UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Pemahaman bacaan merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai. Keterampilan ini membantu individu dalam memahami konteks dan pesan melalui membaca. Bagi siswa dengan disabilitas belajar, menguasai keterampilan pemahaman bacaan menjadi sangat penting. Penelitian ini berfokus pada peningkatan pemahaman bacaan siswa-siswa tersebut menggunakan strategi Know-Want-Learned (KWL). Studi ini melibatkan tiga pakar yang memvalidasi instrumen serta delapan siswa dengan disabilitas belajar sebagai partisipan. Pendekatan campuran (mixed‑methods) digunakan, menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif untuk menilai efektivitas strategi KWL. Pra‑tes dan pasca‑tes dilaksanakan untuk mengukur peningkatan tingkat pemahaman bacaan, sementara wawancara mengungkap pengalaman dan persepsi siswa terhadap strategi tersebut. Hasil menunjukkan peningkatan skor pemahaman bacaan yang signifikan di antara partisipan, menegaskan efektivitas strategi KWL dalam memperkuat pemahaman dan retensi informasi. Feedback kualitatif juga menunjukkan bahwa siswa merasa lebih terlibat dan termotivasi selama aktivitas membaca, karena strategi KWL memacu mereka menggunakan pengetahuan awal dan menetapkan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menekankan kebutuhan akan strategi instruksional yang disesuaikan bagi siswa dengan disabilitas belajar, menampilkan metode KWL sebagai sumber berharga untuk meningkatkan pemahaman bacaan. Penelitian lanjutan harus meneliti dampak jangka panjang strategi ini dan relevansinya di berbagai lingkungan pembelajaran.

Pemahaman bacaan merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai.Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman bacaan siswa dengan disabilitas belajar menggunakan strategi Know‑Want‑Learned (KWL).Dengan desain pre‑eksperimental satu kelompok pre‑test post‑test dan analisis statistik Wilcoxon, strategi KWL terbukti efektif dalam meningkatkan skor pemahaman bacaan pada delapan partisipan.

Saran penelitian lanjutan melibatkan tiga pendekatan utama. Pertama, tim riset dapat menganalisis dampak jangka panjang strategi Know‑Want‑Learned (KWL) terhadap retensi pemahaman bacaan siswa dengan disabilitas belajar, dengan melakukan pengukuran terstruktur setelah satu semester, dua semester, dan satu tahun ajaran, guna menilai kestabilan dan pemeliharaan peningkatan keterampilan membaca dalam jangka waktu lebih lama. Kedua, penelitian dapat membandingkan efektivitas KWL dengan alat bantu digital interaktif yang dirancang khusus bagi siswa disabilitas, seperti aplikasi berbasis gamifikasi atau augmented reality, untuk mengidentifikasi apakah media digital dapat meningkatkan partisipasi, motivasi, serta membantu mereka mengakses informasi secara lebih mudah dalam konteks aktivitas belajar. Ketiga, upaya penelitian dapat memperluas studi ke berbagai jenis teks—mencakup narasi anak, teks faktual tentang sains, teks argumentatif, dan teks sastra—untuk menilai konsistensi dan keterbatasan strategi KWL dalam meningkatkan pemahaman bacaan di konteks yang beragam, sekaligus mengumpulkan data kualitatif dari pengalaman siswa guna menyesuaikan strategi dengan kebutuhan individu tak terbatas esensial untuk perkembangan kompetensi bacaan.

  1. Item analysis of reading comprehension questions for English proficiency test using Rasch model | REID... doi.org/10.21831/reid.v9i1.53514Item analysis of reading comprehension questions for English proficiency test using Rasch model REID doi 10 21831 reid v9i1 53514
  2. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). elinvo electronics informatics vocational... doi.org/10.21831/elinvo.v8i2Elinvo Electronics Informatics and Vocational Education elinvo electronics informatics vocational doi 10 21831 elinvo v8i2
  3. Improving reading comprehension learning for students with learning disabilities through know-want-learned... doi.org/10.21831/cp.v44i1.82376Improving reading comprehension learning for students with learning disabilities through know want learned doi 10 21831 cp v44i1 82376
File size222.63 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test