EDUPEDEDUPED
Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and AbilityPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MAN Kota Pariaman Sumatera Barat untuk mata pelajaran Matematika, dengan subjek penelitian pada Program Ilmu Alam kelas XI.IA.2 tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 33 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini diharapkan dapat memecahkan masalah yang dihadapi guru, yaitu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI.IA.2 MAN Kota Pariaman dari 21% pada tahap awal menjadi 36% pada Siklus I dan 73% pada Siklus II.
Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI.Peningkatan ini terlihat dari indikator kemampuan siswa dalam memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, menyelesaikan perhitungan, dan menyimpulkan jawaban.Dengan demikian, model pembelajaran ini efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran untuk penelitian lanjutan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap aspek afektif siswa, seperti motivasi dan kepercayaan diri dalam belajar matematika. Kedua, penelitian selanjutnya dapat mengkaji efektivitas model ini pada tingkat pendidikan yang berbeda, misalnya pada siswa SMP atau SMA, untuk mengetahui apakah hasilnya konsisten. Ketiga, penelitian dapat diperluas dengan membandingkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan model pembelajaran kooperatif lainnya, seperti jigsaw atau STAD, untuk mengidentifikasi model mana yang paling efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih komprehensif dalam pengembangan model pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif, serta meningkatkan kualitas pendidikan matematika secara keseluruhan.
| File size | 583.53 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
EDUPEDEDUPED Pernikahan dini berdampak pada putus sekolah dan menimbulkan pengaruh negatif bagi lingkungan dan teman sebaya. Pendidikan orang tua yang rendah berkorelasiPernikahan dini berdampak pada putus sekolah dan menimbulkan pengaruh negatif bagi lingkungan dan teman sebaya. Pendidikan orang tua yang rendah berkorelasi
EDUPEDEDUPED Instrumen yang digunakan adalah (1) Lembar pengamatan berupa lembar pengamatan terfokus, (2) Tes hasil belajar ekonomi dari hasil belajar siswa. HasilInstrumen yang digunakan adalah (1) Lembar pengamatan berupa lembar pengamatan terfokus, (2) Tes hasil belajar ekonomi dari hasil belajar siswa. Hasil
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Uji validitas angket dan uji dianalisis dengan menggunakan Product Moment dan Point Biserial. Uji reliabilitas angket dan tes yang digunakan Alpha CronbachUji validitas angket dan uji dianalisis dengan menggunakan Product Moment dan Point Biserial. Uji reliabilitas angket dan tes yang digunakan Alpha Cronbach
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep yang disajikan dalam materi ini. Guru harus mampu merancang kegiatan pembelajaran yang berorientasiHal ini menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep yang disajikan dalam materi ini. Guru harus mampu merancang kegiatan pembelajaran yang berorientasi
Useful /
IBNTEGALIBNTEGAL Iqra terambil dari akar kata yang berarti “menghimpun, dari menghimpun lahir aneka ragam makna, seperti menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti,Iqra terambil dari akar kata yang berarti “menghimpun, dari menghimpun lahir aneka ragam makna, seperti menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti,
EDUPEDEDUPED Analisis data yang digunakan meliputi uji kesetimbangan, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji komparasi. Berdasarkan hasil penelitianAnalisis data yang digunakan meliputi uji kesetimbangan, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji komparasi. Berdasarkan hasil penelitian
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, pembelajaran daring ini berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa karena mahasiswa menjadi mudahBerdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, pembelajaran daring ini berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa karena mahasiswa menjadi mudah
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Siswa semakin percaya diri dalam praktik langsung. Penelitian ini berhasil meningkatkan minat belajar bahasa Inggris sekaligus memberi bekal keterampilanSiswa semakin percaya diri dalam praktik langsung. Penelitian ini berhasil meningkatkan minat belajar bahasa Inggris sekaligus memberi bekal keterampilan