UNDIKSHAUNDIKSHA

Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap penggunaan e-modul dengan keterampilan proses sains dasar mahasiswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Fisika di Universitas Jambi. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner persepsi mahasiswa, lembar observasi keterampilan proses sains mahasiswa, dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa berada pada kategori baik dengan rata-rata 74,95, dan keterampilan proses sains dasar mahasiswa juga berada pada kategori baik dengan rata-rata 69,08. Berdasarkan uji korelasi yang dilakukan, terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat persepsi mahasiswa terhadap e-modul dengan keterampilan proses sains dasar mahasiswa, dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0,927 dan Sig. (2-tailed) 0,00 pada tingkat signifikansi 1%.

Terdapat hubungan signifikan dan positif antara persepsi mahasiswa terhadap e-modul dengan keterampilan proses sains dasar mahasiswa.Persepsi yang baik terhadap e-modul mendukung pengembangan keterampilan proses sains, karena panduan yang efektif memperkuat praktikum sebagai wadah pengembangan keterampilan tersebut.Temuan ini mendukung penggunaan e-modul sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran praktikum fisika.

Penelitian lanjutan dapat menguji apakah pengembangan e-modul yang dilengkapi fitur interaktif seperti animasi, simulasi, dan penilaian otomatis dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa dibandingkan e-modul biasa. Selain itu, perlu diteliti bagaimana pengaruh penggunaan e-modul dalam jangka panjang terhadap motivasi belajar dan kemampuan mandiri mahasiswa dalam praktikum, terutama jika diterapkan secara berkelanjutan selama beberapa semester. Terakhir, studi dapat membandingkan efektivitas e-modul berbasis mobile dengan e-modul berbasis desktop dalam konteks praktikum fisika, untuk menentukan format yang paling sesuai dengan kebiasaan penggunaan teknologi mahasiswa saat ini.

  1. MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PEMBELAJARAN KOLOID DENGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM BERORIENTASI... doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2499MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PEMBELAJARAN KOLOID DENGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM BERORIENTASI doi 10 21580 phen 2018 8 2 2499
  2. Mobile Assessment Procedures for Mental Health and Literacy Skills in Education | International Journal... doi.org/10.3991/ijim.v12i3.8038Mobile Assessment Procedures for Mental Health and Literacy Skills in Education International Journal doi 10 3991 ijim v12i3 8038
  3. Effectiveness of Basic Physics II Practicum Guidelines Based On Science Process Skills | Darmaji | JIPF... doi.org/10.26737/jipf.v4i1.693Effectiveness of Basic Physics II Practicum Guidelines Based On Science Process Skills Darmaji JIPF doi 10 26737 jipf v4i1 693
  4. Intention to Use Smartphones among Peruvian University Students | International Journal of Interactive... doi.org/10.3991/ijim.v13i03.9356Intention to Use Smartphones among Peruvian University Students International Journal of Interactive doi 10 3991 ijim v13i03 9356
  5. E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa | Saifuddin | Jurnal VARIDIKA. learning persepsi mahasiswa saifuddin... doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637E Learning dalam Persepsi Mahasiswa Saifuddin Jurnal VARIDIKA learning persepsi mahasiswa saifuddin doi 10 23917 varidika v29i2 5637
  1. #mahasiswa program studi#mahasiswa program studi
  2. #mahasiswa program studi#mahasiswa program studi
File size224.47 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test