STKIPPACITANSTKIPPACITAN

Jurnal Penelitian PendidikanJurnal Penelitian Pendidikan

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan partisipasi belajar peserta didik dalam proses belajar, karena Google Classroom memiliki ruang diskusi yang cukup luas dan tanpa batas, dimana pendidik dapat menciptakan kelas kolaboratif dalam hubungan interaktif dengan peserta didik yang lain. Google Classroom memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran antara lain halaman utama yang dapat menampilkan tugas peserta didik, penyusunan kelas yang sesuai dengan keinginan pendidik, penyimpanan di Google Drive, dapat diakses melalui smartphone, dapat menampung semua jenis file, dan dapat menambahkan gambar profil. Selain itu ada fitur lain yang dapat digunakan pendidik dalam mengembangkan materi yaitu Reusepost, Createquestion, Createassignment, dan Createannouncement. Selain itu Google Classroom merupakan salah satu media pembelajaran yang berbasis metode pembelajaran inkuiri, karena Google Classroom dapat melibatkan kemampuan peserta didik secara maksimal dalam mencari, memahami, menyelidiki, menganalisis dan merumuskan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan. Hasil pemanfaatan media Google Classroom diaplikasikan ke dalam desain perkuliahan mata kuliah strategi pembelajaran yang terdiri dari dua aspek yaitu materi perkuliahan dan metode perkuliahan. Materi perkuliahan yang disajikan secara terorganisir dan terstruktur, sedangkan metode perkuliahan yang dikembangkan terbagi menjadi dua yaitu secara kelompok dan individu. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya partisipasi peserta didik sebanyak 80% yang diukur menggunakan skala likert.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Google Classroom berbasis pembelajaran inkuiri dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa.Google Classroom merupakan proses pembelajaran modern yang mendukung dan memberikan wawasan baru bagi pendidik serta memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam belajar.Penggunaan Google Classroom juga mendorong siswa untuk lebih berani mengeksplorasi dan bereksperimen dengan materi perkuliahan, sehingga mereka merasa senang dan nyaman dalam proses pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian ini, penelitian lanjutan dapat difokuskan pada pengaruh penerapan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, integrasi Google Classroom dengan aplikasi lain dapat dieksplorasi untuk mendukung aktivitas pembelajaran di kelas virtual secara lebih bervariasi dan optimal. Lebih lanjut, penelitian dapat menginvestigasi efektivitas Google Classroom dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa, mengingat platform ini memfasilitasi interaksi antar peserta didik. Penelitian lain dapat menelaah bagaimana Google Classroom dapat diadaptasi untuk mengakomodasi gaya belajar yang berbeda-beda, sehingga pembelajaran menjadi lebih personal dan inklusif. Terakhir, studi komparatif dapat dilakukan untuk membandingkan efektivitas Google Classroom dengan platform pembelajaran daring lainnya, guna mengidentifikasi praktik terbaik dalam pemanfaatan teknologi untuk pendidikan.

  1. #keterampilan membaca peserta didik#keterampilan membaca peserta didik
File size366.96 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test