LAAROIBALAAROIBA

Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba JournalReslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal

Dalam usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa maka salah satu kegiatan yang perlu dilakukan oleh mahasiswa KKN adalah kegiatan dalam bidang pendidikan. Mahasiswa KKN diharapkan mampu menyusun program-program kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang beragam dan salah satu juga menyentuh pada aspek pendidikan. Salah satu lokasi yang dipilih yaitu Desa Purbasari Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun sebagai tempat KKN. Ditinjau dari tipe informasinya pendekatan riset yang dipakai dalam riset ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan bahwa kelompok KKN-32 memberi peranan yang baik dan berpengaruh bagi masyarakat desa dan bagi lembaga pendidikan di Desa dalam meningkatkan pendidikan anak di Desa dan pemberdayaan masyarakat. Dalam hal ini kelompok KKN-32 Desa Purbasari Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun memiliki peranan yang baik dalam membantu masyarakat dan lembaga pendidikan desa dalam meningkatkan pendidikan.

Dari hasil dan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kelompok KKN-32 memberi peranan yang baik dan berpengaruh bagi masyarakat desa dan bagi lembaga pendidikan di Desa dalam meningkatkan pendidikan anak di Desa dan pemberdayaan masyarakat.Dalam hal ini kelompok KKN-32 Desa Purbasari Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun memiliki peranan yang baik dalam membantu masyarakat dan lembaga pendidikan desa dalam meningkatkan pendidikan.Sehingga, dengan kehadiran mahasiswa kelompok KKN-32 mampu memberikan dedikasi dan implikasi yang nyata dalam kemajuan pendidikan di Desa, khususnya di Desa Purbasari Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun.

Penelitian berikutnya dapat melihat bagaimana pengaruh kegiatan KKN-32 terhadap prestasi belajar dan perkembangan sosial siswa SD di Desa Purbasari dalam jangka waktu panjang. Penelitian ini bisa dilakukan dengan mengikuti siswa secara rutin selama satu hingga dua tahun dan membandingkan hasil belajar serta kepercayaan diri mereka sebelum dan sesudah program KKN. Studi juga perlu menelusuri bagaimana tanggapan dan harapan warga desa—orang tua murid, guru, dan kepala desa—terhadap program pendampingan pendidikan oleh mahasiswa KKN, untuk mengetahui kekuatan dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan. Selain itu, penelitian dapat menggali metode komunikasi yang paling efektif antara mahasiswa KKN dan masyarakat agar informasi pembelajaran dapat diterima lebih baik. Terakhir, ada peluang untuk mengembangkan cara kerja sama antara sekolah setempat dan mahasiswa KKN agar program pendampingan bisa berlanjut setelah mahasiswa pulang, misalnya dengan membuat pelatihan untuk guru desa atau membentuk tim siswa teladan. Dengan menggabungkan ketiga ide penelitian ini, studi lanjutan akan memberikan gambaran lengkap tentang peran KKN dalam memperbaiki mutu pendidikan dan memberdayakan masyarakat Desa Purbasari. Hasilnya diharapkan bisa menjadi dasar untuk menyusun pedoman pelaksanaan KKN yang lebih efektif dan berkelanjutan di berbagai desa lain.

Read online
File size438.83 KB
Pages8
DMCAReport

Related /

ads-block-test