UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak internalisasi nilai‑nilai upacara Ngaben dalam pembelajaran sejarah terhadap literasi budaya dan sikap sosial siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi‑eksperimental posttest‑only control group. Sampel terdiri dari 61 siswa SMA di Kabupaten Buleleng, Bali, yang dipilih secara acak dan dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui kuesioner literasi budaya dan sikap sosial, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan MANOVA. Hasil menunjukkan nilai F untuk Pillais Trace, Wilks Lambda, Hotellings Trace, dan Roys Largest Root sebesar 12,710 dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), mengindikasikan perbedaan signifikan secara simultan pada literasi budaya dan sikap sosial antara siswa yang menerima pembelajaran sejarah yang menginternalisasi nilai Ngaben dan yang tidak. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi nilai upacara Ngaben dapat meningkatkan literasi budaya serta membentuk sikap sosial yang lebih positif pada siswa.
Internalisasi nilai upacara Ngaben dalam pembelajaran sejarah secara signifikan meningkatkan literasi budaya serta sikap sosial siswa sekolah menengah.Komponen‑komponen Ngaben yang terkait dengan kegiatan budaya memperkuat literasi budaya, sementara nilai‑nilai pendidikan yang terkandung dapat menumbuhkan kesadaran multikultural, keadilan sosial, dan solidaritas.Konsistensi nilai tersebut berkontribusi pada pembentukan struktur sosial yang kuat dengan menumbuhkan rasa saling menghormati antarindividu.
Penelitian selanjutnya dapat mengevaluasi efek jangka panjang internalisasi nilai upacara Ngaben dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan desain longitudinal yang melibatkan beberapa siklus belajar, sehingga dapat mengidentifikasi apakah peningkatan literasi budaya dan sikap sosial tetap bertahan seiring waktu. Kajian selanjutnya dapat memperluas populasi sampel ke sekolah menengah pertama dan menengah atas di berbagai provinsi Indonesia, serta membandingkan hasil antara daerah dengan tradisi budaya yang berbeda, untuk menilai generalisasi temuan dan menguji apakah nilai‑nilai lokal lainnya dapat memberikan dampak serupa pada literasi budaya dan sikap sosial siswa. Penelitian berikutnya dapat mengintegrasikan pendekatan kualitatif, seperti wawancara mendalam dengan guru dan siswa serta analisis dokumen pembelajaran, untuk memahami mekanisme pedagogis yang mendukung internalisasi nilai Ngaben, serta mengembangkan model pembelajaran berbasis nilai budaya yang dapat diadaptasi secara fleksibel ke dalam kurikulum sejarah nasional.
- Mobile Web-Based Character Building for Enhancement of Student Character at Elementary Schools: An Empirical... doi.org/10.3991/ijim.v15i21.24959Mobile Web Based Character Building for Enhancement of Student Character at Elementary Schools An Empirical doi 10 3991 ijim v15i21 24959
- An Analysis of Preservice Elementary Teacher Ability in Creative Writing Containing Character Education... doi.org/10.23887/jisd.v5i3.37069An Analysis of Preservice Elementary Teacher Ability in Creative Writing Containing Character Education doi 10 23887 jisd v5i3 37069
- Memperkenalkan Budaya Literasi Melalui Kegiatan Membaca Puisi Berbahasa Inggris | Madaniya. budaya literasi... doi.org/10.53696/27214834.103Memperkenalkan Budaya Literasi Melalui Kegiatan Membaca Puisi Berbahasa Inggris Madaniya budaya literasi doi 10 53696 27214834 103
- The Quality of HOTS-Based Science Questions Developed by Indonesian Elementary School Teachers | Journal... doi.org/10.23887/jet.v5i2.33813The Quality of HOTS Based Science Questions Developed by Indonesian Elementary School Teachers Journal doi 10 23887 jet v5i2 33813
- International Journal of Educational Research Review » Submission » Students’ Tolerance... doi.org/10.24331/ijere.426255International Journal of Educational Research Review A Submission A StudentsAo Tolerance doi 10 24331 ijere 426255
| File size | 354.83 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-24 |
| DMCA | Report |
Related /
UPIUPI Dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian ini meneliti seberapa familiar mahasiswa dengan alat pembelajaran digital serta pemahaman mereka tentangDengan pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian ini meneliti seberapa familiar mahasiswa dengan alat pembelajaran digital serta pemahaman mereka tentang
UINUIN Metode yang digunakan melibatkan analisis spasial data bencana dan overlay berbagai lapisan geografis untuk identifikasi risiko. Hasil menunjukkan bahwaMetode yang digunakan melibatkan analisis spasial data bencana dan overlay berbagai lapisan geografis untuk identifikasi risiko. Hasil menunjukkan bahwa
UNYUNY Eksperimen dilaksanakan di Satbayev University, salah satu universitas teknik terkemuka di Kazakhstan, dengan total 60 mahasiswa tingkat pertama yang memilikiEksperimen dilaksanakan di Satbayev University, salah satu universitas teknik terkemuka di Kazakhstan, dengan total 60 mahasiswa tingkat pertama yang memiliki
UNYUNY Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggul dalam akurasi tetapi kurang efisien secara komputasi. Pendekatan deep learning lebihPenelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggul dalam akurasi tetapi kurang efisien secara komputasi. Pendekatan deep learning lebih
UNYUNY Menggunakan pendekatan fenomenologis kualitatif, wawancara semi-terstruktur dilakukan dengan lima mahasiswa tunanetra yang dipilih melalui pengambilanMenggunakan pendekatan fenomenologis kualitatif, wawancara semi-terstruktur dilakukan dengan lima mahasiswa tunanetra yang dipilih melalui pengambilan
UNYUNY Dengan demikian, model pembelajaran PBL dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika.Dengan demikian, model pembelajaran PBL dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika.
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran terintegrasi aritmatika sosial dan akuntansi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran terintegrasi aritmatika sosial dan akuntansi.
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa berada pada kategori baik dengan rata-rata 74,95, dan keterampilan proses sains dasar mahasiswaHasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa berada pada kategori baik dengan rata-rata 74,95, dan keterampilan proses sains dasar mahasiswa
Useful /
UINUIN Keterlibatan pemerintah, tokoh agama, dan ekonom turut memperkuat kapasitas lembaga dan kepercayaan masyarakat. Studi ini menghadirkan pendekatan baruKeterlibatan pemerintah, tokoh agama, dan ekonom turut memperkuat kapasitas lembaga dan kepercayaan masyarakat. Studi ini menghadirkan pendekatan baru
UINUIN Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis; data sekunder meliputi media sosial seperti Instagram, Twitter,Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis; data sekunder meliputi media sosial seperti Instagram, Twitter,
UNDIKSHAUNDIKSHA Kertas ini memenuhi standar kertas untuk penggunaan menulis dan kemasan ringan. Kertas berbahan kulit pisang memenuhi standar dasar kertas menulis. GramaturKertas ini memenuhi standar kertas untuk penggunaan menulis dan kemasan ringan. Kertas berbahan kulit pisang memenuhi standar dasar kertas menulis. Gramatur
UNDIKSHAUNDIKSHA Nilai N-Gain lapangan sebesar 0,73 (interpretasi tinggi) menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Temuan penelitian juga mengindikasikanNilai N-Gain lapangan sebesar 0,73 (interpretasi tinggi) menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Temuan penelitian juga mengindikasikan