SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT

Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah Peuradeun

Masalah sosial di kalangan pelajar telah menjadi sangat serius dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, isu yang perlu ditangani adalah praktik-praktik yang ada di kalangan mereka. Studi ini membagikan temuan penelitian yang mengidentifikasi tingkat penerapan nilai-nilai luhur di kalangan anak-anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif melalui wawancara dan observasi serta studi survei kuantitatif di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang melibatkan 321 pelajar sekolah dasar dari empat sekolah dasar di Zona Utara Semenanjung Malaysia. Secara keseluruhan, temuan menunjukkan bahwa praktik nilai-nilai luhur patut diacungi jempol. Studi ini menemukan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam nilai-nilai praktik luhur berdasarkan jenis sekolah. Selain itu, temuan juga menunjukkan bahwa nilai rasa hormat adalah nilai yang paling dominan dipraktikkan oleh pelajar sekolah dasar, diikuti oleh nilai-nilai lainnya.

Tingkat penerapan nilai-nilai luhur di kalangan pelajar sekolah dasar masih patut diacungi jempol.Beberapa faktor telah diidentifikasi memengaruhi tingkat penerapan nilai-nilai luhur, termasuk jenis sekolah dan lingkungan pendidikan.Semua pihak, termasuk administrator sekolah, guru, orang tua, masyarakat, dan pelajar sendiri, perlu terus memelihara dan mengembangkan nilai-nilai luhur untuk membentuk karakter yang baik dan masa depan yang sukses.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana pengaruh lingkungan rumah dan budaya keluarga terhadap penerapan nilai luhur pada pelajar sekolah dasar, terutama di daerah pedesaan dan perkotaan yang berbeda, karena temuan awal menunjukkan perbedaan signifikan berdasarkan jenis sekolah. Selain itu, perlu diteliti lebih dalam bagaimana peran guru sebagai teladan dalam menanamkan nilai-nilai seperti rasa hormat dan rasa syukur melalui interaksi sehari-hari di kelas, mengingat nilai-nilai ini paling dominan muncul dalam data kualitatif. Terakhir, penting untuk mengembangkan studi longitudinal yang melacak perkembangan nilai-nilai luhur pada pelajar dari kelas rendah hingga kelas tinggi, untuk melihat apakah praktik nilai ini bertahan, melemah, atau berkembang seiring waktu, mengingat rekomendasi peneliti untuk memperluas studi ke seluruh Malaysia dan menemukan bahwa beberapa nilai seperti kemandirian dan kerja keras masih perlu ditingkatkan secara signifikan.

  1. The Practice of Noble Values among Primary School Students in Malaysia | Jurnal Ilmiah Peuradeun. practice... doi.org/10.26811/peuradeun.v7i1.385The Practice of Noble Values among Primary School Students in Malaysia Jurnal Ilmiah Peuradeun practice doi 10 26811 peuradeun v7i1 385
  1. #maaohad aly situbondo#maaohad aly situbondo
  2. #learn english#learn english
File size338.86 KB
Pages21
DMCAReportReport

ads-block-test