UNIVMEDUNIVMED

Universa MedicinaUniversa Medicina

Latar Belakang: Perawat memiliki peran utama dalam perawatan pasien dan harus memastikan bahwa penahanan fisik, yang memiliki banyak konsekuensi negatif, diterapkan sesuai standar praktik. Oleh karena itu, perawat harus memiliki pengetahuan tentang penahanan fisik serta menerapkannya dengan mematuhi peraturan hukum dan prinsip etika yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, sikap, dan praktik perawat pediatrik terkait penahanan fisik serta mengidentifikasi faktor‑faktor yang memengaruhi penggunaannya. Metode: Penelitian potong lintang melibatkan 150 perawat pediatrik yang bekerja di klinik pediatrik sebuah rumah sakit pendidikan dan penelitian. Data dikumpulkan melalui formulir informasi mengenai karakteristik perawat dan kuesioner Level of Knowledge, Attitudes and Practices of Staff Regarding Physical Restraints. Analisis data menggunakan uji Mann‑Whitney U dan uji Kruskal‑Wallis. Hasil: Secara keseluruhan, perawat memiliki pengetahuan yang baik mengenai penahanan fisik serta sikap positif, namun praktik penahanan fisik masih belum optimal dan terdapat beberapa kekurangan. Tidak terdapat perbedaan statistik yang signifikan antara usia, jenis kelamin, status pendidikan, unit kerja, dan status pelatihan perawat dengan skor pengetahuan, sikap, dan praktik penggunaan penahanan fisik (p>0,05). Kesimpulan: Tingkat pengetahuan perawat pediatrik tentang penahanan fisik cukup baik dan sikap mereka positif, namun terdapat kekurangan dalam praktik. Oleh karena itu, pelatihan lanjutan perlu ditekankan untuk meningkatkan pemikiran etis dan sensitif perawat, serta kompetensi mereka dalam menerapkan penahanan fisik dan merawat pasien.

Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan perawat pediatrik mengenai penahanan fisik cukup baik dan sikap mereka bersifat positif, yang sebagian besar tercermin dalam praktik mereka.Namun, terdapat kekurangan pada aspek pemeriksaan penahanan dan pencatatan dalam catatan keperawatan saat penahanan diterapkan.Oleh karena itu, perlu peningkatan pelatihan untuk memperbaiki praktik tersebut.

Penelitian longitudinal untuk mengevaluasi efek program pelatihan standar tentang penggunaan penahanan fisik terhadap pengetahuan, sikap, dan praktik perawat pediatrik dalam jangka waktu satu tahun. Studi kualitatif dengan wawancara mendalam pada perawat pediatrik untuk menggali pengalaman, dilema etis, dan persepsi mereka terkait penahanan fisik serta faktor‑faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan. Pengembangan dan validasi protokol atau pedoman prosedur penahanan fisik yang terintegrasi dengan standar etika dan hukum, diikuti dengan uji coba intervensi di beberapa rumah sakit untuk menilai perubahan praktik dan dokumentasi. Analisis komparatif antara unit perawatan intensif anak dan unit pediatrik biasa untuk mengidentifikasi perbedaan kebutuhan pelatihan dan implementasi pedoman, sehingga dapat disesuaikan secara spesifik.

  1. Holistic Nursing Practice. holistic nursing practice doi.org/10.1097/HNP.0000000000000013Holistic Nursing Practice holistic nursing practice doi 10 1097 HNP 0000000000000013
  2. Journal of Education and Health Promotion. journal education health promotion doi.org/10.4103/jehp.jehp_451_19Journal of Education and Health Promotion journal education health promotion doi 10 4103 jehp jehp 451 19
  1. #sikap positif siswa#sikap positif siswa
File size406.53 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test