MAHADEWAMAHADEWA
Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sekolah dalam membuat bukti fisik akreditasi sekolah komponen standar isi melalui model kelompok dan individu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Data dijaring dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Sekolah yang dijadikan tempat penelitian, yaitu SMP wilayah Kecamatan Pemalang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum semua sekolah dapat membuat bukti fisik akreditasi sekolah komponen standar isi data awal dari hasil evaluasi diri pengamatan pembinaan memperoleh skor 2,0 (kategori cukup) pada siklus I mencapai rata–rata 2,81 (kategori baik) ada kenaikan 0,81, sedangkan pada siklus II mencapai rata–rata 3,6 (kategori amat baik) ada kenaikan 1,6. Hasil supervisi mendapatkan nilai dengan rata–rata 2,8 (kategori baik) setelah diadakan pembinaan model kelompok mencapai rata–rata 3,0 (kategori baik) ada kenaikan 0,2, dan pada siklus II dengan model individu mencapai rata–rata 3,9 (kategori amat baik) ada kenaikan 1,1. Dari hasil penelitian tersebut dapat disarankan agar sekolah melaksanakan penyiapan bukti fisik dengan model kelompok dan individu, serta menggerakan guru, penjaga, komite, dan stakeholder yang lain untuk menyiapkan bukti fisik akreditasi sekolah, khususnya komponen standar isi.
Simpulan dari hasil penelitian tindakan sekolah ini adalah bahwa tindakan pembinaan model kelompok dan individu dapat meningkatkan nilai akreditasi sekolah komponen standar isi bagi Sekolah Binaan SMP Wilayah Kecamatan Kab.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah dapat membuat bukti fisik akreditasi sekolah komponen standar isi data awal dari hasil evaluasi diri pengamatan proses pembinaan memperoleh skor 2,0 (kategori cukup) pada Siklus I mencapai rata – rata 2,81 (kategori baik) ada kenaikan 0,81, sedangkan pada Siklus II mencapai rata – rata 3,6 (kategori amat baik) ada kenaikan 1,6.Dengan demikian model pembinaan kelompok dan individu perlu dilakukan pengawas sekolah dalam meningkatkan nilai akreditasi sekolah khususnya komponen standar isi.
Pertanyaan penelitian selanjutnya dapat difokuskan pada bagaimana model pembinaan kelompok dapat diadaptasi untuk kebutuhan sekolah swasta yang memiliki karakteristik berbeda dibandingkan sekolah negeri. Selain itu, penelitian lebih lanjut juga dapat mengeksplorasi efektivitas pendekatan pembinaan berbasis teknologi, seperti penggunaan platform daring, dalam meningkatkan proses akreditasi dan kolaborasi antar sekolah. Selanjutnya, ada baiknya dilakukan penelitian longitudinal untuk menilai dampak jangka panjang dari model pembinaan kelompok dan individu terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Sekolah Binaan di wilayah lain, sehingga mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif tentang keberhasilan strategi ini dalam konteks yang lebih luas.
| File size | 96.64 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
MAHADEWAMAHADEWA Pembelajaran masih terpusat pada guru, motivasi siswa dalam pembelajaran masih kurang, dan guru jarang melakukan refleksi. Penelitian tindakan kelas iniPembelajaran masih terpusat pada guru, motivasi siswa dalam pembelajaran masih kurang, dan guru jarang melakukan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Hasil evaluasi menunjukkan adanya efektivitas program dalam meningkatkan pemahaman, persepsi manfaat serta kemudahan akses inklusi keuangan. Namun demikian,Hasil evaluasi menunjukkan adanya efektivitas program dalam meningkatkan pemahaman, persepsi manfaat serta kemudahan akses inklusi keuangan. Namun demikian,
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Implikasi mencakup penguatan praktik kader, kebijakan berbasis komunitas, serta peluang penelitian lanjutan terkait efektivitas edukasi interaktif dalamImplikasi mencakup penguatan praktik kader, kebijakan berbasis komunitas, serta peluang penelitian lanjutan terkait efektivitas edukasi interaktif dalam
MAHADEWAMAHADEWA Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan sikap, sifat dan karakter positif dari penerapan budaya Tri Hita Karana sejagat dalam bentuk layanan bimbinganPenelitian ini bertujuan untuk menanamkan sikap, sifat dan karakter positif dari penerapan budaya Tri Hita Karana sejagat dalam bentuk layanan bimbingan
Useful /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Instrument validity and reliability were confirmed, and multiple regression analysis was conducted to assess the relationships among variables. The resultsInstrument validity and reliability were confirmed, and multiple regression analysis was conducted to assess the relationships among variables. The results
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Oleh karena itu, pendekatan ini direkomendasikan untuk diintegrasikan secara berkelanjutan dalam kurikulum sekolah dengan dukungan kolaborasi lintas sektorOleh karena itu, pendekatan ini direkomendasikan untuk diintegrasikan secara berkelanjutan dalam kurikulum sekolah dengan dukungan kolaborasi lintas sektor
MAHADEWAMAHADEWA Temuan menunjukkan data yang komprehensif orang terjangkit HIV/Aids berdasarkan usia, jenis kelamin, dan pekerjaan ditingkat nasional dan provinsi BaliTemuan menunjukkan data yang komprehensif orang terjangkit HIV/Aids berdasarkan usia, jenis kelamin, dan pekerjaan ditingkat nasional dan provinsi Bali
MAHADEWAMAHADEWA Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi IdentitasTrigonometri pada siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 KedunggalarTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi IdentitasTrigonometri pada siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Kedunggalar