UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPemahaman bacaan merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai. Keterampilan ini membantu individu dalam memahami konteks dan pesan melalui membaca. Bagi siswa dengan disabilitas belajar, menguasai keterampilan pemahaman bacaan menjadi sangat penting. Penelitian ini berfokus pada peningkatan pemahaman bacaan siswa-siswa tersebut menggunakan strategi Know-Want-Learned (KWL). Studi ini melibatkan tiga pakar yang memvalidasi instrumen serta delapan siswa dengan disabilitas belajar sebagai partisipan. Pendekatan campuran (mixed‑methods) digunakan, menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif untuk menilai efektivitas strategi KWL. Pra‑tes dan pasca‑tes dilaksanakan untuk mengukur peningkatan tingkat pemahaman bacaan, sementara wawancara mengungkap pengalaman dan persepsi siswa terhadap strategi tersebut. Hasil menunjukkan peningkatan skor pemahaman bacaan yang signifikan di antara partisipan, menegaskan efektivitas strategi KWL dalam memperkuat pemahaman dan retensi informasi. Feedback kualitatif juga menunjukkan bahwa siswa merasa lebih terlibat dan termotivasi selama aktivitas membaca, karena strategi KWL memacu mereka menggunakan pengetahuan awal dan menetapkan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menekankan kebutuhan akan strategi instruksional yang disesuaikan bagi siswa dengan disabilitas belajar, menampilkan metode KWL sebagai sumber berharga untuk meningkatkan pemahaman bacaan. Penelitian lanjutan harus meneliti dampak jangka panjang strategi ini dan relevansinya di berbagai lingkungan pembelajaran.
Pemahaman bacaan merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai.Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman bacaan siswa dengan disabilitas belajar menggunakan strategi Know‑Want‑Learned (KWL).Dengan desain pre‑eksperimental satu kelompok pre‑test post‑test dan analisis statistik Wilcoxon, strategi KWL terbukti efektif dalam meningkatkan skor pemahaman bacaan pada delapan partisipan.
Saran penelitian lanjutan melibatkan tiga pendekatan utama. Pertama, tim riset dapat menganalisis dampak jangka panjang strategi Know‑Want‑Learned (KWL) terhadap retensi pemahaman bacaan siswa dengan disabilitas belajar, dengan melakukan pengukuran terstruktur setelah satu semester, dua semester, dan satu tahun ajaran, guna menilai kestabilan dan pemeliharaan peningkatan keterampilan membaca dalam jangka waktu lebih lama. Kedua, penelitian dapat membandingkan efektivitas KWL dengan alat bantu digital interaktif yang dirancang khusus bagi siswa disabilitas, seperti aplikasi berbasis gamifikasi atau augmented reality, untuk mengidentifikasi apakah media digital dapat meningkatkan partisipasi, motivasi, serta membantu mereka mengakses informasi secara lebih mudah dalam konteks aktivitas belajar. Ketiga, upaya penelitian dapat memperluas studi ke berbagai jenis teks—mencakup narasi anak, teks faktual tentang sains, teks argumentatif, dan teks sastra—untuk menilai konsistensi dan keterbatasan strategi KWL dalam meningkatkan pemahaman bacaan di konteks yang beragam, sekaligus mengumpulkan data kualitatif dari pengalaman siswa guna menyesuaikan strategi dengan kebutuhan individu tak terbatas esensial untuk perkembangan kompetensi bacaan.
