STKIP PERSADASTKIP PERSADA

Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI)Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI)

Pada Era Society 5.0, pendidikan mengalami perubahan signifikan seiring perkembangan teknologi dan tuntutan keterampilan abad ke-21, di mana teknologi berperan penting dalam menciptakan lulusan yang berkualitas. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan serta menilai kelayakan multimedia interaktif berbasis android dengan Adobe Animate untuk mata pelajaran akuntansi dasar. Multimedia interaktif yang dihasilkan dinamakan MAKASI (Mari Belajar Etika Profesi Akuntansi). Pengembangan produk mengikuti model ADDIE, yang meliputi 5 Tahapan. Subjek uji coba penelitian yaitu peserta didik kelas X AKL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan memperoleh persentase kelayakan sebesar 92,10% dari ahli materi dan 96,84% dari ahli media. Hasil respon peserta didik terhadap penggunaan media menunjukkan skor sebesar 96,75% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif sangat layak digunakan, media ini juga mengangkat materi etika profesi yang selama ini belum banyak dijadikan fokus utama dalam pengembangan media pembelajaran.

Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran multimedia interaktif MAKASI berbasis android dengan Adobe Animate pada mata pelajaran akuntansi dasar.Proses penggembangan yang dilaksanakan menggunakan model pengembangan ADDIE.Kelayakan media pembelajaran diperoleh melalui proses validasi yang melibatkan ahli materi dan ahli media serta respon peserta didik.Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif MAKASI berbasis android pada mata Pelajaran akuntansi dasar sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Penelitian lanjutan dapat difokuskan pada pengembangan fitur personalisasi dalam aplikasi MAKASI, memungkinkan peserta didik menyesuaikan tampilan dan metode belajar sesuai preferensi masing-masing. Selain itu, studi komparatif efektivitas MAKASI dengan metode pembelajaran konvensional dalam meningkatkan pemahaman etika profesi akuntansi juga relevan. Penting juga untuk meneliti bagaimana integrasi MAKASI dengan platform pembelajaran daring lainnya dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan aksesibilitas materi, sehingga memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan akuntansi di era digital.

  1. Vol. 7 No. 1 (2023) | Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. jurnal obsesi pendidikan anak... obsesi.or.id/index.php/obsesi/issue/view/21Vol 7 No 1 2023 Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini jurnal obsesi pendidikan anak obsesi index php obsesi issue view 21
  2. Vol. 8 No. 1 (2020) | Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK). jurnal pendidikan akuntansi jpak https v8n1... doi.org/10.26740/jpak.v8n1Vol 8 No 1 2020 Jurnal Pendidikan Akuntansi JPAK jurnal pendidikan akuntansi jpak https v8n1 doi 10 26740 jpak v8n1
  3. ANALISIS PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN... doi.org/10.51729/81108ANALISIS PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN doi 10 51729 81108
  4. PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MAKASI BERBASIS ANDROID DENGAN ADOBE ANIMATE PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI... doi.org/10.31932/jpe.v10i2.5026PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MAKASI BERBASIS ANDROID DENGAN ADOBE ANIMATE PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI doi 10 31932 jpe v10i2 5026
  1. #strategi pembelajaran interaktif#strategi pembelajaran interaktif
  2. #format multimedia interaktif#format multimedia interaktif
File size554.25 KB
Pages15
DMCAReportReport

ads-block-test