MAHADEWAMAHADEWA
Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran berbasis STEM yang interaktif dan inovatif, yaitu Voiced Interactive Torso (TOBI), dalam pembelajaran IPAS di MIN Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi TOBI dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang sistem pencernaan manusia melalui penggunaan indera penglihatan, pendengaran, dan gerakan.
Implementasi media pembelajaran berbasis STEM yang interaktif dan inovatif, yaitu Voiced Interactive Torso (TOBI), dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang sistem pencernaan manusia.Respons guru dan siswa terhadap media ini sangat baik, menunjukkan minat dan perhatian yang tinggi.Peneliti berharap bahwa penelitian lanjutan dapat mengembangkan media ini untuk materi lain yang memerlukan patung torso anatomi manusia.
Penelitian lanjutan dapat difokuskan pada pengembangan media pembelajaran berbasis STEM yang lebih inovatif dan interaktif untuk materi lain yang memerlukan patung torso anatomi manusia. Selain itu, penelitian juga dapat membahas tentang cara mengintegrasikan media ini dengan kurikulum yang ada dan bagaimana meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media ini. Dengan demikian, diharapkan media pembelajaran berbasis STEM dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
- IMPROVING STUDENT’S SCIENCE NUMERATION CAPABILITY THROUGH THE IMPLEMENTATION OF PBL MODEL BASED... doi.org/10.59672/ijed.v4i3.3252IMPROVING STUDENTAoS SCIENCE NUMERATION CAPABILITY THROUGH THE IMPLEMENTATION OF PBL MODEL BASED doi 10 59672 ijed v4i3 3252
- Penerapan Pembelajaran STEAM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar di Daerah Terluar Terdepan... doi.org/10.54168/ahje.v2i1.41Penerapan Pembelajaran STEAM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar di Daerah Terluar Terdepan doi 10 54168 ahje v2i1 41
- Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Media “Paris” Papan Bergaris Siswa... ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/446Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Media AuParisAy Papan Bergaris Siswa ejournal jendelaedukasi index php JJP article view 446
| File size | 304.5 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Kegiatan dilaksanakan melalui penyuluhan, demonstrasi, dan praktik langsung dengan pendekatan partisipatif berbasis pengembangan kapasitas masyarakat.Kegiatan dilaksanakan melalui penyuluhan, demonstrasi, dan praktik langsung dengan pendekatan partisipatif berbasis pengembangan kapasitas masyarakat.
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Variasi tingkat pemahaman antar siswa mengindikasikan perlunya pendampingan tambahan melalui peer educator dan mentoring sebaya. Temuan ini menegaskanVariasi tingkat pemahaman antar siswa mengindikasikan perlunya pendampingan tambahan melalui peer educator dan mentoring sebaya. Temuan ini menegaskan
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas sebelas pada tahun ajaran 2022/2023. Jumlah sampel adalah 20 siswa dari kelas Sebelas IPS 4. Penulis menggunakanPopulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas sebelas pada tahun ajaran 2022/2023. Jumlah sampel adalah 20 siswa dari kelas Sebelas IPS 4. Penulis menggunakan
UINKHASUINKHAS Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur, menggunakan sumber data dari berbagai jurnal, artikel, dan bukuPenelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur, menggunakan sumber data dari berbagai jurnal, artikel, dan buku
Useful /
STKIPPACITANSTKIPPACITAN Lingkungan keluarga dan masyarakat harus menciptakan budaya belajar, dengan orang tua serta tokoh masyarakat menunjukkan kesadaran tinggi dan memberikanLingkungan keluarga dan masyarakat harus menciptakan budaya belajar, dengan orang tua serta tokoh masyarakat menunjukkan kesadaran tinggi dan memberikan
UINKHASUINKHAS Upaya yang telah dijelaskan, seperti keteladanan, pembiasaan, penciptaan suasana kondusif, aturan yang konsisten, penghargaan, dan konsistensi membantuUpaya yang telah dijelaskan, seperti keteladanan, pembiasaan, penciptaan suasana kondusif, aturan yang konsisten, penghargaan, dan konsistensi membantu
STKIPPACITANSTKIPPACITAN Tujuan penelitian ini adalah membentuk model fuzzy untuk data time series menggunakan metode tabel lookup dengan transformasi logaritma dan diferensi sertaTujuan penelitian ini adalah membentuk model fuzzy untuk data time series menggunakan metode tabel lookup dengan transformasi logaritma dan diferensi serta
USDUSD rasa hormat timbal balik harus dijaga di kelas, pembelajaran harus memotivasi, pembelajaran yang bermakna membutuhkan partisipasi aktif, dan seorang gururasa hormat timbal balik harus dijaga di kelas, pembelajaran harus memotivasi, pembelajaran yang bermakna membutuhkan partisipasi aktif, dan seorang guru