IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI

JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan literatur sistematis penggunaan aplikasi Discord dalam pendidikan. Penggunaan teknologi seperti aplikasi pembelajaran dalam pendidikan pada saat ini meningkat setiap hari. Salah satu aplikasi yang digunakan oleh pendidik adalah Discord. Meskipun beberapa tinjauan literatur telah menyentuh topik tersebut, masih ada banyak aspek yang perlu dieksplorasi terkait penggunaannya dalam pendidikan. Oleh karena itu, studi ini mensintesis temuan pada dua aspek utama, yaitu kontribusi dan perkembangan penggunaan Discord melalui pencarian penelitian empiris di berbagai platform seperti Mendeley.com, Connected Papers, dan Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak studi menguji persepsi siswa terhadap kontribusi Discord dalam kelas. Sementara sebagian besar melaporkan persepsi positif, beberapa memperlihatkan persepsi negatif akibat koneksi jaringan yang buruk. Selain itu, sebagian besar perkembangan diterapkan dalam kelas flipped-based untuk menguji sistem pembelajaran yang dibuat.

Analisis ini mengungkap bahwa aplikasi Discord telah memberikan kontribusi signifikan dalam pendidikan, terutama dalam menciptakan lingkungan belajar virtual.Namun, keterbatasan seperti koneksi jaringan yang tidak stabil dan perangkat yang tidak memadai masih menjadi tantangan.Penelitian di masa depan perlu mempertimbangkan perspektif pendidik dan evaluasi komprehensif tentang kelebihan dan kekurangan penggunaan Discord dibandingkan platform lain.

Penelitian lanjutan dapat fokus pada evaluasi persepsi pendidik terhadap penggunaan Discord sebagai alat pembelajaran, membandingkan efektivitas Discord dengan platform lain dalam konteks pembelajaran daring, serta menginvestigasi dampak penggunaan Discord terhadap keterlibatan siswa di berbagai tingkat pendidikan. Dalam penelitian selanjutnya, penting pula mengeksplorasi integrasi fitur baru Discord untuk meningkatkan interaksi sosial dalam ruang kelas virtual. Penelitian comparative berbasis kualitatif juga bisa dilakukan untuk memahami perbedaan pengalaman pengguna antara siswa dari berbagai latar belakang geografis.

  1. Learning System with Digital Literacy Based on Guided Inquiry Integrated Flipped Classroom Using Discord... jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/4471Learning System with Digital Literacy Based on Guided Inquiry Integrated Flipped Classroom Using Discord jppipa unram ac index php jppipa article view 4471
  2. Journal of Pedagogical Research. journal pedagogical research doi.org/10.33902/JPR.202217716Journal of Pedagogical Research journal pedagogical research doi 10 33902 JPR 202217716
  3. The PRISMA 2020 statement: an updated guideline for reporting systematic reviews | The BMJ. prisma statement... doi.org/10.1136/bmj.n71The PRISMA 2020 statement an updated guideline for reporting systematic reviews The BMJ prisma statement doi 10 1136 bmj n71
  4. A Literature Review on the Use of Discord Application in Education: Contributions and the Developments... jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/jeels/article/view/2530A Literature Review on the Use of Discord Application in Education Contributions and the Developments jurnalfaktarbiyah iainkediri ac index php jeels article view 2530
File size425.03 KB
Pages20
DMCAReportReport

ads-block-test