UNMUNM
International Journal of Language EducationInternational Journal of Language EducationBerbagai siswa sekolah dasar tidak menikmati belajar Bahasa Inggris karena pendekatan pengajaran yang tidak efektif yang membatasi pembelajaran mandiri. Meskipun teknologi digital menawarkan solusi potensial, pemanfaatannya di bidang pendidikan menghadapi tantangan seperti informasi hoaks dan rendahnya ketahanan digital siswa. Penelitian ini menyelidiki tingkat inovasi digital dan ketahanan digital saat ini di kalangan siswa sekolah dasar serta mengeksplorasi strategi untuk meningkatkan keterampilan tersebut. Desain metode campuran bersamaan (concurrent embedded mixed‑methods) digunakan, melibatkan 120 siswa kelas lima dan guru dari sekolah dasar di seluruh Bali yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis secara kuantitatif maupun kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa inovasi dan ketahanan digital siswa tetap rendah, dan kegiatan belajar yang ada tidak secara signifikan meningkatkan kompetensi ini. Namun, guru mendukung upaya untuk memupuk keterampilan tersebut. Untuk mengatasi kesenjangan ini, penelitian mengusulkan pengembangan Sistem Adaptif Mobile Learning (SSAML) yang menggabungkan gamifikasi dan filosofi Tri Kaya Parisudha—kerangka budaya Bali yang menekankan pikiran baik, ucapan, dan tindakan. Model pembelajaran digital berlandaskan budaya ini dirancang untuk memberikan umpan balik efektif, meningkatkan motivasi siswa, dan mempromosikan inovasi serta ketahanan digital dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Analisis menunjukkan bahwa siswa sekolah dasar memiliki tingkat inovasi dan ketahanan digital yang rendah.Meskipun guru umumnya mendukung pengembangan keterampilan tersebut, kegiatan belajar yang ada tidak secara signifikan meningkatkan kompetensi digital siswa.Hal ini menyoroti kebutuhan akan intervensi pembelajaran yang lebih efektif dan menarik.Sebagai solusi yang diusulkan, penelitian ini merekomendasikan pengembangan Sistem Adaptif Mobile Learning (SSAML) yang mengintegrasikan prinsip gamifikasi dan filosofi Tri Kaya Parisudha.Pendekatan terintegrasi ini bertujuan menyediakan umpan balik terarah, meningkatkan intensitas serta keterlibatan belajar, dan memperkuat inovasi serta ketahanan digital dalam pembelajaran Bahasa Inggris.Penelitian selanjutnya harus mengeksplorasi implementasi dan efektivitas SSAML di lingkungan kelas nyata, serta fleksibilitasnya pada berbagai konteks pendidikan.
Penelitian berikutnya dapat difokuskan pada (1) evaluasi efektivitas SSAML di lingkungan kelas nyata di berbagai wilayah di Indonesia, membandingkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang menggunakan SSAML dengan penggunaan platform mobile learning konvensional; (2) pemantauan longitudinal selama satu tahun ajaran untuk menilai dampak jangka panjang penggunaan SSAML terhadap inovasi digital dan ketahanan digital siswa, termasuk pengukuran perkembangan kognitif dan afektif; (3) pengkajian persepsi guru dan siswa mengenai integrasi nilai‑nilai Tri Kaya Parisudha dalam elemen gamifikasi, serta analisis hubungan antara skor karakter dan peningkatan kompetensi digital. Pendekatan ketiga ini akan memperluas cakupan penelitian yang sudah ada, mengisi kekosongan dalam praktik implementasi, dan menilai kontribusi budaya dalam pembelajaran digital baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
- PENGARUH PEMBELAJARAN LITERASI DIGITAL PADA KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI CALON GURU... jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/1948PENGARUH PEMBELAJARAN LITERASI DIGITAL PADA KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI CALON GURU jurnaldikbud kemdikbud go index php jpnk article view 1948
- EFL teachers’ beliefs and practices about digital learning of English | Nugroho |... doi.org/10.30659/e.5.2.304-321EFL teachersyCE beliefs and practices about digital learning of English Nugroho doi 10 30659 e 5 2 304 321
- Do You Want Your Students to Be Job-Ready with 21st Century Skills? Change Pedagogies: A Pedagogical... doi.org/10.5430/ijhe.v3n3p81Do You Want Your Students to Be Job Ready with 21st Century Skills Change Pedagogies A Pedagogical doi 10 5430 ijhe v3n3p81
- PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DAN WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU-GURU SDIT AL-KAHFI... journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/4112PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DAN WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU GURU SDIT AL KAHFI journal ummat ac index php jpmb article view 4112
| File size | 565.7 KB |
| Pages | 23 |
| DMCA | Report |
Related /
UNMUNM Siswa tertarik pada AI karena manfaatnya meliputi peningkatan kualitas tulisan, efisiensi waktu, dan peningkatan belajar melalui umpan balik. PersepsiSiswa tertarik pada AI karena manfaatnya meliputi peningkatan kualitas tulisan, efisiensi waktu, dan peningkatan belajar melalui umpan balik. Persepsi
UNUSAUNUSA Hasil menunjukkan bahwa kelompok L. casei dapat menghasilkan eksopolisakarida, serta memiliki kandungan gula total eksopolisakarida yang tinggi. LactobacillusHasil menunjukkan bahwa kelompok L. casei dapat menghasilkan eksopolisakarida, serta memiliki kandungan gula total eksopolisakarida yang tinggi. Lactobacillus
UNUSAUNUSA Parameter SGOT pada suhu freezer (-2 hingga -4°C) menunjukkan bahwa waktu penyimpanan berpengaruh sebesar 90,97% dengan komponen kesalahan sebesar 9,03%.Parameter SGOT pada suhu freezer (-2 hingga -4°C) menunjukkan bahwa waktu penyimpanan berpengaruh sebesar 90,97% dengan komponen kesalahan sebesar 9,03%.
UNHASUNHAS Sementara itu, desentralisasi yang mengarah ke sistem federal memiliki efek positif dan negatif terhadap pelaksanaan fungsi dan tujuan negara, sebagaimanaSementara itu, desentralisasi yang mengarah ke sistem federal memiliki efek positif dan negatif terhadap pelaksanaan fungsi dan tujuan negara, sebagaimana
UNHASUNHAS Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian normatif-hukum di mana berbagai instrumen hukum dan bahan hukum sekunder lainnya dianalisisPenelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian normatif-hukum di mana berbagai instrumen hukum dan bahan hukum sekunder lainnya dianalisis
UNHASUNHAS Pengembangan AI membuka masalah hukum yang kompleks, termasuk diskriminasi gender. Peran Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam melindungi kesetaraan genderPengembangan AI membuka masalah hukum yang kompleks, termasuk diskriminasi gender. Peran Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam melindungi kesetaraan gender
UNHASUNHAS Berdasarkan karya-karya ilmiah dari para cendekiawan terkemuka, beberapa perbaikan terhadap CICC telah dimasukkan dalam penelitian ini. Penulis juga menyediakanBerdasarkan karya-karya ilmiah dari para cendekiawan terkemuka, beberapa perbaikan terhadap CICC telah dimasukkan dalam penelitian ini. Penulis juga menyediakan
UNMUNM Penelitian ini merekomendasikan investigasi lebih dalam di lingkungan multibudaya dengan pendekatan longitudinal. Implementasi kebijakan bahasa bilingualPenelitian ini merekomendasikan investigasi lebih dalam di lingkungan multibudaya dengan pendekatan longitudinal. Implementasi kebijakan bahasa bilingual
Useful /
UNUSAUNUSA Tikus dibagi secara acak menjadi enam kelompok, masing-masing berisi lima ekor. Kelompok 1 terdiri dari tikus normal (N) dan kelompok 2, tikus T2DM, yangTikus dibagi secara acak menjadi enam kelompok, masing-masing berisi lima ekor. Kelompok 1 terdiri dari tikus normal (N) dan kelompok 2, tikus T2DM, yang
UNUSAUNUSA Mansyoer Mohammad Dunda Limboto Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengambilan sampel accidental. Sampel dalam penelitianMansyoer Mohammad Dunda Limboto Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengambilan sampel accidental. Sampel dalam penelitian
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan materi ajar dalam bentuk buku teks; oleh karena itu, penelitian ini dilakukan selama tiga tahun. TahunTujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan materi ajar dalam bentuk buku teks; oleh karena itu, penelitian ini dilakukan selama tiga tahun. Tahun
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Lembaga pendidikan berperan penting dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun, tantangan abad 21 yang menuntut kualitas layanan pendidikanLembaga pendidikan berperan penting dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun, tantangan abad 21 yang menuntut kualitas layanan pendidikan