UNDIKSHAUNDIKSHA
Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan IndonesiaPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap penggunaan e-modul dengan keterampilan proses sains dasar mahasiswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Fisika di Universitas Jambi. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner persepsi mahasiswa, lembar observasi keterampilan proses sains mahasiswa, dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa berada pada kategori baik dengan rata-rata 74,95, dan keterampilan proses sains dasar mahasiswa juga berada pada kategori baik dengan rata-rata 69,08. Berdasarkan uji korelasi yang dilakukan, terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat persepsi mahasiswa terhadap e-modul dengan keterampilan proses sains dasar mahasiswa, dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0,927 dan Sig. (2-tailed) 0,00 pada tingkat signifikansi 1%.
Terdapat hubungan signifikan dan positif antara persepsi mahasiswa terhadap e-modul dengan keterampilan proses sains dasar mahasiswa.Persepsi yang baik terhadap e-modul mendukung pengembangan keterampilan proses sains, karena panduan yang efektif memperkuat praktikum sebagai wadah pengembangan keterampilan tersebut.Temuan ini mendukung penggunaan e-modul sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran praktikum fisika.
Penelitian lanjutan dapat menguji apakah pengembangan e-modul yang dilengkapi fitur interaktif seperti animasi, simulasi, dan penilaian otomatis dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa dibandingkan e-modul biasa. Selain itu, perlu diteliti bagaimana pengaruh penggunaan e-modul dalam jangka panjang terhadap motivasi belajar dan kemampuan mandiri mahasiswa dalam praktikum, terutama jika diterapkan secara berkelanjutan selama beberapa semester. Terakhir, studi dapat membandingkan efektivitas e-modul berbasis mobile dengan e-modul berbasis desktop dalam konteks praktikum fisika, untuk menentukan format yang paling sesuai dengan kebiasaan penggunaan teknologi mahasiswa saat ini.
- MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PEMBELAJARAN KOLOID DENGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM BERORIENTASI... doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2499MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PEMBELAJARAN KOLOID DENGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM BERORIENTASI doi 10 21580 phen 2018 8 2 2499
- Mobile Assessment Procedures for Mental Health and Literacy Skills in Education | International Journal... doi.org/10.3991/ijim.v12i3.8038Mobile Assessment Procedures for Mental Health and Literacy Skills in Education International Journal doi 10 3991 ijim v12i3 8038
- Effectiveness of Basic Physics II Practicum Guidelines Based On Science Process Skills | Darmaji | JIPF... doi.org/10.26737/jipf.v4i1.693Effectiveness of Basic Physics II Practicum Guidelines Based On Science Process Skills Darmaji JIPF doi 10 26737 jipf v4i1 693
- Intention to Use Smartphones among Peruvian University Students | International Journal of Interactive... doi.org/10.3991/ijim.v13i03.9356Intention to Use Smartphones among Peruvian University Students International Journal of Interactive doi 10 3991 ijim v13i03 9356
- E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa | Saifuddin | Jurnal VARIDIKA. learning persepsi mahasiswa saifuddin... doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637E Learning dalam Persepsi Mahasiswa Saifuddin Jurnal VARIDIKA learning persepsi mahasiswa saifuddin doi 10 23917 varidika v29i2 5637
| File size | 224.47 KB |
| Pages | 11 |
| Short Link | https://juris.id/p-1D |
| DMCA | Report |
Related /
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT The findings indicate a significant difference in SPS mastery based on gender, but not between the study programs. Student teachers studying Biology andThe findings indicate a significant difference in SPS mastery based on gender, but not between the study programs. Student teachers studying Biology and
UNDIKSHAUNDIKSHA PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Peningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalahPBL secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Peningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah
UNDIKSHAUNDIKSHA Studi ini juga menemukan bahwa keterlibatan manajemen dan pelatihan karyawan merupakan faktor kunci keberhasilan implementasi. Penerapan teknologi informasiStudi ini juga menemukan bahwa keterlibatan manajemen dan pelatihan karyawan merupakan faktor kunci keberhasilan implementasi. Penerapan teknologi informasi
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan menentukan pengaruh profesionalitas guru terhadap keterampilan tersebut, meliputi profil keterampilan serta penguasaan aspek‑aspekPenelitian ini bertujuan menentukan pengaruh profesionalitas guru terhadap keterampilan tersebut, meliputi profil keterampilan serta penguasaan aspek‑aspek
UNDIKSHAUNDIKSHA Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model 4D. Berdasarkan hasil observasi, sebagian besar guru belum menguasai PowerPoint. Hasil uji N-Gain dari skorJenis penelitian ini adalah R&D dengan model 4D. Berdasarkan hasil observasi, sebagian besar guru belum menguasai PowerPoint. Hasil uji N-Gain dari skor
UNDIKSHAUNDIKSHA Studi ini memberikan kontribusi dalam memilih algoritma yang tepat untuk analisis spasial penyebaran penyakit menular. K-Medoids unggul dalam membentukStudi ini memberikan kontribusi dalam memilih algoritma yang tepat untuk analisis spasial penyebaran penyakit menular. K-Medoids unggul dalam membentuk
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Peningkatan kemampuan berpikir kritis mencapai 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains mencapai 0,70 dengan kategoriPeningkatan kemampuan berpikir kritis mencapai 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains mencapai 0,70 dengan kategori
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Selain itu, kemampuan representasi siswa kelas delapan MTsN Meureudu setelah penerapan model PBL pada materi zat kimia dalam makanan mengalami peningkatanSelain itu, kemampuan representasi siswa kelas delapan MTsN Meureudu setelah penerapan model PBL pada materi zat kimia dalam makanan mengalami peningkatan
Useful /
UIDUID Perkembangan era digital menyebabkan peningkatan kebocoran data pribadi dan memerlukan sanksi administratif serta pidana sesuai RUU PDP. RUU PDP mengaturPerkembangan era digital menyebabkan peningkatan kebocoran data pribadi dan memerlukan sanksi administratif serta pidana sesuai RUU PDP. RUU PDP mengatur
UNDIKSHAUNDIKSHA E-modul yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis, dengan skor validasi oleh ahli konten sebesar 100%, ahli pembelajaran sebesar 98,65%, dan praktisiE-modul yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis, dengan skor validasi oleh ahli konten sebesar 100%, ahli pembelajaran sebesar 98,65%, dan praktisi
UNDIKSHAUNDIKSHA Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mindful secara signifikan memengaruhi kompetensi menulis siswa. Terdapat perbedaan signifikan dalamDengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mindful secara signifikan memengaruhi kompetensi menulis siswa. Terdapat perbedaan signifikan dalam
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Pandangan umum tentang multikulturalisme di antara anggota komunitas kebijakan yang diwawancarai menunjukkan penerimaan luas terhadap nilai penghormatanPandangan umum tentang multikulturalisme di antara anggota komunitas kebijakan yang diwawancarai menunjukkan penerimaan luas terhadap nilai penghormatan