STAIHWDURISTAIHWDURI

Jurnal Alqolam | Jurnal AlqolamJurnal Alqolam | Jurnal Alqolam

Pendidikan akhlak merupakan pilar penting dalam pembentukan masyarakat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti metode pendidikan yang digunakan Rasulullah dalam mendidik akhlak para sahabat yang ditemukan dalam Kitab Adab al-Mufrad karya Imam Bukhari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis metode pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan kajian pustaka sebagai sumber data utamanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mempunyai variasi metode pendidikan, termasuk metode hiwar, kisah, amtsal, qudwah, ibrah wa mauizah, mumarasah wal amal, targhîb, dan tarhîb.

Pendidikan akhlak dalam Islam memiliki metode yang sangat variatif.Dalam Kitab Adab al-Mufrad, Imam Bukhari mengumpulkan berbagai metode pendidikan yang telah diaplikasikan oleh Rasulullah untuk mendidik para sahabatnya.Metode-metode ini meliputi hiwar, cerita, ajaran langsung, petunjuk, contoh perbuatan, latihan, dan komunikasi.Semua metode ini menjadi bagian integral dalam membentuk akhlak praktis dan nilai-nilai moral dalam masyarakat Islam.

Pemeriksaan lebih lanjut tentang penerapan metode pendidikan akhlak di sekolah-sekolah Islam dalam konteks kontemporer. república. Ini akan membantu mengetahui apakah metode-metode lama masih relevan dan efektif untuk generasi masa kini. Penelitian lanjutan juga dapat mengharuskan penelitian yang melibatkan lebih banyak kajian di aturan sekolah. Menghasilkan larangan-larangan atau bahkan keterbatasan-saran dari serangkaian jenis turun-temurun akan sangat membantu dalam mengembangkan pendidikan akhlak dan metode-metode ini dapat sangat sangat berguna sebagai salah satu sarana di dalam perkembangan penelitian lain. Mungkin juga bisa terdapat penelitian baru mengenai dampak dari pengaruh perbedaan druk secara nya masih dipandang banget dalam penelitian pendidikan di sekolah ataupun percaturan yang didapatkan dari metode pemberdayaan. Selain itu, mendalami peran para guru dan pengajar dalam menerapkan metode pendidikan akhlak dan pemberdayaan ini perlu dilakukan untuk melihat dampak dan kesucessnya, serta apakah dalam konteks keagamaan, pendidikan, atau sosial.

Read online
File size747.02 KB
Pages22
Short Linkhttps://juris.id/p-1rK
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test