SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT

Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah Peuradeun

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi akademik siswa di tingkat SMA. Metode yang digunakan adalah survei kuisioner terhadap 120 siswa dari tiga sekolah berbeda di Kota Bandung. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk menguji hubungan antara gaya belajar dan nilai ujian semester. Hasil menunjukkan bahwa siswa dengan dominasi gaya belajar visual memiliki korelasi positif signifikan terhadap prestasi akademik, sedangkan gaya belajar auditorial menunjukkan hubungan yang lemah dan tidak konsisten. Keterbatasan penelitian meliputi jumlah sampel yang terbatas dan penggunaan metode penilaian self-report yang rentan bias.

Gaya belajar visual memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi akademik, sementara gaya auditorial dan kinestetik perlu penelitian lebih lanjut.Strategi pembelajaran berbasis visual harus dioptimalkan, tetapi metode adaptif diperlukan bagi siswa dengan gaya belajar berbeda.Implementasi program pelatihan identifikasi gaya belajar di sekolah disarankan untuk meningkatkan pendekatan pembelajaran.

Peneliti dapat mengembangkan studi eksperimental untuk menguji efektivitas teknik pembelajaran berbasis audiotorial di kelas multigaya. Penelitian lanjutan perlu memperluas sampel ke daerah terpencil untuk menguji generalisasi hasil. Studi baru disarankan untuk menggabungkan teknologi augmented reality dengan identifikasi gaya belajar untuk menciptakan metode pembelajaran imersif. Pengaruh interaksi antara gaya belajar dan metode evaluasi (seperti portofolio vs ulangan) juga layak diteliti lebih dalam.

  1. Challenges and Readiness of Islamic Education Teachers in Innovative Teaching and Learning | Jurnal Ilmiah... doi.org/10.26811/peuradeun.v9i2.588Challenges and Readiness of Islamic Education Teachers in Innovative Teaching and Learning Jurnal Ilmiah doi 10 26811 peuradeun v9i2 588
Read online
File size296.88 KB
Pages18
Short Linkhttps://juris.id/p-1a
DMCAReport

Related /

ads-block-test