STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU
Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia DiniAr-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia DiniPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah dan rendahnya kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah, membedakan huruf hijaiyah serta belum mampu melafalkan huruf hijaiyah dengan tepat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah dengan alat peraga edukatif melalui media stik es krim dan kertas origami melalui metode penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilakukan dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B2 dengan jumlah siswa yaitu 5 perempuan dan 9 laki-laki pada semester I tahun ajaran 2022/2023 di TK Bina Edukasi Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan alat peraga edukatif melalui media stik es krim dan kertas origami untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi guru dan aktivitas anak dan dokumentasi. Setelah data terkumpul melalui observasi, data tersebut diolah menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah. Pengamatan aktivitas anak juga meningkat, hal ini dapat terlihat dari data awal hingga siklus II pertemuan 2. Data awal 43,21%, Siklus II pertemuan 2 diperoleh persentase rata-rata 85,38%. Sehingga peningkatan keseluruhan aktivitas anak mengenal huruf hijaiyah diperoleh persentase rata-rata 42,17%.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah dan rendahnya kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah, membedakan huruf hijaiyah serta belum mampu melafalkan huruf hijaiyah dengan tepat.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah dengan alat peraga edukatif melalui media stik es krim dan kertas origami melalui metode penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas).Penelitian ini dilakukan dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan.Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu.1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B2 dengan jumlah siswa yaitu 5 perempuan dan 9 laki-laki pada semester I tahun ajaran 2022/2023 di TK Bina Edukasi Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru.Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan alat peraga edukatif melalui media stik es krim dan kertas origami untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak.Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi guru dan aktivitas anak dan dokumentasi.Setelah data terkumpul melalui observasi, data tersebut diolah menggunakan rumus persentase.Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah.Pengamatan aktivitas anak juga meningkat, hal ini dapat terlihat dari data awal hingga siklus II pertemuan 2.Data awal 43,21%, Siklus II pertemuan 2 diperoleh persentase rata-rata 85,38%.Sehingga peningkatan keseluruhan aktivitas anak mengenal huruf hijaiyah diperoleh persentase rata-rata 42,17%.Aktivitas guru meningkat signifikan dari 40% pada data awal menjadi 90% pada siklus II pertemuan 2, menunjukkan peningkatan kualitas pelaksanaan pembelajaran melalui alat peraga edukatif.Penelitian lanjutan dapat mengembangkan metode ini dengan mengeksplorasi penggunaan alat peraga edukatif berbasis stik es krim dan origami untuk mengajarkan seluruh abjad hijaiyah secara berurutan, termasuk tajwid dasar, agar anak tidak hanya mengenali tapi juga memahami cara pelafalannya.Selain itu, peneliti bisa menguji efektivitas media serupa dalam konteks kelompok usia lebih muda, seperti anak PAUD usia 3-4 tahun, untuk melihat apakah pendekatan ini lebih cepat menunjukkan hasil pada tahap awal perkembangan bahasa.Terakhir, studi lanjutan bisa membandingkan dampak media fisik seperti stik dan origami dengan versi digital interaktif yang sama, untuk menilai apakah keterlibatan anak lebih tinggi ketika belajar melalui aplikasi berbasis gambar hijaiyah yang bergerak dan bersuara, tanpa mengurangi sentuhan manusia dari guru sebagai fasilitator.Penggunaan alat peraga edukatif berbasis stik es krim dan kertas origami terbukti efektif dalam meningkatkan minat, pemahaman, dan kemampuan anak dalam mengenali huruf hijaiyah secara konsisten.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah dan rendahnya kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah, membedakan huruf hijaiyah serta belum mampu melafalkan huruf hijaiyah dengan tepat.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah dengan alat peraga edukatif melalui media stik es krim dan kertas origami melalui metode penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas).Penelitian ini dilakukan dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan.Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu.1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B2 dengan jumlah siswa yaitu 5 perempuan dan 9 laki-laki pada semester I tahun ajaran 2022/2023 di TK Bina Edukasi Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru.Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan alat peraga edukatif melalui media stik es krim dan kertas origami untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak.Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi guru dan aktivitas anak dan dokumentasi.Setelah data terkumpul melalui observasi, data tersebut diolah menggunakan rumus persentase.Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah.Pengamatan aktivitas anak juga meningkat, hal ini dapat terlihat dari data awal hingga siklus II pertemuan 2.Data awal 43,21%, Siklus II pertemuan 2 diperoleh persentase rata-rata 85,38%.Sehingga peningkatan keseluruhan aktivitas anak mengenal huruf hijaiyah diperoleh persentase rata-rata 42,17%.
