SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT

Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah Peuradeun

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis konteks dan kreativitas untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar pada materi organ gerak manusia dan hewan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang mencakup tahapan: 1) studi pendahuluan berupa studi literatur, 2) studi pengembangan bahan ajar, dan 3) uji terbatas menggunakan desain one-shot case study. Hasil analisis data kuesioner penilaian bahan ajar oleh ahli materi menunjukkan aspek kelayakan konten sebesar 90%, aspek kelayakan presentasi 78%, aspek kelayakan bahasa 83%, dan aspek penilaian konteks dan kreativitas 92%. Hasil analisis data kuesioner penilaian bahan ajar oleh ahli media menunjukkan ukuran bahan ajar 69%, sampul 86%, dan desain konten 85%. Respons guru terhadap bahan ajar berbasis konteks melalui kuesioner menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar ini dapat memfasilitasi guru dalam mengajarkan ilmu pengetahuan dengan cara yang sederhana namun bermakna.

Bahan ajar berbasis konteks dan kreativitas yang dikembangkan layak digunakan karena memiliki kelayakan tinggi pada aspek konten (90%), konteks dan kreativitas (92%), serta desain media (85%).Respons guru menunjukkan bahwa bahan ajar ini memudahkan pengajaran ilmu pengetahuan secara sederhana dan bermakna.Siswa memberikan respons positif sebesar 77%, yang menunjukkan peningkatan minat dan pemahaman dalam belajar literasi sains.

Penelitian selanjutnya dapat menguji efektivitas bahan ajar berbasis konteks dan kreativitas ini pada siswa di sekolah dasar dengan latar belakang sosial-ekonomi yang berbeda, untuk melihat sejauh mana keberagaman konteks kehidupan memengaruhi penerimaan dan peningkatan literasi sains. Selain itu, penting untuk meneliti bagaimana penerapan bahan ajar ini dalam jangka panjang—apakah peningkatan literasi sains tetap bertahan setelah beberapa bulan tanpa intervensi—dengan mengikuti perkembangan siswa secara longitudinal. Terakhir, penelitian bisa dikembangkan dengan mengintegrasikan teknologi digital, seperti aplikasi interaktif berbasis smartphone, untuk memperluas akses dan keterlibatan siswa dalam belajar literasi sains melalui konteks sehari-hari yang lebih dinamis dan relevan dengan kehidupan digital mereka.

  1. MULTICULTURAL PERSPECTIVE ON THE MOTIVATION OF STUDENTS IN TEACHING PHYSICAL EDUCATION | Jurnal Ilmiah... doi.org/10.26811/peuradeun.v4i1.90MULTICULTURAL PERSPECTIVE ON THE MOTIVATION OF STUDENTS IN TEACHING PHYSICAL EDUCATION Jurnal Ilmiah doi 10 26811 peuradeun v4i1 90
  2. An Analysis of Teachers’ Perceptions toward the Role of ICT Based Media in Teaching and Learning... doi.org/10.26811/peuradeun.v7i3.335An Analysis of TeachersAo Perceptions toward the Role of ICT Based Media in Teaching and Learning doi 10 26811 peuradeun v7i3 335
  3. The Development of Teaching Materials Based on Context and Creativity to Increase Students Scientific... doi.org/10.26811/peuradeun.v9i2.506The Development of Teaching Materials Based on Context and Creativity to Increase Students Scientific doi 10 26811 peuradeun v9i2 506
  4. PARADIGM SHIFT IN OPEN EDUCATION AND E-LEARNING RESOURCES AS TEACHING AND LEARNING IN PHILIPPINES | Jurnal... doi.org/10.26811/peuradeun.v4i2.94PARADIGM SHIFT IN OPEN EDUCATION AND E LEARNING RESOURCES AS TEACHING AND LEARNING IN PHILIPPINES Jurnal doi 10 26811 peuradeun v4i2 94
File size400.46 KB
Pages22
DMCAReportReport

ads-block-test