa guru-guru di daerah terpencil bersedia melakukan segala cara untuk mengatasi kesulitan ini.meskipun banyak
UNILAUNILA Hasil penelitian diperoleh rata-rata biomassa hutan mangrove sebesar 431,78 ton/ha. Estimasi karbon tegakan mangrove 197,36 ton/ha dan estimasi karbonHasil penelitian diperoleh rata-rata biomassa hutan mangrove sebesar 431,78 ton/ha. Estimasi karbon tegakan mangrove 197,36 ton/ha dan estimasi karbon
CAHAYA ICCAHAYA IC Instrumen yang digunakan merupakan adopsi dari berbagai penelitian dengan menggunakan enam indikator angket kerja keras siswa. Temuan Utama: BerdasarkanInstrumen yang digunakan merupakan adopsi dari berbagai penelitian dengan menggunakan enam indikator angket kerja keras siswa. Temuan Utama: Berdasarkan
IAESCOREIAESCORE Modul Solar-Photovoltaic dan turbin angin berbasis Permanent Magnet Synchronous Generator (PMSG) disimulasikan secara terpisah. Kemudian, keduanya dihubungkanModul Solar-Photovoltaic dan turbin angin berbasis Permanent Magnet Synchronous Generator (PMSG) disimulasikan secara terpisah. Kemudian, keduanya dihubungkan
Useful /
ITBITB Secara geologis, wilayah Doplang terdiri atas material aluvial Kuarter dan diperoleh korelasi antara kekuatan geser tak terkonsolidasi (su) dengan nilaiSecara geologis, wilayah Doplang terdiri atas material aluvial Kuarter dan diperoleh korelasi antara kekuatan geser tak terkonsolidasi (su) dengan nilai
UNILAUNILA Hasil yang diperoleh menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara pemberian IUPHKm dengan perubahan pola budidaya. Ada pengaruh negatif pola budidayaHasil yang diperoleh menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara pemberian IUPHKm dengan perubahan pola budidaya. Ada pengaruh negatif pola budidaya
UNILAUNILA Tujuan penelitian ini adalah mempelajari tingkat partisipasi dan faktor–faktor yang berhubungan dengan partisipasi MMP pada perlindungan dan pengamananTujuan penelitian ini adalah mempelajari tingkat partisipasi dan faktor–faktor yang berhubungan dengan partisipasi MMP pada perlindungan dan pengamanan
UNILAUNILA GMP) Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku sosial rusa sambar (Cervus unicolor) dan rusa totol (Axis axis) yang terdapatGMP) Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku sosial rusa sambar (Cervus unicolor) dan rusa totol (Axis axis) yang terdapat