MAHADEWAMAHADEWA
Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Studi ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen untuk menilai pemahaman konseptual dosen tentang penulisan artikel ilmiah menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Instrumen ini dirancang untuk mengevaluasi pemahaman dosen tentang aspek-aspek kunci penulisan ilmiah, termasuk struktur, metodologi, etika publikasi, dan penggunaan bahasa akademik. Mengadopsi pendekatan penelitian dan pengembangan, studi ini melibatkan validasi ahli dan pengujian empiris dengan 275 responden dari berbagai wilayah di Indonesia. Temuan menunjukkan bahwa instrumen tersebut menunjukkan validitas konten yang tinggi, dengan rata-rata Indeks Validitas Konten Skala (S-CVI/Ave) sebesar 0,968, dan reliabilitas internal yang kuat, seperti yang dibuktikan oleh nilai Cronbachs Alpha sebesar 0,852. Analisis korelasi item-total mengonfirmasi validitas semua item, dengan nilai Korelasi Item-Total yang Diperbaiki melebihi 0,3044. Instrumen ini berfungsi baik sebagai alat evaluasi untuk menilai keterampilan penulisan ilmiah dosen maupun sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kompetensi mereka. Studi ini menyimpulkan bahwa instrumen ini merupakan pengukur pemahaman konseptual dosen tentang penulisan artikel ilmiah yang valid dan dapat diandalkan. Implikasinya menunjukkan potensinya sebagai sumber daya penting dalam program pelatihan dan pengembangan profesional bagi dosen di institusi pendidikan tinggi.
Studi ini berhasil membuktikan bahwa hipotesis awal mengenai pentingnya pengembangan instrumen yang valid dan reliabel dalam penulisan artikel ilmiah dapat diterima.Melalui penerapan model ADDIE, instrumen yang dikembangkan mampu mengukur dengan akurat kemampuan dosen dalam memahami konsep penulisan artikel ilmiah.Belum ada instrumen yang sebanding sebelumnya, yang membuktikan pentingnya memahami struktur, metodologi, dan etika publikasi dalam penulisan artikel ilmiah.Hasil penelitian ini membuka peluang baru untuk penggunaan instrumen serupa dalam konteks pelatihan penulisan lainnya, termasuk bagi mahasiswa atau peneliti pemula.Selain itu, pelatihan berbasis instrumen yang valid dan reliabel dapat secara signifikan meningkatkan kualitas publikasi ilmiah.
Bagaimana konsep pemahaman yang telah dikembangkan dalam studi ini dapat diterapkan dalam konteks pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk mahasiswa? Penelitian ini menyarankan untuk mengeksplorasi efektivitas instrumen dalam meningkatkan pemahaman penulisan di tingkat pendidikan tinggi untuk mahasiswa dan bukan hanya bagi dosen. Selain itu, bagaimana instrumen ini dapat disesuaikan dan digunakan dalam konteks pelatihan berbasis online yang semakin berkembang saat ini juga merupakan area penelitian yang menarik untuk diteliti lebih lanjut. Adanya variasi metode pelatihan yang berbeda dapat memberikan gambaran yang lebih luas tentang penguatan keterampilan penulisan ilmiah di kalangan akademisi.
- A QUANTITATIVE APPROACH TO CONTENT VALIDITY1 - LAWSHE - 1975 - Personnel Psychology - Wiley Online Library.... onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1744-6570.1975.tb01393.xA QUANTITATIVE APPROACH TO CONTENT VALIDITY1 LAWSHE 1975 Personnel Psychology Wiley Online Library onlinelibrary wiley doi 10 1111 j 1744 6570 1975 tb01393 x
- Using local style when writing in English: the citing behaviour of Indonesian authors in English research... doi.org/10.1080/13488678.2017.1327835Using local style when writing in English the citing behaviour of Indonesian authors in English research doi 10 1080 13488678 2017 1327835
- A Cognitive Process Theory of Writing | ncte.org. cognitive process theory writing ncte skip content... publicationsncte.org/content/journals/10.58680/ccc198115885A Cognitive Process Theory of Writing ncte cognitive process theory writing ncte skip content publicationsncte content journals 10 58680 ccc198115885
- Pelatihan menulis artikel ilmiah jurnal terakreditasi Sinta dan terindeks Scopus dalam mengembangkan... journal.univetbantara.ac.id/index.php/educate/article/view/1797Pelatihan menulis artikel ilmiah jurnal terakreditasi Sinta dan terindeks Scopus dalam mengembangkan journal univetbantara ac index php educate article view 1797
| File size | 321.82 KB |
| Pages | 15 |
| DMCA | Report |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Kegiatan dilaksanakan melalui penyuluhan, demonstrasi, dan praktik langsung dengan pendekatan partisipatif berbasis pengembangan kapasitas masyarakat.Kegiatan dilaksanakan melalui penyuluhan, demonstrasi, dan praktik langsung dengan pendekatan partisipatif berbasis pengembangan kapasitas masyarakat.
