UNDIKSHAUNDIKSHA

Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan Indonesia

Pengembangan bahan ajar terintegrasi antara aritmatika sosial dan akuntansi dilakukan dengan tujuan membuat prototipe bahan ajar yang mengintegrasikan aritmatika sosial sebagai proses perhitungan dan akuntansi untuk penyusunan laporan keuangan. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Uji efektivitas bahan ajar hasil pengembangan dilakukan melalui penelitian eksperimen dengan desain kelompok posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol di SMP Negeri 2 Gondang, Bojonegoro, Jawa Timur, dengan total 56 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran terintegrasi aritmatika sosial dan akuntansi. Hasil juga menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, terlihat dari rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 95,89 dan kelompok kontrol sebesar 87,67, dengan selisih sebesar 8,22.

Penerapan model pengembangan aritmatika sosial yang terintegrasi dengan akuntansi mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun laporan keuangan, meskipun sebagian masih mengalami kesulitan memahami produk yang dikembangkan.Terjadi peningkatan signifikan kemampuan awal siswa setelah penerapan bahan ajar terintegrasi, dengan rata-rata posttest kelompok eksperimen mencapai 95,89.Bahan ajar yang dikembangkan efektif dan dapat dijadikan referensi tambahan bagi siswa dan guru dalam pembelajaran aritmatika sosial serta penyusunan laporan akuntansi.

Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan bahan ajar terintegrasi aritmatika sosial dan akuntansi yang disesuaikan dengan kurikulum 2022 atau kurikulum merdeka, agar lebih relevan dengan kebutuhan pembelajaran saat ini. Studi lanjutan juga dapat mengeksplorasi bagaimana penerapan bahan ajar ini memengaruhi keterampilan berpikir kritis dan kewirausahaan siswa, dengan mengukur perubahan sikap dan kepercayaan diri mereka dalam mengelola keuangan pribadi atau keluarga. Selain itu, penelitian bisa dilakukan dengan membandingkan efektivitas bahan ajar ini antara sekolah perkotaan dan pedesaan, untuk melihat apakah faktor lingkungan atau akses teknologi memengaruhi penerimaan dan hasil belajar siswa dalam memahami konsep integrasi antara perhitungan aritmatika dan pelaporan akuntansi.

  1. Jurnal Pendidikan Indonesia. development learning materials integrated social aritmetic accounting jurnal... doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.17527Jurnal Pendidikan Indonesia development learning materials integrated social aritmetic accounting jurnal doi 10 23887 jpi undiksha v9i4 17527
  2. PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERSUPLEMEN KOMIK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA | guntur... doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1667PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERSUPLEMEN KOMIK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA guntur doi 10 24235 eduma v6i1 1667
  3. "Designing for Engagement: Using the ADDIE Model to Integrate High-Impa" by Amanda Nichols... doi.org/10.15760/comminfolit.2016.10.2.27Designing for Engagement Using the ADDIE Model to Integrate High Impa by Amanda Nichols doi 10 15760 comminfolit 2016 10 2 27
  4. Perancangan Media Siap UN Matematika SMP Berbasis Android | Jayanti | SAP (Susunan Artikel Pendidikan).... doi.org/10.30998/sap.v2i1.1722Perancangan Media Siap UN Matematika SMP Berbasis Android Jayanti SAP Susunan Artikel Pendidikan doi 10 30998 sap v2i1 1722
  1. #siswa kelas viii#siswa kelas viii
  2. #kemandirian belajar#kemandirian belajar
File size129.51 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test