UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPengelolaan perilaku disruptif siswa tetap menjadi tantangan kritis dalam pendidikan menengah, memerlukan strategi efektif yang memanfaatkan pengalaman guru dan upaya kolaboratif dengan orangtua. Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh pengalaman mengajar dan kolaborasi guru-orangtua dalam mengelola perilaku disruptif siswa sekolah menengah di Nigeria. Sebanyak 367 guru berpartisipasi dalam penelitian ini, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur. Analisis statistik, termasuk Analisis Varians satu arah (ANOVA) dan Korelasi Product-Moment Pearson, digunakan untuk menelaah hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lamanya pengalaman mengajar secara signifikan memengaruhi kemampuan guru dalam mengelola perilaku disruptif siswa, mengindikasikan bahwa guru berpengalaman menerapkan strategi manajemen perilaku yang lebih efektif. Sebaliknya, ditemukan korelasi positif lemah namun tidak signifikan (r = 0,95, p = 0,068) antara kolaborasi guru-orangtua dan pengelolaan perilaku disruptif, yang menunjukkan bahwa keterlibatan orangtua berperan tetapi tidak secara kuat memengaruhi hasil manajemen kelas. Temuan ini menekankan perlunya inisiatif pengembangan profesional terstruktur yang disesuaikan dengan manajemen perilaku kelas. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan pelaksanaan program mentoring guru di mana pendidik berpengalaman membimbing rekan yang kurang berpengalaman untuk meningkatkan keterampilan manajemen kelas. Penelitian mendatang diharapkan mengeksplorasi faktor kontekstual tambahan, seperti kebijakan sekolah dan pengaruh sosio-ekonomi, untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang strategi manajemen perilaku yang efektif.
Kajian ini menegaskan bahwa sinergi antara pengalaman mengajar dan kolaborasi guru-orangtua sangat penting dalam pengelolaan perilaku disruptif siswa di sekolah menengah Nigeria.Dengan memanfaatkan kekuatan guru berpengalaman dan memperkuat kemitraan dengan orangtua, sekolah dapat menerapkan pendekatan manajemen perilaku yang lebih efektif dan menyeluruh.Penelitian selanjutnya perlu mengeksplorasi perbandingan lintas wilayah di Nigeria serta cara-cara inovatif untuk meningkatkan kolaborasi ini, sekaligus mengembangkan dan menerapkan program mentoring guru untuk mendukung peningkatan keterampilan manajemen kelas.
Penelitian lanjutan dapat diarahkan untuk mengkaji pengaruh kebijakan sekolah yang berbeda terhadap efektivitas manajemen perilaku disruptif siswa, misalnya dengan menelusuri bagaimana struktur organisasi sekolah, pedoman disiplin, dan dukungan administratif mempengaruhi penerapan strategi kelas yang dikembangkan oleh guru berpengalaman, sehingga dapat dipetakan kebijakan yang paling mendukung terciptanya lingkungan belajar kondusif. Selain itu, studi berikutnya bisa menyelidiki peran faktor sosio-ekonomi keluarga dalam memperkuat maupun menghambat kemitraan antara guru dan orangtua, sehingga dapat dipahami lebih jelas bagaimana variabel seperti pendapatan rumah tangga, tingkat pendidikan orangtua, dan akses terhadap sumber belajar di rumah memengaruhi tingkat partisipasi aktif mereka dalam diskusi dan intervensi perilaku siswa. Ketiga, sebuah penelitian komparatif antar wilayah di Nigeria dapat membantu mengungkap variasi praktik kolaborasi dan pengalaman mengajar dalam konteks budaya, kepadatan murid, dan ketersediaan sumber daya sekolah yang berbeda; pendekatan ini dapat melibatkan survei dan wawancara mendalam untuk mengidentifikasi strategi lokal yang paling efektif serta kendala yang umum dijumpai. Dengan menelusuri ketiga aspek ini, penelitian selanjutnya diharapkan tidak hanya memperluas pemahaman teoritis tentang manajemen kelas namun juga menghasilkan rekomendasi kebijakan dan model mentoring yang dapat diterapkan di berbagai kondisi sekolah.
