UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Penelitian ini menyelidiki apakah kemampuan asosiasi anak serta keterlibatan mereka dengan media literat, mainan, permainan, dan aktivitas memengaruhi kemampuan membaca dan menulis awal pada anak usia taman kanak-kanak. Penelitian melibatkan 60 peserta yang dipilih melalui cluster random sampling dengan desain faktorial 2 × 2. Hasil menunjukkan bahwa anak yang menggunakan media literat memperoleh skor lebih tinggi pada kemampuan membaca dan menulis awal dibandingkan dengan yang menggunakan media non‑literat. Selanjutnya, anak dengan kemampuan asosiasi tinggi yang bermain dengan media literat memperoleh skor lebih baik dibandingkan anak dengan kemampuan asosiasi tinggi yang bermain dengan media non‑literat. Anak dengan kemampuan asosiasi tinggi juga menunjukkan kemampuan membaca dan menulis awal yang lebih baik dibandingkan dengan anak dengan kemampuan asosiasi rendah. Penelitian menemukan interaksi signifikan antara kemampuan asosiasi dan jenis media, yang memengaruhi kemampuan membaca dan menulis awal secara berbeda. Penelitian menekankan pentingnya mengintegrasikan media literat serta aktivitas yang mempromosikan kemampuan asosiasi dalam pendidikan anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak. Selain itu, penelitian menyoroti perlunya guru dan orang tua memperhatikan perbedaan individual dalam kemampuan asosiasi saat memilih media dan aktivitas bagi anak‑anak. Baik media literat maupun non‑literat memberikan dampak penting ketika dikombinasikan dengan berbagai tingkat kemampuan asosiasi, yang memengaruhi kemampuan membaca dan menulis awal anak.

Berdasarkan hasil analisis, terdapat tiga temuan utama.pertama, anak yang bermain dengan media permainan literat menunjukkan kemampuan membaca dan menulis awal yang lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan media non‑literat.kedua, anak dengan kemampuan asosiasi tinggi memiliki literasi awal yang lebih baik dibandingkan yang memiliki kemampuan asosiasi rendah.ketiga, terdapat interaksi signifikan antara jenis media dan kemampuan asosiasi, di mana anak dengan kemampuan asosiasi tinggi yang bermain dengan media literat memperoleh hasil terbaik, sedangkan anak dengan kemampuan asosiasi rendah yang bermain dengan media non‑literat menunjukkan hasil terendah.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi (1) bagaimana penggunaan media permainan literat yang terintegrasi dengan teknologi augmented reality memengaruhi perkembangan kemampuan membaca dan menulis pada anak usia prasekolah, khususnya dibandingkan dengan media tradisional; (2) apakah intervensi berbasis media literat dapat meningkatkan kemampuan asosiasi pada anak dengan tingkat asosiasi rendah serta menurunkan kesenjangan literasi awal antara anak dengan kemampuan asosiasi tinggi dan rendah; dan (3) bagaimana efektivitas media permainan literat dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada anak dengan kebutuhan khusus, seperti gangguan perhatian atau spektrum autisme, dengan memperhatikan adaptasi konten dan strategi pembelajaran. Penelitian-penelitian ini sebaiknya menggunakan desain longitudinal untuk mengamati perubahan selama periode setidaknya satu tahun, melibatkan sampel yang lebih besar dan beragam secara geografis, serta menggabungkan pengukuran kualitas interaksi guru‑anak dan motivasi belajar. Hasilnya diharapkan dapat memberikan pedoman praktis bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang kurikulum berbasis media yang inklusif dan efektif.

  1. Vygotsky's Zone of Proximal Development: Instructional Implications and Teachers' Professional... doi.org/10.5539/elt.v3n4p237Vygotskys Zone of Proximal Development Instructional Implications and Teachers Professional doi 10 5539 elt v3n4p237
  2. Developing Wordless Picture Book to Improve the Storytelling Ability of 5 to 6 Years Old Children | Jurnal... doi.org/10.21831/cp.v37i1.13303Developing Wordless Picture Book to Improve the Storytelling Ability of 5 to 6 Years Old Children Jurnal doi 10 21831 cp v37i1 13303
  3. Cooperative learning for geometric notions in kids of 5-years-old in kindergarten | Jurnal Cakrawala... doi.org/10.21831/cp.v42i2.47055Cooperative learning for geometric notions in kids of 5 years old in kindergarten Jurnal Cakrawala doi 10 21831 cp v42i2 47055
  4. Game-based educational media and associative skills in kindergarten students' early reading and... doi.org/10.21831/cp.v44i1.79463Game based educational media and associative skills in kindergarten students early reading and doi 10 21831 cp v44i1 79463
  5. WHAT DO THEY LIKE AND DISLIKE FROM GAME-BASED ENTREPRENEURSHIP LEARNING? A QUALITATIVE STUDY | Jurnal... doi.org/10.21831/cp.v40i2.38858WHAT DO THEY LIKE AND DISLIKE FROM GAME BASED ENTREPRENEURSHIP LEARNING A QUALITATIVE STUDY Jurnal doi 10 21831 cp v40i2 38858
File size313.07 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test