STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU
Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia SejahteraJurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia SejahteraPerubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku UMKM yang menggunakan digital marketing, padahal UMKM dipercaya mampu memacu perekonomian Indonesia. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Media promosi digital marketing diharapkan menjadi pilihan yang efektif untuk pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis dan menjangkau pasar nasional maupun internasional. Media promosi konvensional yang banyak membutuhkan biaya dan jauh lebih rumit dengan sendirinya tidak lagi menjadi perhatian utama bagi pelaku UMKM karena adanya digital marketing.
Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini secara umum sudah berjalan dengan baik berkat kerjasama antar panitia serta dukungan berbagai pihak.Namun ada beberapa hal yang menjadi catatan setelah kegiatan tersebut berlangsung, yaitu, para peserta pelatihan membutuhkan pendampingan secara kontinuitas setelah kegiatan ini, sebab masih banyak peserta pelatihan yang kurang bisa dalam merancang pesan persuasife dan memanfaat digital marketing dan media yang lainnya.
Meskipun kegiatan pengenalan pemasaran digital kepada UMKM telah dilaksanakan dengan baik, masih ada beberapa arah penelitian lanjutan yang sangat relevan untuk memperkaya pemahaman dan dampak program serupa di masa depan. Pertama, penelitian mendatang dapat berfokus pada evaluasi efektivitas berbagai model pendampingan atau pelatihan berkelanjutan bagi pelaku UMKM. Ini berarti tidak hanya mengenalkan, tetapi juga menyelidiki metode terbaik untuk memastikan UMKM benar-benar mahir dalam merancang pesan yang menarik dan memanfaatkan fitur-fitur pemasaran digital secara optimal, bukan sekadar pelatihan awal. Misalnya, studi bisa membandingkan dampak model mentorship jangka panjang dengan lokakarya intensif terhadap peningkatan penjualan dan jangkauan pasar. Kedua, penting untuk melakukan studi dampak yang lebih mendalam mengenai kontribusi konkret pemasaran digital terhadap pertumbuhan ekonomi UMKM setelah mereka mendapatkan pelatihan. Penelitian ini dapat mengukur peningkatan penjualan, ekspansi jangkauan pasar, atau profitabilitas yang dihasilkan dari adopsi pemasaran digital, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan implementasi tersebut di lapangan. Ketiga, perlu adanya kajian yang mengeksplorasi kendala non-teknis dan faktor pendorong di luar pengetahuan yang memengaruhi adopsi pemasaran digital oleh UMKM. Ini bisa mencakup tantangan seperti keterbatasan biaya, akses infrastruktur, manajemen waktu, hingga dukungan dari pemerintah daerah atau komunitas. Memahami aspek-aspek ini akan sangat membantu dalam merancang strategi intervensi yang lebih komprehensif dan berkelanjutan di masa mendatang.
| File size | 821.95 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | Report |
Related /
IFRELIFREL Penelitian ini menunjukkan perlunya restrukturisasi tata kelola organisasi masyarakat sipil di Indonesia agar selaras dengan nilai Islam, sehingga tercapaiPenelitian ini menunjukkan perlunya restrukturisasi tata kelola organisasi masyarakat sipil di Indonesia agar selaras dengan nilai Islam, sehingga tercapai
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Kegiatan pengabdian masyarakat ini memotivasi siswa memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) c. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menambah ketrampilanKegiatan pengabdian masyarakat ini memotivasi siswa memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) c. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menambah ketrampilan
STIEPARISTIEPARI Latar belakang pendidikan merupakan variabel yang paling dominan terhadap penerapan SAK EMKM. Latar belakang pendidikan berpengaruh terhadap penerapanLatar belakang pendidikan merupakan variabel yang paling dominan terhadap penerapan SAK EMKM. Latar belakang pendidikan berpengaruh terhadap penerapan
UBUB Metode pelaksanaan kegiatan PkM ini dalam bentuk pelatihan akuntansi dan laporan keuangan untuk UMKM menggunakan SAK EMKM. Selain itu diperkenalkan pulaMetode pelaksanaan kegiatan PkM ini dalam bentuk pelatihan akuntansi dan laporan keuangan untuk UMKM menggunakan SAK EMKM. Selain itu diperkenalkan pula
AINARAPRESSAINARAPRESS Namun, secara simultan (uji f), variabel literasi keuangan dan sikap keuangan berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan. Literasi keuangan secaraNamun, secara simultan (uji f), variabel literasi keuangan dan sikap keuangan berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan. Literasi keuangan secara
POLTEKHARBERPOLTEKHARBER 04, Desa Milangasri, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, merupakan salah satu usaha jajanan kuliner rumahan yang ada di kabupaten magetan. Rangkaian04, Desa Milangasri, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, merupakan salah satu usaha jajanan kuliner rumahan yang ada di kabupaten magetan. Rangkaian
POLTEKHARBERPOLTEKHARBER Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, berhasil mencapai tingkat kehadiran 100% dan pelayanan pendidikan yang terencana dengan baik. Para peserta menilaiKegiatan tersebut berjalan dengan lancar, berhasil mencapai tingkat kehadiran 100% dan pelayanan pendidikan yang terencana dengan baik. Para peserta menilai
POLTEKHARBERPOLTEKHARBER Kecamatan Jekulo merupakan wilayah yang memiliki keunggulan daerah berupa Pisau di wilayah Kabupaten Kudus dan bekerja sama dengan Pemda Kabupaten KudusKecamatan Jekulo merupakan wilayah yang memiliki keunggulan daerah berupa Pisau di wilayah Kabupaten Kudus dan bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Kudus
Useful /
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Sesi pelatihan mencakup topik-topik dasar, termasuk pengenalan antarmuka Microsoft Word, pemformatan dan pengorganisasian dokumen, serta fitur-fitur canggihSesi pelatihan mencakup topik-topik dasar, termasuk pengenalan antarmuka Microsoft Word, pemformatan dan pengorganisasian dokumen, serta fitur-fitur canggih
STIEPARISTIEPARI Atraksi merupakan variabel yang paling dominan dalam meningkatkan kepuasan wisatawan. Disarankan bagi pengelola untuk terus meningkatkan kualitas komponenAtraksi merupakan variabel yang paling dominan dalam meningkatkan kepuasan wisatawan. Disarankan bagi pengelola untuk terus meningkatkan kualitas komponen
STIEPARISTIEPARI Fasilitas juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, namun pengaruhnya lebih kecil dibandingkan kualitas layanan. Untuk meningkatkanFasilitas juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, namun pengaruhnya lebih kecil dibandingkan kualitas layanan. Untuk meningkatkan
DINASTIREVDINASTIREV Pengelolaan manajemen sumber daya manusia melalui Reward System dapat meningkatkan kinerja dan motivasi pekerja untuk mencapai tujuan ataupun target. OlehPengelolaan manajemen sumber daya manusia melalui Reward System dapat meningkatkan kinerja dan motivasi pekerja untuk mencapai tujuan ataupun target. Oleh