AKSARAGLOBALAKSARAGLOBAL

Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan KebudayaanJurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peranan dari media video interaktif berbasis Canva pada Pembelajaran tematik terhadap hasil belajar di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan memakai metode deskriptif kualitataif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mencari melalui Google Scholar artikel- artikel di jurnal elektronik maupun publikasi lain. Data tersebut dianalisis dengan tiga tahap yaitu pengorganisasian, sintesis serta identifikasi. Pada pengaplikasian media ini ditemui beberapa kendala di dalam kelas, di antaranya; guru masih belum mengetahui bagaimana membuat desain di canva, kurang stabilnya sinyal serta terbatasnya sarana prasarana. Akan tetapi, kendala tersebut tidak menjadi hambatan. Pihak sekolah menyediakan sosialisasi atau pelatihan dan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai bagi para guru. Terdapat delapan artikel yang sesuai dengan tema kajian yang menyatakan bahwa penerapan media interaktif Canva memiliki peranan yang sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa utamanya pada jenjang sekolah dasar.

Penerapan media interaktif berbasis Canva memiliki peran yang sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa, terutama di sekolah dasar.Kendala dalam penerapan meliputi kurangnya pengetahuan guru tentang desain Canva, stabilitas sinyal, dan keterbatasan sarana prasarana.Namun, sosialisasi, pelatihan, dan penyediaan fasilitas yang memadai oleh pihak sekolah dapat mengatasi kendala tersebut dan memastikan pembelajaran dengan media Canva berjalan efektif dan maksimal.

Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk menginvestigasi efektivitas pelatihan desain Canva bagi guru sekolah dasar, dengan fokus pada peningkatan keterampilan dan kepercayaan diri mereka dalam mengintegrasikan Canva ke dalam pembelajaran. Kedua, studi komparatif dapat dilakukan untuk membandingkan dampak penggunaan Canva dengan media pembelajaran interaktif lainnya, seperti aplikasi berbasis gamifikasi atau simulasi virtual, untuk mengidentifikasi pendekatan yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Ketiga, penelitian kualitatif mendalam dapat dilakukan untuk mengeksplorasi pengalaman siswa dalam menggunakan Canva sebagai alat pembelajaran, termasuk persepsi mereka tentang kemudahan penggunaan, daya tarik visual, dan kontribusi terhadap pemahaman materi. Penelitian ini dapat memberikan wawasan berharga tentang bagaimana Canva dapat dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa yang beragam dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan model pembelajaran inovatif yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar.

  1. Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah... ejournals.itda.ac.id/index.php/KACANEGARA/article/view/1087Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah ejournals itda ac index php KACANEGARA article view 1087
  2. Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa |... ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jie/article/view/22809Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa ejournal uin malang ac index php jie article view 22809
  3. PENGGUNAAN POWER POINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN: EFEKTIFKAH? | Misbahudin | WaPFi (Wahana Pendidikan... doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939PENGGUNAAN POWER POINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EFEKTIFKAH Misbahudin WaPFi Wahana Pendidikan doi 10 17509 wapfi v3i1 10939
  1. #model inovatif#model inovatif
File size1.09 MB
Pages16
DMCAReportReport

ads-block-test