UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak internalisasi nilai‑nilai upacara Ngaben dalam pembelajaran sejarah terhadap literasi budaya dan sikap sosial siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi‑eksperimental posttest‑only control group. Sampel terdiri dari 61 siswa SMA di Kabupaten Buleleng, Bali, yang dipilih secara acak dan dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui kuesioner literasi budaya dan sikap sosial, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan MANOVA. Hasil menunjukkan nilai F untuk Pillais Trace, Wilks Lambda, Hotellings Trace, dan Roys Largest Root sebesar 12,710 dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), mengindikasikan perbedaan signifikan secara simultan pada literasi budaya dan sikap sosial antara siswa yang menerima pembelajaran sejarah yang menginternalisasi nilai Ngaben dan yang tidak. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi nilai upacara Ngaben dapat meningkatkan literasi budaya serta membentuk sikap sosial yang lebih positif pada siswa.
Internalisasi nilai upacara Ngaben dalam pembelajaran sejarah secara signifikan meningkatkan literasi budaya serta sikap sosial siswa sekolah menengah.Komponen‑komponen Ngaben yang terkait dengan kegiatan budaya memperkuat literasi budaya, sementara nilai‑nilai pendidikan yang terkandung dapat menumbuhkan kesadaran multikultural, keadilan sosial, dan solidaritas.Konsistensi nilai tersebut berkontribusi pada pembentukan struktur sosial yang kuat dengan menumbuhkan rasa saling menghormati antarindividu.
Penelitian selanjutnya dapat mengevaluasi efek jangka panjang internalisasi nilai upacara Ngaben dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan desain longitudinal yang melibatkan beberapa siklus belajar, sehingga dapat mengidentifikasi apakah peningkatan literasi budaya dan sikap sosial tetap bertahan seiring waktu. Kajian selanjutnya dapat memperluas populasi sampel ke sekolah menengah pertama dan menengah atas di berbagai provinsi Indonesia, serta membandingkan hasil antara daerah dengan tradisi budaya yang berbeda, untuk menilai generalisasi temuan dan menguji apakah nilai‑nilai lokal lainnya dapat memberikan dampak serupa pada literasi budaya dan sikap sosial siswa. Penelitian berikutnya dapat mengintegrasikan pendekatan kualitatif, seperti wawancara mendalam dengan guru dan siswa serta analisis dokumen pembelajaran, untuk memahami mekanisme pedagogis yang mendukung internalisasi nilai Ngaben, serta mengembangkan model pembelajaran berbasis nilai budaya yang dapat diadaptasi secara fleksibel ke dalam kurikulum sejarah nasional.
- Mobile Web-Based Character Building for Enhancement of Student Character at Elementary Schools: An Empirical... doi.org/10.3991/ijim.v15i21.24959Mobile Web Based Character Building for Enhancement of Student Character at Elementary Schools An Empirical doi 10 3991 ijim v15i21 24959
- An Analysis of Preservice Elementary Teacher Ability in Creative Writing Containing Character Education... doi.org/10.23887/jisd.v5i3.37069An Analysis of Preservice Elementary Teacher Ability in Creative Writing Containing Character Education doi 10 23887 jisd v5i3 37069
- Memperkenalkan Budaya Literasi Melalui Kegiatan Membaca Puisi Berbahasa Inggris | Madaniya. budaya literasi... doi.org/10.53696/27214834.103Memperkenalkan Budaya Literasi Melalui Kegiatan Membaca Puisi Berbahasa Inggris Madaniya budaya literasi doi 10 53696 27214834 103
- The Quality of HOTS-Based Science Questions Developed by Indonesian Elementary School Teachers | Journal... doi.org/10.23887/jet.v5i2.33813The Quality of HOTS Based Science Questions Developed by Indonesian Elementary School Teachers Journal doi 10 23887 jet v5i2 33813
- International Journal of Educational Research Review » Submission » Students’ Tolerance... doi.org/10.24331/ijere.426255International Journal of Educational Research Review A Submission A StudentsAo Tolerance doi 10 24331 ijere 426255
| File size | 354.83 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UMMUMM Akibatnya, penegakan hukum dipersepsikan sebagai “atas perintah dan sangat dipengaruhi oleh kepentingan tertentu. Keterkaitan antara politik dan hukumAkibatnya, penegakan hukum dipersepsikan sebagai “atas perintah dan sangat dipengaruhi oleh kepentingan tertentu. Keterkaitan antara politik dan hukum
UNDIKSHAUNDIKSHA Dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar siswa merupakan hal-hal yang siswa alami secara psikologis dalam mempelajari matematika.Dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar siswa merupakan hal-hal yang siswa alami secara psikologis dalam mempelajari matematika.
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan dan wawancara denganPenelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan dan wawancara dengan
CAHAYA ICCAHAYA IC Hasil Temuan: Dengan informasi dan komunikasi teknologi diharapkan anak akan lebih tertarik dan memiliki motivasi yang lebih dalam belajar. Sehingga hasilHasil Temuan: Dengan informasi dan komunikasi teknologi diharapkan anak akan lebih tertarik dan memiliki motivasi yang lebih dalam belajar. Sehingga hasil
Useful /
UNYUNY Oleh karena itu, artikel ini menelaah pendidikan Ethiopia pada periode kekaisaran, dengan menekankan tren historis, pola pertumbuhan, tantangan budayaOleh karena itu, artikel ini menelaah pendidikan Ethiopia pada periode kekaisaran, dengan menekankan tren historis, pola pertumbuhan, tantangan budaya
UNYUNY Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman bacaan siswa dengan disabilitas belajar menggunakan strategi Know‑Want‑Learned (KWL). Dengan desainPenelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman bacaan siswa dengan disabilitas belajar menggunakan strategi Know‑Want‑Learned (KWL). Dengan desain
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Penelitian ini menjelaskan relevansi abadi tiga perspektif sosiologis—Simbolik Interaksionisme, Pragmatisme, dan Konstruksionisme Sosial—dalam memahamiPenelitian ini menjelaskan relevansi abadi tiga perspektif sosiologis—Simbolik Interaksionisme, Pragmatisme, dan Konstruksionisme Sosial—dalam memahami
CAHAYA ICCAHAYA IC Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 101 siswa di SMPN 22 Kota Jambi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. TemuanSampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 101 siswa di SMPN 22 Kota Jambi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Temuan