- The Nexus Between Teachers’ Demographic Characteristics and Utilisation of 21st-Century Collaborative... doi.org/10.26803/ijlter.23.6.22The Nexus Between TeachersAo Demographic Characteristics and Utilisation of 21st Century Collaborative doi 10 26803 ijlter 23 6 22
- A THEORETICAL PERSPECTIVE ON SURVEY METHOD FROM QUANTITATIVE RESEARCH METHODS. theoretical perspective... doi.org/10.32743/UniPsy.2023.106.4.15254A THEORETICAL PERSPECTIVE ON SURVEY METHOD FROM QUANTITATIVE RESEARCH METHODS theoretical perspective doi 10 32743 UniPsy 2023 106 4 15254
- How does learnersâ behavior attract preservice teachersâ attention during teaching?... doi.org/10.1016/j.tate.2020.103213How does learnersyAAAo behavior attract preservice teachersyAAAo attention during teaching doi 10 1016 j tate 2020 103213
- A collaborative professional development and its impact on teachers' ability to foster higher order... doi.org/10.11591/edulearn.v18i2.21182A collaborative professional development and its impact on teachers ability to foster higher order doi 10 11591 edulearn v18i2 21182
- Teacher-parent collaboration for developing student character in online learning | Aziz | International... doi.org/10.11591/ijere.v12i3.24456Teacher parent collaboration for developing student character in online learning Aziz International doi 10 11591 ijere v12i3 24456
| File size | 291.42 KB |
| Pages | 9 |
| Short Link | https://juris.id/p-2g |
| DMCA | Report |
Related /
IAINPTKIAINPTK Artikel ini bertujuan mengidentifikasi pola perubahan dalam fatwa MUI sekaligus menjelaskan bagaimana dialektika antara penafsiran keagamaan, otoritasArtikel ini bertujuan mengidentifikasi pola perubahan dalam fatwa MUI sekaligus menjelaskan bagaimana dialektika antara penafsiran keagamaan, otoritas
IAINPTKIAINPTK 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat, khususnya dalam aspek hukuman cambuk publik, telah banyak dikaji melalui pendekatan normatif dan politis. Namun, representasi6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat, khususnya dalam aspek hukuman cambuk publik, telah banyak dikaji melalui pendekatan normatif dan politis. Namun, representasi
IAINPTKIAINPTK Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan hukum Islam yang lebih kontekstual, dialogis, dan responsif terhadap pluralitas hukum dalam masyarakat adat.Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan hukum Islam yang lebih kontekstual, dialogis, dan responsif terhadap pluralitas hukum dalam masyarakat adat.
IAINPTKIAINPTK Karakterisasi XRD menunjukkan pembentukan fase CaO dan CaFe2O4, sedangkan SEM-EDX mengonfirmasi morfologi pori dan penyebaran Fe pada permukaan. ReaksiKarakterisasi XRD menunjukkan pembentukan fase CaO dan CaFe2O4, sedangkan SEM-EDX mengonfirmasi morfologi pori dan penyebaran Fe pada permukaan. Reaksi
IAINPTKIAINPTK Emisi CO dan NOx lebih rendah 15–20 %, namun kadar soot meningkat 8 %. Kompor portable yang dirancang mampu memanaskan 1 L air dalam 9 menit dengan konsumsiEmisi CO dan NOx lebih rendah 15–20 %, namun kadar soot meningkat 8 %. Kompor portable yang dirancang mampu memanaskan 1 L air dalam 9 menit dengan konsumsi
IAINPTKIAINPTK Peran lebe sangat penting dalam melanggengkan praktik perkawinan anak di Brebes dengan menggunakan legitimasi fikih klasik sebagai dogma. Faktor-faktorPeran lebe sangat penting dalam melanggengkan praktik perkawinan anak di Brebes dengan menggunakan legitimasi fikih klasik sebagai dogma. Faktor-faktor
UNYUNY Baik media literat maupun non‑literat memberikan dampak penting ketika dikombinasikan dengan berbagai tingkat kemampuan asosiasi, yang memengaruhi kemampuanBaik media literat maupun non‑literat memberikan dampak penting ketika dikombinasikan dengan berbagai tingkat kemampuan asosiasi, yang memengaruhi kemampuan
UNYUNY Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman bacaan siswa dengan disabilitas belajar menggunakan strategi Know‑Want‑Learned (KWL). Dengan desainPenelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman bacaan siswa dengan disabilitas belajar menggunakan strategi Know‑Want‑Learned (KWL). Dengan desain
Useful /
UNYUNY Saran untuk mengatasi kesulitan ini mencakup: instruksi cermat tentang cara melafalkan bunyi-bunyi tersebut, analisis komparatif dan kontrasif terhadapSaran untuk mengatasi kesulitan ini mencakup: instruksi cermat tentang cara melafalkan bunyi-bunyi tersebut, analisis komparatif dan kontrasif terhadap
IAINPTKIAINPTK Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelasMetode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas
UNYUNY Persepsi keamanan kerja guru sekolah swasta berada di bawah tingkat sedang. Pandangan guru tentang iklim sekolah umumnya pada tingkat sedang, dengan perilakuPersepsi keamanan kerja guru sekolah swasta berada di bawah tingkat sedang. Pandangan guru tentang iklim sekolah umumnya pada tingkat sedang, dengan perilaku
UNUSAUNUSA Hasil menunjukkan terdapat korelasi antara malnutrisi dan infeksi cacing dengan prevalensi anemia (nilai p 0,000). Namun, tidak terdapat korelasi antaraHasil menunjukkan terdapat korelasi antara malnutrisi dan infeksi cacing dengan prevalensi anemia (nilai p 0,000). Namun, tidak terdapat korelasi antara