RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS
Advanced Journal of STEM EducationAdvanced Journal of STEM EducationPenelitian ini dipermasalahkan oleh penurunan keanekaragaman hayati; oleh karena itu, keterlibatan semua pihak, termasuk siswa, diperlukan untuk membantu menyelamatkan keanekaragaman hayati. Salah satu caranya adalah menerapkan pembelajaran bermakna dengan memanfaatkan kedekatan siswa terhadap gadget melalui penerapan proyek sains warga yang terintegrasi dengan pembelajaran Inkuiri Digital Pribadi (PDI) di kelas, yang melibatkan para ahli dalam proyek konservasi keanekaragaman hayati dalam bentuk herbarium digital yang diunggah di Instagram. Respons siswa penting sebagai acuan sejauh mana pembelajaran PDI yang terintegrasi dengan CSP berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respons siswa terhadap pembelajaran Inkuiri Digital Pribadi (PDI) yang terintegrasi dengan Proyek Sains Warga (CSP) pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Sebanyak 42 responden berpartisipasi dalam penelitian ini. Kuesioner berisi pernyataan tentang pelaksanaan pembelajaran menggunakan enam indikator, yang dirangkum menjadi 34 pernyataan menggunakan skala Likert. Hasil menunjukkan skor 79,73, yang dianggap baik. Siswa merasa antusias dan senang berpartisipasi dalam pembelajaran, mendapatkan pengalaman baru berinteraksi dengan ilmuwan dan masyarakat sekitar, meningkatkan kedekatan dengan guru dan teman sebaya, serta meningkatkan kesadaran untuk mempertahankan keanekaragaman hayati dengan memanfaatkan media sosial.
Penelitian ini dipermasalahkan oleh penurunan keanekaragaman hayati.oleh karena itu, keterlibatan semua pihak, termasuk siswa, diperlukan untuk membantu menyelamatkan keanekaragaman hayati.Salah satu caranya adalah menerapkan pembelajaran bermakna dengan memanfaatkan kedekatan siswa terhadap gadget melalui penerapan proyek sains warga yang terintegrasi dengan pembelajaran Inkuiri Digital Pribadi (PDI) di kelas, yang melibatkan para ahli dalam proyek konservasi keanekaragaman hayati dalam bentuk herbarium digital yang diunggah di Instagram.Respons siswa penting sebagai acuan sejauh mana pembelajaran PDI yang terintegrasi dengan CSP berhasil.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respons siswa terhadap pembelajaran Inkuiri Digital Pribadi (PDI) yang terintegrasi dengan Proyek Sains Warga (CSP) pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei.Sebanyak 42 responden berpartisipasi dalam penelitian ini.Kuesioner berisi pernyataan tentang pelaksanaan pembelajaran menggunakan enam indikator, yang dirangkum menjadi 34 pernyataan menggunakan skala Likert.Hasil menunjukkan skor 79,73, yang dianggap baik.Siswa merasa antusias dan senang berpartisipasi dalam pembelajaran, mendapatkan pengalaman baru berinteraksi dengan ilmuwan dan masyarakat sekitar, meningkatkan kedekatan dengan guru dan teman sebaya, serta meningkatkan kesadaran untuk mempertahankan keanekaragaman hayati dengan memanfaatkan media sosial.Skor respons siswa sebesar 79,73% termasuk kategori baik, menunjukkan bahwa pembelajaran PDI terintegrasi CSP efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan minat siswa.Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana pengalaman belajar PDI-CSP pada materi keanekaragaman hayati dapat dipertahankan dan diperluas ke kelas lain atau sekolah berbeda, apakah siswa yang sudah terlibat dalam proyek ini terus mempraktikkan perilaku konservasi di lingkungan sehari-hari setelah pembelajaran selesai, dan bagaimana pengaruh keterlibatan orang tua atau komunitas lokal dalam proses pengumpulan data dan publikasi hasil proyek terhadap keberlanjutan kesadaran lingkungan siswa.Dengan memperpanjang durasi proyek dan melibatkan lebih banyak pihak, penelitian ini bisa mengukur dampak jangka panjang dari pembelajaran berbasis sains warga, bukan hanya respons jangka pendek, serta mengidentifikasi faktor-faktor sosial atau teknis yang mendukung atau menghambat partisipasi berkelanjutan.Selain itu, perlu dikaji apakah model ini dapat diterapkan pada materi biologi lain seperti ekosistem atau konservasi satwa liar, dan bagaimana modifikasi platform media sosial atau alat digital bisa meningkatkan kualitas data dan keterlibatan siswa dari berbagai latar belakang sosial-ekonomi.Dengan demikian, penelitian selanjutnya tidak hanya fokus pada efektivitas metode, tetapi juga pada transformasi perilaku dan keterlibatan komunitas yang berkelanjutan.Pembelajaran PDI-CSP memberikan pengalaman bermakna yang mengintegrasikan teknologi, kolaborasi, dan literasi digital, sehingga dapat menjadi alternatif inovatif dalam pengajaran biologi di sekolah menengah.Penelitian ini dipermasalahkan oleh penurunan keanekaragaman hayati.oleh karena itu, keterlibatan semua pihak, termasuk siswa, diperlukan untuk membantu menyelamatkan keanekaragaman hayati.Salah satu caranya adalah menerapkan pembelajaran bermakna dengan memanfaatkan kedekatan siswa terhadap gadget melalui penerapan proyek sains warga yang terintegrasi dengan pembelajaran Inkuiri Digital Pribadi (PDI) di kelas, yang melibatkan para ahli dalam proyek konservasi keanekaragaman hayati dalam bentuk herbarium digital yang diunggah di Instagram.Respons siswa penting sebagai acuan sejauh mana pembelajaran PDI yang terintegrasi dengan CSP berhasil.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respons siswa terhadap pembelajaran Inkuiri Digital Pribadi (PDI) yang terintegrasi dengan Proyek Sains Warga (CSP) pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei.Sebanyak 42 responden berpartisipasi dalam penelitian ini.Kuesioner berisi pernyataan tentang pelaksanaan pembelajaran menggunakan enam indikator, yang dirangkum menjadi 34 pernyataan menggunakan skala Likert.Hasil menunjukkan skor 79,73, yang dianggap baik.Siswa merasa antusias dan senang berpartisipasi dalam pembelajaran, mendapatkan pengalaman baru berinteraksi dengan ilmuwan dan masyarakat sekitar, meningkatkan kedekatan dengan guru dan teman sebaya, serta meningkatkan kesadaran untuk mempertahankan keanekaragaman hayati dengan memanfaatkan media sosial.
Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana pengalaman belajar PDI-CSP pada materi keanekaragaman hayati dapat dipertahankan dan diperluas ke kelas lain atau sekolah berbeda, apakah siswa yang sudah terlibat dalam proyek ini terus mempraktikkan perilaku konservasi di lingkungan sehari-hari setelah pembelajaran selesai, dan bagaimana pengaruh keterlibatan orang tua atau komunitas lokal dalam proses pengumpulan data dan publikasi hasil proyek terhadap keberlanjutan kesadaran lingkungan siswa. Dengan memperpanjang durasi proyek dan melibatkan lebih banyak pihak, penelitian ini bisa mengukur dampak jangka panjang dari pembelajaran berbasis sains warga, bukan hanya respons jangka pendek, serta mengidentifikasi faktor-faktor sosial atau teknis yang mendukung atau menghambat partisipasi berkelanjutan. Selain itu, perlu dikaji apakah model ini dapat diterapkan pada materi biologi lain seperti ekosistem atau konservasi satwa liar, dan bagaimana modifikasi platform media sosial atau alat digital bisa meningkatkan kualitas data dan keterlibatan siswa dari berbagai latar belakang sosial-ekonomi. Dengan demikian, penelitian selanjutnya tidak hanya fokus pada efektivitas metode, tetapi juga pada transformasi perilaku dan keterlibatan komunitas yang berkelanjutan.
