LAAROIBALAAROIBA
Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba JournalReslaj : Religion Education Social Laa Roiba JournalBerdasarkan observasi penulis pada siswa kelas IX MTs Al-Irsyadiyah Kabupaten Bogor. Sebagian siswa masih mengalami kesulitan untuk aktif dalam materi yang kurang mereka pahami dan kurang mampu mengeluarkan pendapatnya pada saat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Inovatif dalam mata pelajaran SKI dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Inovatif terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran SKI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian lapangan untuk memperoleh atau mengumpulkan informasi mengenai pengaruh pembelajaran terhadap kreativitas siswa kelas IX di MTs Al-Irsyadiyah Kabupaten Bogor. Kemudian dilakukan uji regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS 22 untuk mengetahui hasil signifikansi pengaruh pembelajaran inovatif terhadap kreativitas siswa kelas IX di MTs Al-Irsyadiyah Bogor dengan uji T. Jika T hitung dengan taraf signifikansi 0,05% dengan derajat bebas (df) = N-2 (38-2) = 36, diperoleh Thitung = 2,707 > Ttabel 1,688. Karena Thitung > Ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh pembelajaran inovatif terhadap kreativitas siswa kelas IX di MTs Al-Irsyadiyah Kabupaten Bogor.
Pelaksanaan pembelajaran inovatif pada mata pelajaran SKI kelas IX MTs Al-Irsyadiyah terbukti berjalan baik, meskipun sebagian siswa masih kurang aktif dan kurang mampu mengemukakan pendapatnya.Analisis data menunjukkan bahwa variabel pembelajaran inovatif memberikan kontribusi sebesar 24,82% terhadap kreativitas siswa, dengan nilai signifikansi (Thitung = 2,707 > Ttabel) yang signifikan.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inovatif berpengaruh positif terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran SKI.
Penelitian selanjutnya dapat meneliti efek jangka panjang penerapan pembelajaran inovatif terhadap kreativitas siswa dengan desain studi longitudinal, sehingga dapat mengidentifikasi perubahan kemampuan kreatif selama beberapa semester. Selain itu, studi komparatif antara berbagai model pembelajaran inovatif, seperti pembelajaran berbasis proyek versus pembelajaran berbasis permainan, dapat mengungkap strategi mana yang paling efektif dalam meningkatkan kreativitas pada mata pelajaran SKI. Selanjutnya, penelitian dapat mengeksplorasi peran media digital interaktif sebagai pendukung pembelajaran inovatif, dengan menguji apakah integrasi teknologi meningkatkan partisipasi siswa dan memperluas peluang ekspresi kreatif di kelas.
| File size | 223.71 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
LAAROIBALAAROIBA Hal ini dikarenakan The Fed mempertahankan suku bunganya dalam jangka waktu yang lama meskipun kondisi perekonomian Amerika Serikat telah berangsur pulih.Hal ini dikarenakan The Fed mempertahankan suku bunganya dalam jangka waktu yang lama meskipun kondisi perekonomian Amerika Serikat telah berangsur pulih.
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Data motivasi belajar dikumpulkan dengan angket dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes objektif. Uji validitas angket dan uji dianalisis denganData motivasi belajar dikumpulkan dengan angket dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes objektif. Uji validitas angket dan uji dianalisis dengan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Peningkatan keterampilan proses sains ini secara positif memengaruhi keterampilan kognitif siswa, yang berujung pada pemahaman konsep dan hasil belajarPeningkatan keterampilan proses sains ini secara positif memengaruhi keterampilan kognitif siswa, yang berujung pada pemahaman konsep dan hasil belajar
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkan
Useful /
LAAROIBALAAROIBA Variabel Harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pakaian bekas impor, sedangkan variabel Pengetahuan Produk dan Kualitas ProdukVariabel Harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pakaian bekas impor, sedangkan variabel Pengetahuan Produk dan Kualitas Produk
IBNTEGALIBNTEGAL Ilmu dapat meningkatkan keimanan seseorang, karena selain membuktikan kebenaran al-Quran tentang fenomena alamiah yang ilmiah, juga dapat menjadikan karakterIlmu dapat meningkatkan keimanan seseorang, karena selain membuktikan kebenaran al-Quran tentang fenomena alamiah yang ilmiah, juga dapat menjadikan karakter
IJAINIJAIN This study aimed to compare the accuracy of two algorithms, hierarchical cluster and K-Means cluster, using ACFs distance for clustering stationary andThis study aimed to compare the accuracy of two algorithms, hierarchical cluster and K-Means cluster, using ACFs distance for clustering stationary and
IJAINIJAIN Penelitian ini menunjukkan bahwa metode CWT lebih baik daripada metode STFT dalam menganalisis sinyal musik Gong Timor.metode CWT memiliki tingkat akurasiPenelitian ini menunjukkan bahwa metode CWT lebih baik daripada metode STFT dalam menganalisis sinyal musik Gong Timor.metode CWT memiliki tingkat akurasi