MAHADEWAMAHADEWA
Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Data awal menunjukkan kelas XII MIPA 3 memiliki persentase kemampuan berpikir kreatif 32,05% (kurang kreatif) dengan rata-rata 63,98 di bawah kriteria ketuntasan minimum 65. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas XII MIPA 3 SMAN 2 Kuta pada materi Limit Fungsi Trigonometri. Data dikumpulkan melalui tes uraian matematika dan dianalisis deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan peningkatan dari 51,39% (cukup kreatif) pada siklus I menjadi 71,39% (kreatif) pada siklus II, sehingga model pembelajaran Group Investigation terbukti efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika.
Penelitian tindakan kelas ini berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui model pembelajaran Group Investigation.Pada siklus I, kemampuan berpikir kreatif meningkat menjadi 51,39% (cukup kreatif), dan pada siklus II mencapai 71,39% (kreatif).Model ini sesuai dengan pendekatan konstruktivisme yang menekankan keterlibatan aktif siswa, sehingga dapat menjadi alternatif metode pembelajaran matematika yang efektif.
Penelitian lanjutan dapat mengkaji pengaruh variasi jenis soal dalam model Group Investigation terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan latar belakang kemampuan berbeda. Selain itu, perlu diteliti teknik fasilitasi guru yang optimal dalam model ini untuk memastikan partisipasi aktif seluruh siswa. Penelitian juga dapat mengkaji dampak jangka panjang penerapan Group Investigation terhadap pemahaman konsep matematika dan keterampilan berpikir kritis di luar konteks kelas. Studi ini akan memberikan wawasan baru untuk menyempurnakan implementasi model pembelajaran kooperatif di berbagai tingkat pendidikan.
| File size | 160.65 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan yang dilakukan adalah: Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Evaluasi/ObservasiPenelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan yang dilakukan adalah: Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Evaluasi/Observasi
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Sebanyak 58 siswa kelas IV SDN Liwung dipilih sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan non-equivalent post-test onlySebanyak 58 siswa kelas IV SDN Liwung dipilih sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan non-equivalent post-test only
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuasi dengan desain posttest‑only control group, melibatkan 37 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimenMetode yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuasi dengan desain posttest‑only control group, melibatkan 37 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Artikel ini mendeskripsikan model pembelajaran komposisi musik sekolah dengan memanfaatkan perkakas tangan sebagai media kreativitasnya. Penelitian yangArtikel ini mendeskripsikan model pembelajaran komposisi musik sekolah dengan memanfaatkan perkakas tangan sebagai media kreativitasnya. Penelitian yang
Useful /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Modul dinilai berdasarkan kelayakan materi, media, dan bahasa serta uji coba terbatas dan uji coba luas kepada siswa dan tahap penyebaran dalam forum MGMP.Modul dinilai berdasarkan kelayakan materi, media, dan bahasa serta uji coba terbatas dan uji coba luas kepada siswa dan tahap penyebaran dalam forum MGMP.
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan proses siswa melalui penerapan media pembelajaran teori kinetik gas berbasisPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan proses siswa melalui penerapan media pembelajaran teori kinetik gas berbasis
MAHADEWAMAHADEWA Metode pengumpulan data berupa angket percaya diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase, di mana setelah semua jawabanMetode pengumpulan data berupa angket percaya diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase, di mana setelah semua jawaban
MAHADEWAMAHADEWA Flipped Classroom diterapkan di SMA Negeri Bali Mandara untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di era 4. Pelaksanaan flipped classroom belum efektifFlipped Classroom diterapkan di SMA Negeri Bali Mandara untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di era 4. Pelaksanaan flipped classroom belum efektif