SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT
Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah PeuradeunPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas XI IPA yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan melalui tes essay yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran biologi.
Model Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMA dalam pembelajaran biologi.Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan PBL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.
Bagaimana jika peneliti menguji apakah PBL yang dipadukan dengan media visualisasi 3D bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi yang lebih kompleks seperti sistem kekebalan tubuh? Selain itu, apakah PBL berbasis lingkungan sekitar sekolah dapat mempertahankan peningkatan berpikir kritis jika dilakukan dalam jangka waktu lama, misalnya satu semester penuh? Terakhir, apakah model PBL yang dirancang untuk kelas berukuran besar tetap efektif memicu diskusi kritis tanpa membutuhkan waktu luang guru yang berlebihan?.
| File size | 349.44 KB |
| Pages | 21 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNDIKSHAUNDIKSHA Peningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual secara berkelompok. Disarankan agar guru SD mempertimbangkan penggunaanPeningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual secara berkelompok. Disarankan agar guru SD mempertimbangkan penggunaan
UNAIUNAI Secara umum, sebagian besar kelas daring berjalan lancar, meskipun beberapa mahasiswa mengalami kesulitan dalam kualitas video akibat tingkat kehilanganSecara umum, sebagian besar kelas daring berjalan lancar, meskipun beberapa mahasiswa mengalami kesulitan dalam kualitas video akibat tingkat kehilangan
GOMITGOMIT Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode pengabdian yang digunakan adalah sosialisasi dan penyampaianKegiatan dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode pengabdian yang digunakan adalah sosialisasi dan penyampaian
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan humor dalam pembelajaran Bahasa Inggris serta mengidentifikasi perbedaan persepsiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan humor dalam pembelajaran Bahasa Inggris serta mengidentifikasi perbedaan persepsi
Useful /
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pada fase implementasi, produk diuji secara kuasi‑eksperimentalPenelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pada fase implementasi, produk diuji secara kuasi‑eksperimental
UMBUMB Penelitian ini menunjukkan bahwa variasi laju aliran secara signifikan memengaruhi koefisien perpindahan panas dan penurunan tekanan dalam sistem aliranPenelitian ini menunjukkan bahwa variasi laju aliran secara signifikan memengaruhi koefisien perpindahan panas dan penurunan tekanan dalam sistem aliran
POLIMEDIAPOLIMEDIA Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kemampuan bahasa Jepang calon pekerja dari siswa SMK NU 1 Slawi melalui pendekatan pembelajaranKegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kemampuan bahasa Jepang calon pekerja dari siswa SMK NU 1 Slawi melalui pendekatan pembelajaran
UNRUNR Kegiatan dilaksanakan melalui sosialisasi, perijinan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasilnya, siswa lebih memahami pentingnya kebersihan, caraKegiatan dilaksanakan melalui sosialisasi, perijinan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasilnya, siswa lebih memahami pentingnya kebersihan, cara