UNMUNM

International Journal of Language EducationInternational Journal of Language Education

Penelitian ini menganalisis persepsi mahasiswa tentang kelas terbalik. Studi ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif dan dilakukan di Universitas Muhammadiyah Sorong dengan 20 partisipan. Temuan penelitian menunjukkan tiga pola penting yang muncul dari data, yaitu pendekatan belajar terstruktur, menciptakan suasana yang menyenangkan, dan mengembangkan kegiatan belajar mandiri.

Penelitian ini menegaskan efektivitas kelas terbalik sebagai model pembelajaran terstruktur dan berpusat pada siswa.Dengan memindahkan pengembangan pengetahuan ke aktivitas sebelum kelas dan mendedikasikan waktu kelas untuk diskusi interaktif, pendekatan ini mendorong keterlibatan yang lebih dalam dan berpikir kritis.Integrasi prosedur yang jelas dan urutan belajar terstruktur memungkinkan siswa untuk bernavigasi dalam proses belajar lebih efektif, mempromosikan otonomi dan partisipasi aktif.

Penelitian ini menyarankan bahwa kelas terbalik dapat menjadi sebuah model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas kelas terbalik dalam berbagai konteks pendidikan. Selain itu, penelitian ini juga menyarankan bahwa guru perlu mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi siswa dalam merancang kelas terbalik, serta memastikan bahwa prosedur dan urutan belajar yang jelas dan terstruktur dapat membantu siswa untuk bernavigasi dalam proses belajar dengan lebih efektif.

  1. Multimedia-Assisted Learning in a Flipped Classroom: A Case Study of Autonomous Learning on EFL University... doi.org/10.3991/ijet.v15i24.14017Multimedia Assisted Learning in a Flipped Classroom A Case Study of Autonomous Learning on EFL University doi 10 3991 ijet v15i24 14017
  2. Research Gap on Differentiated Learning in The EFL Classroom: A Conceptual Framework | Journal of Language... doi.org/10.71194/jlla.v2i1.108Research Gap on Differentiated Learning in The EFL Classroom A Conceptual Framework Journal of Language doi 10 71194 jlla v2i1 108
  3. 0. scitepress publication details doi.org/10.5220/00090191022602360 scitepress publication details doi 10 5220 0009019102260236
Read online
File size378.55 KB
Pages19
DMCAReport

Related /

ads-block-test