UNILAUNILA

Jurnal Sylva LestariJurnal Sylva Lestari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas XI di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar guru matematika dapat menerapkan model pembelajaran berbasis masalah sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA.Siswa yang belajar dengan model ini menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan pembelajaran konvensional.

Bolehkah kita menguji apakah model pembelajaran berbasis masalah yang dipadukan dengan teknologi augmented reality bisa membuat siswa lebih mudah membayangkan soal cerita matematika? Bagaimana kalau kita bandingkan efek model ini terhadap kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang memiliki kecemasan matematika tinggi dan rendah, agar kita tahu siapa yang paling terbantu? Dan, apakah mungkin jika guru terlatih menulis masalah kontekstual dari budaya lokal, model pembelajaran berbasis masalah akan lebih meningkatkan hasil belajar jangka panjang dibanding masalah umum yang selama ini dipakai?.

  1. IDENTIFIKASI KERUSAKAN ANTROPOGENIK KAWASAN HUTAN LINDUNG MUTIS TIMAU DI PULAU TIMOR BAGIAN BARAT DAN... doi.org/10.29244/jpsl.9.2.437-455IDENTIFIKASI KERUSAKAN ANTROPOGENIK KAWASAN HUTAN LINDUNG MUTIS TIMAU DI PULAU TIMOR BAGIAN BARAT DAN doi 10 29244 jpsl 9 2 437 455
  2. Assessing the utility of stakeholder analysis to Protected Areas management: The case of Corbett National... doi.org/10.1016/j.biocon.2010.04.039Assessing the utility of stakeholder analysis to Protected Areas management The case of Corbett National doi 10 1016 j biocon 2010 04 039
  3. Heads or tails? Stakeholder analysis as a tool for conservation area management - ScienceDirect. heads... doi.org/10.1016/j.gloenvcha.2004.12.008Heads or tails Stakeholder analysis as a tool for conservation area management ScienceDirect heads doi 10 1016 j gloenvcha 2004 12 008
  4. Kepentingan Dan Peran Aktor Dalam Pengelolaan Hutan Mangrove Di Desa Pulau Pahawang Kecamatan Marga Punduh... doi.org/10.23960/jsl25113-127Kepentingan Dan Peran Aktor Dalam Pengelolaan Hutan Mangrove Di Desa Pulau Pahawang Kecamatan Marga Punduh doi 10 23960 jsl25113 127
File size347.55 KB
Pages17
DMCAReportReport

ads-block-test