- Item analysis of reading comprehension questions for English proficiency test using Rasch model | REID... doi.org/10.21831/reid.v9i1.53514Item analysis of reading comprehension questions for English proficiency test using Rasch model REID doi 10 21831 reid v9i1 53514
- Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). elinvo electronics informatics vocational... doi.org/10.21831/elinvo.v8i2Elinvo Electronics Informatics and Vocational Education elinvo electronics informatics vocational doi 10 21831 elinvo v8i2
- Improving reading comprehension learning for students with learning disabilities through know-want-learned... doi.org/10.21831/cp.v44i1.82376Improving reading comprehension learning for students with learning disabilities through know want learned doi 10 21831 cp v44i1 82376
| File size | 222.63 KB |
| Pages | 8 |
| Short Link | https://juris.id/p-29 |
| Lookup Links | Google ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY Namun, di antara jutaan orang yang berbicara bahasa Inggris di Vietnam, banyak yang membuat kesalahan dalam pelafalan. Hal ini menciptakan ciri khas yangNamun, di antara jutaan orang yang berbicara bahasa Inggris di Vietnam, banyak yang membuat kesalahan dalam pelafalan. Hal ini menciptakan ciri khas yang
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Quasi-eksperimental design dengan kelompok kontrol pretest-posttest melibatkan 51 siswa kelas X SMKN 1 Painan dibagi menjadi kelompok eksperimen (PjBL)Quasi-eksperimental design dengan kelompok kontrol pretest-posttest melibatkan 51 siswa kelas X SMKN 1 Painan dibagi menjadi kelompok eksperimen (PjBL)
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Data dikumpulkan melalui instrumen yang divalidasi, yakni tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar. Analisis data mencakup statistik deskriptifData dikumpulkan melalui instrumen yang divalidasi, yakni tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar. Analisis data mencakup statistik deskriptif
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Namun, pelaksanaan masih menghadapi kendala dalam keterlibatan siswa serta integrasi teknologi digital. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan integrasiNamun, pelaksanaan masih menghadapi kendala dalam keterlibatan siswa serta integrasi teknologi digital. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan integrasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Analisis juga mengungkapkan bahwa implementasi AR dapat meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep teknis yang kompleks, dan pengembangan keterampilanAnalisis juga mengungkapkan bahwa implementasi AR dapat meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep teknis yang kompleks, dan pengembangan keterampilan
UNYUNY Berdasarkan hasil analisis, terdapat tiga temuan utama. pertama, anak yang bermain dengan media permainan literat menunjukkan kemampuan membaca dan menulisBerdasarkan hasil analisis, terdapat tiga temuan utama. pertama, anak yang bermain dengan media permainan literat menunjukkan kemampuan membaca dan menulis
UNYUNY Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggul dalam akurasi tetapi kurang efisien secara komputasi. Pendekatan deep learning lebihPenelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggul dalam akurasi tetapi kurang efisien secara komputasi. Pendekatan deep learning lebih
UNYUNY Sebaliknya, mereka yang mengalami kesepian di dalam permainan lebih berisiko menunjukkan gejala depresi, menyoroti pentingnya dukungan sosial untuk mengurangiSebaliknya, mereka yang mengalami kesepian di dalam permainan lebih berisiko menunjukkan gejala depresi, menyoroti pentingnya dukungan sosial untuk mengurangi
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Studi hikayat ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai inti yang dikandungnya dan menghubungkannya dengan tujuan pembelajaran sastra modern. DenganStudi hikayat ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai inti yang dikandungnya dan menghubungkannya dengan tujuan pembelajaran sastra modern. Dengan
UNYUNY Teknik pengumpulan data meliputi diseminasi kuesioner, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan observasi pelajaran PA,Teknik pengumpulan data meliputi diseminasi kuesioner, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan observasi pelajaran PA,
UNYUNY Penelitian ini mengkaji integrasi notasi musik Barat dalam pengajaran titilaras untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis musik tradisional Sunda.Penelitian ini mengkaji integrasi notasi musik Barat dalam pengajaran titilaras untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis musik tradisional Sunda.
UNUSAUNUSA Penelitian dilakukan pada November 2020 dengan teknik pengambilan sampel berkelanjutan. Tingkat elektrolit dalam sampel diukur menggunakan AVL 9180 ElectrolytePenelitian dilakukan pada November 2020 dengan teknik pengambilan sampel berkelanjutan. Tingkat elektrolit dalam sampel diukur menggunakan AVL 9180 Electrolyte