STKIP PERSADASTKIP PERSADA

Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI)Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI)

Guru memainkan peran penting dalam pendidikan karena dapat membantu peserta didik mengembangkan potensi mereka. Namun, studi tracer study Pendidikan Akuntansi 2023 menunjukkan bahwa hanya 18,8% lulusan bekerja di bidang kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara minat menjadi guru akuntansi dengan persepsi mahasiswa terhadap profesi guru, self-efficacy, prestasi belajar, dan persepsi program PPG. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi FEB UNESA angkatan 2021, berjumlah 73 mahasiswa, dengan teknik sampel jenuh. Penelitian ini fokus pada empat faktor yang diduga mempengaruhi minat menjadi guru akuntansi. Analisis data menggunakan SPSS meliputi uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat mahasiswa menjadi guru akuntansi dipengaruhi oleh persepsi profesi guru, self-efficacy, dan prestasi belajar. Selain itu, secara simultan, persepsi mahasiswa terhadap profesi guru, self-efficacy, prestasi belajar, dan persepsi program PPG mempengaruhi minat menjadi guru akuntansi.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa minat mahasiswa menjadi guru akuntansi secara signifikan dipengaruhi oleh persepsi terhadap profesi guru, self-efficacy, dan prestasi belajar.Persepsi positif terhadap profesi guru dapat memotivasi mahasiswa untuk menjadi guru yang kompeten dan profesional, sementara keyakinan diri pada kemampuan diri juga meningkatkan minat berprofesi sebagai guru akuntansi.Meskipun demikian, persepsi terhadap program PPG tidak secara signifikan memengaruhi minat mahasiswa untuk menjadi guru akuntansi.

Berdasarkan hasil penelitian, beberapa saran penelitian lanjutan dapat dipertimbangkan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi minat mahasiswa menjadi guru akuntansi, termasuk faktor sosial, ekonomi, dan lingkungan keluarga. Kedua, penelitian dapat fokus pada pengembangan program intervensi yang bertujuan untuk meningkatkan persepsi positif mahasiswa terhadap profesi guru dan meningkatkan self-efficacy mereka, misalnya melalui mentoring dengan guru-guru yang inspiratif atau pelatihan keterampilan mengajar. Ketiga, perlu dilakukan analisis mendalam mengenai persepsi mahasiswa terhadap program PPG, termasuk kurikulum, fasilitas, dan dukungan yang diberikan, untuk meningkatkan kualitas dan relevansi program PPG sehingga dapat menarik minat mahasiswa untuk berpartisipasi dan mempersiapkan diri menjadi guru akuntansi yang berkualitas. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan kualitas guru akuntansi di masa depan dan mengatasi masalah kekurangan guru akuntansi di Indonesia.

  1. EFIKASI DIRI DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI... doi.org/10.26877/ep.v8i1.16407EFIKASI DIRI DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI doi 10 26877 ep v8i1 16407
  2. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MENJADI GURU AKUNTANSI | Maulidiyah | Jurnal Pendidikan... doi.org/10.31932/jpe.v10i2.5024FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MENJADI GURU AKUNTANSI Maulidiyah Jurnal Pendidikan doi 10 31932 jpe v10i2 5024
  3. The Impact of Students Perceptions of The PPG Program and The Teaching Profession on Their Interest in... chem-upr.education/ojs/index.php/JIKT/article/view/280The Impact of Students Perceptions of The PPG Program and The Teaching Profession on Their Interest in chem upr education ojs index php JIKT article view 280
  1. #persepsi mahasiswa akuntansi#persepsi mahasiswa akuntansi
  2. #minat peserta didik#minat peserta didik
File size391.6 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test