UNDIKSHAUNDIKSHA

Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan Indonesia

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh dan hubungan sebagai bentuk konformitas antara penerapan materi dan media pembelajaran dalam pendidikan seks di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai upaya perlindungan anak. Sampel penelitian terdiri dari 34 guru PAUD di Surabaya yang dipilih secara acak. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana karena penelitian ini hanya mengukur apakah terdapat pengaruh dan hubungan antara penerapan materi dan media pembelajaran pendidikan seks di PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konformitas signifikan (13,1%) antara penerapan materi dan media, terutama terkait masalah sosial dalam pendidikan seks di PAUD yang paling penting dan mendesak untuk disampaikan kepada anak.

Terdapat konformitas signifikan antara penerapan materi dan media dalam pendidikan seks di PAUD, khususnya mengenai masalah sosial (kejahatan seksual). Pengaruhnya memungkinkan pengembangan materi dan media edukatif yang sesuai dengan perkembangan anak. Namun, efektivitasnya masih terbatas dan perlu perhatian khusus agar strategi pembelajaran dapat berkelanjutan dan memberi dampak positif bagi anak.

Pertanyaan pertama: Bagaimana faktor-faktor internal dan eksternal memengaruhi guru PAUD dalam memilih materi dan media pendidikan seks yang sesuai, serta seberapa besar pengaruh tersebut terhadap mutu pembelajaran? Pertanyaan kedua: Seberapa efektif penggunaan media visual (misalnya video animasi atau permainan digital) dalam meningkatkan pengetahuan anak PAUD tentang perilaku perlindungan diri terhadap kejahatan seksual, dan faktor apa yang memengaruhi penerimaan media tersebut oleh anak? Pertanyaan ketiga: Apa perspektif orang tua mengenai integrasi pendidikan seks di kurikulum PAUD, dan bagaimana kerja sama antara guru dan keluarga dapat memaksimalkan proses pengajaran serta mengurangi risiko paparan konten negatif?.

  1. Jurnal Pendidikan Indonesia. urgency social problematic education material paud jurnal pendidikan authors... doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.18151Jurnal Pendidikan Indonesia urgency social problematic education material paud jurnal pendidikan authors doi 10 23887 jpi undiksha v9i4 18151
File size281.53 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test