CAHAYA ICCAHAYA IC
Integrated Science Education JournalIntegrated Science Education JournalTujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi integrasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Berkelanjutan Hijau (GSST) dalam pembelajaran STEM guna meningkatkan literasi lingkungan hidup siswa sekolah menengah melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Metodologi yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara mendalam dengan guru dan pejabat sekolah, serta analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa guru berhasil mengintegrasikan GSST ke dalam pembelajaran STEM melalui kegiatan proyek, seperti merancang perangkat hemat energi menggunakan bahan daur ulang. Siswa menunjukkan antusiasme tinggi, pengalaman belajar yang bermakna, serta meningkatnya kesadaran terhadap perlindungan lingkungan. Kebijakan dan fasilitas sekolah yang mendukung juga memperkuat pemahaman konseptual, literasi lingkungan, dan sikap positif siswa terhadap keberlanjutan.
Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Berkelanjutan Hijau (GSST) ke dalam pembelajaran STEM melalui pendekatan berbasis proyek terbukti meningkatkan literasi lingkungan siswa secara menyeluruh, meliputi pengetahuan, kesadaran, keterampilan berpikir kritis, dan tindakan nyata.Pendekatan ini memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.Dukungan sekolah dalam bentuk kebijakan dan fasilitas memperkuat keberhasilan implementasi integrasi GSST dalam pembelajaran STEM serta membangun budaya sekolah yang peduli lingkungan.
Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk mengeksplorasi bagaimana model pembelajaran GSST-STEM ini dapat diadaptasi ke sekolah-sekolah dengan sumber daya terbatas, sehingga memastikan efektivitas dan keterjangkauannya dalam berbagai konteks pendidikan. Selain itu, penelitian selanjutnya juga bisa mengevaluasi dampak jangka panjang dari integrasi GSST terhadap perilaku berkelanjutan siswa setelah mereka lulus dari sekolah, untuk memahami daya tahan pembentukan karakter lingkungan. Kemudian, disarankan juga untuk menguji efektivitas pendekatan ini terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa melalui studi komparatif di berbagai tingkat pendidikan, seperti sekolah dasar dan menengah atas, untuk memperluas pemahaman mengenai perkembangan literasi lingkungan secara bertahap.
| File size | 331.76 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | Report |
Related /
UNAIUNAI Penelitian kuantitatif dilakukan untuk menggambarkan sifat kepribadian, atribusi kausal, dan struktur hubungan siswa sekolah menengah dengan menggunakanPenelitian kuantitatif dilakukan untuk menggambarkan sifat kepribadian, atribusi kausal, dan struktur hubungan siswa sekolah menengah dengan menggunakan
OJSOJS Para pendidik memainkan peran penting dalam memajukan literasi digital siswa mereka, yang mengharuskan mereka memiliki keterampilan digital yang memadai.Para pendidik memainkan peran penting dalam memajukan literasi digital siswa mereka, yang mengharuskan mereka memiliki keterampilan digital yang memadai.
UNAIUNAI Bagi pendidik, menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung yang mendorong harga diri dan mengatasi kecemasan sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraanBagi pendidik, menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung yang mendorong harga diri dan mengatasi kecemasan sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan
KJPUPIKJPUPI Studi ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol diberikan instruksi matematika konvensionalStudi ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol diberikan instruksi matematika konvensional
OJSOJS Hasil menunjukkan pojok baca berperan sebagai fasilitator tempat membaca, bahan bacaan terdekat, tempat nyaman, serta tempat yang menarik perhatian; keempatHasil menunjukkan pojok baca berperan sebagai fasilitator tempat membaca, bahan bacaan terdekat, tempat nyaman, serta tempat yang menarik perhatian; keempat
OJSOJS Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dikategorikan menjadi sangat baik (10%), baik (15%), cukup (15%), rendah (25%), dan sangat rendah (35%). DapatKemampuan pemahaman konsep matematis siswa dikategorikan menjadi sangat baik (10%), baik (15%), cukup (15%), rendah (25%), dan sangat rendah (35%). Dapat
IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI Selain itu, kuesioner menunjukkan bahwa siswa lebih memilih kondisi kelas yang memicu trauma matematika. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan bahwa siswaSelain itu, kuesioner menunjukkan bahwa siswa lebih memilih kondisi kelas yang memicu trauma matematika. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan bahwa siswa
UNIVMEDUNIVMED Hasil: Secara keseluruhan, perawat memiliki pengetahuan yang baik mengenai penahanan fisik serta sikap positif, namun praktik penahanan fisik masih belumHasil: Secara keseluruhan, perawat memiliki pengetahuan yang baik mengenai penahanan fisik serta sikap positif, namun praktik penahanan fisik masih belum
Useful /
CAHAYA ICCAHAYA IC Lari menghasilkan daya tertinggi (42,56 mW pada konfigurasi paralel). Penelitian ini menawarkan prototipe portabel yang memanfaatkan sensor piezoelektrikLari menghasilkan daya tertinggi (42,56 mW pada konfigurasi paralel). Penelitian ini menawarkan prototipe portabel yang memanfaatkan sensor piezoelektrik
CAHAYA ICCAHAYA IC Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kombinasi optimal dari konsentrasi pupuk organik cair kipahit dan AB Mix untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksiPenelitian ini bertujuan untuk menentukan kombinasi optimal dari konsentrasi pupuk organik cair kipahit dan AB Mix untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi
CAHAYA ICCAHAYA IC Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan manufaktur hijau dalam lingkungan usaha kecil dan menengah (UKM) batik dengan mengembangkan teknologi bersih.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan manufaktur hijau dalam lingkungan usaha kecil dan menengah (UKM) batik dengan mengembangkan teknologi bersih.
UMMUMM Faktor hukum dan struktural hanya melibatkan trustee dan hakim pengawas sehingga mengabaikan perlindungan hak pekerja. Terakhir, budaya hukum yang lemahFaktor hukum dan struktural hanya melibatkan trustee dan hakim pengawas sehingga mengabaikan perlindungan hak pekerja. Terakhir, budaya hukum yang lemah