- The Effectiveness of Guided Inquiry Strategy on Students’ Collaborative Skill | Journal... doi.org/10.15294/jbe.v7i2.24278The Effectiveness of Guided Inquiry Strategy on StudentsyCE Collaborative Skill Journal doi 10 15294 jbe v7i2 24278
- Contributions from citizen science to science education: an examination of a biodiversity citizen science... doi.org/10.1080/09500693.2018.1520405Contributions from citizen science to science education an examination of a biodiversity citizen science doi 10 1080 09500693 2018 1520405
- Biodiversity Literacy Level of Public Administration Students in a Higher Education Institution | Lubos... asianscientificjournals.com/new/publication/index.php/ajob/article/view/1544Biodiversity Literacy Level of Public Administration Students in a Higher Education Institution Lubos asianscientificjournals new publication index php ajob article view 1544
- CITIZEN SCIENCE PROJECT DESIGN FOR ECOLOGY COURSE: REDUCING POLLUTION CAUSED BY GOLD MINING | Jurnal... online-journal.unja.ac.id/JIITUJ/article/view/32348CITIZEN SCIENCE PROJECT DESIGN FOR ECOLOGY COURSE REDUCING POLLUTION CAUSED BY GOLD MINING Jurnal online journal unja ac JIITUJ article view 32348
- From Curiosity to Deep Learning | Personal Digital Inquiry in Grades K. curiosity deep learning personal... doi.org/10.4324/9781032681146From Curiosity to Deep Learning Personal Digital Inquiry in Grades K curiosity deep learning personal doi 10 4324 9781032681146
| File size | 448.74 KB |
| Pages | 14 |
| Short Link | https://juris.id/p-m7 |
| DMCA | Report |
Related /
POLTEKPELSULUTPOLTEKPELSULUT Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pemasalahan dalam penerapan sistem manajemen mutu yakni peningkatan jumlah pelayanan namun belum menjamin kepuasanHasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pemasalahan dalam penerapan sistem manajemen mutu yakni peningkatan jumlah pelayanan namun belum menjamin kepuasan
POLTEKPELSULUTPOLTEKPELSULUT Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif dan inferensial. Pada analisis deskriptif rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang diajarkanData yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif dan inferensial. Pada analisis deskriptif rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang diajarkan
POLTEKPELSULUTPOLTEKPELSULUT Penelitian ini melibatkan 60 partisipan taruna dan taruni di Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara yang mengambil jurusan Nautika dan Permesinan Kapal danPenelitian ini melibatkan 60 partisipan taruna dan taruni di Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara yang mengambil jurusan Nautika dan Permesinan Kapal dan
POLTEKPELSULUTPOLTEKPELSULUT Bidang perhubungan merupakan sektor industri yang sangat komplek dengan berbagai jenis kompetensi yang dibutuhkan. Perhubungan tidak sekedar transportasi,Bidang perhubungan merupakan sektor industri yang sangat komplek dengan berbagai jenis kompetensi yang dibutuhkan. Perhubungan tidak sekedar transportasi,
POLTEKPELSULUTPOLTEKPELSULUT Artikel ini ditulis menggunakan desain penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data dari observasi referensi dari beberapa sumber, yang kemudian dibahasArtikel ini ditulis menggunakan desain penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data dari observasi referensi dari beberapa sumber, yang kemudian dibahas
POLTEKPELSULUTPOLTEKPELSULUT Perangkat keras diimplementasikan dengan kombinasi gerbang- gerbang logika yang ada pada IC 4011 dan IC 1439 Setelah uji coba dan dilakukan pengamatan,Perangkat keras diimplementasikan dengan kombinasi gerbang- gerbang logika yang ada pada IC 4011 dan IC 1439 Setelah uji coba dan dilakukan pengamatan,
POLTEKPELSULUTPOLTEKPELSULUT Pipa evaporator tertutup bunga es karena pintu sering dibuka, menghambat penyerapan panas. Ketidakcukupan spare parts disebabkan pencatatan dan pengajuanPipa evaporator tertutup bunga es karena pintu sering dibuka, menghambat penyerapan panas. Ketidakcukupan spare parts disebabkan pencatatan dan pengajuan
UNISLAUNISLA Subjek penelitian adalah siswa kelas delapan SMP An-Nur Watukosek. Data dikumpulkan melalui tes awal, tes akhir setiap siklus, kuesioner, dan wawancara.Subjek penelitian adalah siswa kelas delapan SMP An-Nur Watukosek. Data dikumpulkan melalui tes awal, tes akhir setiap siklus, kuesioner, dan wawancara.
Useful /
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Ini menegaskan gagasan bahwa kesadaran AI bukanlah konstruksi yang terisolasi tetapi erat terkait dengan kemampuan pendidik untuk beroperasi secara efektifIni menegaskan gagasan bahwa kesadaran AI bukanlah konstruksi yang terisolasi tetapi erat terkait dengan kemampuan pendidik untuk beroperasi secara efektif
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Penerapan teknologi pembelajaran mesin dalam pendidikan musik etnis di sepanjang Inisiatif Sabuk dan Jalan menunjukkan bahwa penyempurnaan algoritma danPenerapan teknologi pembelajaran mesin dalam pendidikan musik etnis di sepanjang Inisiatif Sabuk dan Jalan menunjukkan bahwa penyempurnaan algoritma dan
UNISLAUNISLA Dua dari tiga lagu yang dianalisis, yaitu “Medicine dan “In the Dark, paling banyak menggunakan metafora dead dan simile. Disimpulkan bahwa makna ketigaDua dari tiga lagu yang dianalisis, yaitu “Medicine dan “In the Dark, paling banyak menggunakan metafora dead dan simile. Disimpulkan bahwa makna ketiga
UNISLAUNISLA Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah transkripsi, klasifikasi, dan analisis. Sumber data adalah film Life, Animated. PenelitianTeknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah transkripsi, klasifikasi, dan analisis. Sumber data adalah film Life, Animated. Penelitian