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Hasil evaluasi menunjukkan adanya efektivitas program dalam meningkatkan pemahaman, persepsi manfaat serta kemudahan akses inklusi keuangan. Namun demikian,Hasil evaluasi menunjukkan adanya efektivitas program dalam meningkatkan pemahaman, persepsi manfaat serta kemudahan akses inklusi keuangan. Namun demikian,
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Metode yang digunakan adalah sosialisasi melalui ceramah dan diskusi yang menekankan tahapan produksi, peluang diversifikasi, serta tantangan dalam usaha.Metode yang digunakan adalah sosialisasi melalui ceramah dan diskusi yang menekankan tahapan produksi, peluang diversifikasi, serta tantangan dalam usaha.
MAHADEWAMAHADEWA The qualitative approach is conducted to complement the data collected using the quantitative approach. The qualitative analysis results can be summarizedThe qualitative approach is conducted to complement the data collected using the quantitative approach. The qualitative analysis results can be summarized
STITMUBASTITMUBA Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang melibatkan 60 guru PAI tingkat SMA/MA di Provinsi Jawa Timur.Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang melibatkan 60 guru PAI tingkat SMA/MA di Provinsi Jawa Timur.
UBUB Evaluasi menggunakan model Kirkpatrick menunjukkan peningkatan pemahaman peserta secara signifikan terhadap materi, yang didukung oleh lonjakan nilai rata-rataEvaluasi menggunakan model Kirkpatrick menunjukkan peningkatan pemahaman peserta secara signifikan terhadap materi, yang didukung oleh lonjakan nilai rata-rata
E SIBERE SIBER pertama, guru bimbingan dan konseling memainkan peran penting bagi generasi Z. Kedua, disiplin juga sangat berpengaruh terhadap generasi Z. Ketiga, gurupertama, guru bimbingan dan konseling memainkan peran penting bagi generasi Z. Kedua, disiplin juga sangat berpengaruh terhadap generasi Z. Ketiga, guru
E SIBERE SIBER Hasil studi menunjukkan: 1) kepemimpinan kepala sekolah berperan terhadap Generasi Z, 2) bimbingan konseling berperan terhadap Generasi Z, 3) kepemimpinanHasil studi menunjukkan: 1) kepemimpinan kepala sekolah berperan terhadap Generasi Z, 2) bimbingan konseling berperan terhadap Generasi Z, 3) kepemimpinan
Useful /
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Workshop edukasi tentang kafein dan infused water telah berhasil meningkatkan kesadaran mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo mengenaiWorkshop edukasi tentang kafein dan infused water telah berhasil meningkatkan kesadaran mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo mengenai
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Tim Pengabdian berinisiatif untuk membuat kegiatan Bazar bagi UMKM di Talang Padang Kabupaten Tanggamus dengan strategi pemberian stand bazar gratis selamaTim Pengabdian berinisiatif untuk membuat kegiatan Bazar bagi UMKM di Talang Padang Kabupaten Tanggamus dengan strategi pemberian stand bazar gratis selama
NINETYJOURNALNINETYJOURNAL Penelitian ini berhasil mengimplementasikan pembuatan data sintetis dengan library Python Faker dan algoritma Decision Tree untuk memprediksi kinerja karyawan,Penelitian ini berhasil mengimplementasikan pembuatan data sintetis dengan library Python Faker dan algoritma Decision Tree untuk memprediksi kinerja karyawan,
UMAUMA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan dan usaha pemerintah melalui instansi terkait dalam penanggulangan masalah sosial gelandanganPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan dan usaha pemerintah melalui instansi terkait dalam penanggulangan masalah sosial gelandangan