Penelitian lanjutan dapat mengembangkan metode ini dengan mengeksplorasi penggunaan alat peraga edukatif berbasis stik es krim dan origami untuk mengajarkan seluruh abjad hijaiyah secara berurutan, termasuk tajwid dasar, agar anak tidak hanya mengenali tapi juga memahami cara pelafalannya. Selain itu, peneliti bisa menguji efektivitas media serupa dalam konteks kelompok usia lebih muda, seperti anak PAUD usia 3-4 tahun, untuk melihat apakah pendekatan ini lebih cepat menunjukkan hasil pada tahap awal perkembangan bahasa. Terakhir, studi lanjutan bisa membandingkan dampak media fisik seperti stik dan origami dengan versi digital interaktif yang sama, untuk menilai apakah keterlibatan anak lebih tinggi ketika belajar melalui aplikasi berbasis gambar hijaiyah yang bergerak dan bersuara, tanpa mengurangi sentuhan manusia dari guru sebagai fasilitator.
| File size | 368.63 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Nilai Aktifitas Belajar siswa = 73,08. Karena itu disarankan agar pengguna media pembelajaran diterapkan pada setiap pembelajaran. Dari deskripsi dataNilai Aktifitas Belajar siswa = 73,08. Karena itu disarankan agar pengguna media pembelajaran diterapkan pada setiap pembelajaran. Dari deskripsi data
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode Demonstrasi untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa serta memberikan motivasi kepada guruPenelitian ini merekomendasikan penerapan metode Demonstrasi untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa serta memberikan motivasi kepada guru
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Tujuan penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalarn pembelajaran Seni Budaya di kelas VII-5 SMP Negeri 1 Patumbak T. P. 2015/2016. ManfaatTujuan penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalarn pembelajaran Seni Budaya di kelas VII-5 SMP Negeri 1 Patumbak T. P. 2015/2016. Manfaat
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Beberapa anak mengalami kesulitan berbicara karena pengucapan huruf dan kata tidak jelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicaraBeberapa anak mengalami kesulitan berbicara karena pengucapan huruf dan kata tidak jelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Teknik analisis data memakai uji normalitas, homogenitas serta hipotesis. Alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan, kemudian data diolah denganTeknik analisis data memakai uji normalitas, homogenitas serta hipotesis. Alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan, kemudian data diolah dengan
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Hasil penelitian menunjukkan perkembangan seni anak sebelum pelaksanaan motode bermain peran diperoleh nilai rata-rata sebesar 59. Proses pelaksanaan metodeHasil penelitian menunjukkan perkembangan seni anak sebelum pelaksanaan motode bermain peran diperoleh nilai rata-rata sebesar 59. Proses pelaksanaan metode
UBTUBT Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: Observasi, jenis observasiMetode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: Observasi, jenis observasi
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Generatif dapat memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas IX SMP NegeriPenelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Generatif dapat memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas IX SMP Negeri
Useful /
UMKUMK Selain itu, hanya Kesesuaian Individu-Organisasi (K-IO) yang memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan KesesuaianSelain itu, hanya Kesesuaian Individu-Organisasi (K-IO) yang memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan Kesesuaian
UMKUMK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap krisis keuangan. Studi ini menganalisis 35 bank konvensionalPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap krisis keuangan. Studi ini menganalisis 35 bank konvensional
UNIKOMUNIKOM Tidak ditemukan kesalahan dalam kategori kesalahan budaya karena lirik lagu tidak membahas aspek budaya.meskipun teknologi telah berkembang pesat, fiturTidak ditemukan kesalahan dalam kategori kesalahan budaya karena lirik lagu tidak membahas aspek budaya.meskipun teknologi telah berkembang pesat, fitur
UNIMALUNIMAL Selain itu, perlu diteliti dampak jangka panjang dari pembentukan Kelompok Tani Hutan dan kelompok dagang wisata terhadap perubahan perilaku lingkunganSelain itu, perlu diteliti dampak jangka panjang dari pembentukan Kelompok Tani Hutan dan kelompok dagang wisata terhadap perubahan perilaku lingkungan