STAIMUNSTAIMUN

JEMINOV (Journal of Education Management and Innovation)JEMINOV (Journal of Education Management and Innovation)

Penelitian ini berfokus pada analisis strategi optimalisasi manajemen pendidikan Islam di SMP Negeri 3 Banyuasin dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan utama penelitian adalah untuk mengidentifikasi bagaimana penerapan nilai-nilai Islam dalam berbagai aspek manajemen sekolah dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan secara holistik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi pustaka, observasi partisipatif, dan wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan guru yang terlibat aktif dalam implementasi program pendidikan Islam. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif-kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data naratif, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi manajemen pendidikan Islam di SMP Negeri 3 Banyuasin memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan. Hal ini tercermin dari peningkatan rata-rata nilai akademik siswa, perbaikan kedisiplinan, peningkatan motivasi belajar dan kehadiran siswa, serta persepsi positif guru terhadap moral dan karakter siswa. Implementasi nilai-nilai Islam dalam kebijakan sekolah, kegiatan pembiasaan keagamaan, dan integrasi dalam proses pembelajaran menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Meskipun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan seperti kurangnya pemahaman siswa, keterbatasan fasilitas, dan perlunya penguatan dukungan orang tua. Implikasi penelitian ini memberikan justifikasi empiris mengenai efektivitas manajemen pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu pendidikan secara holistik, yang dapat menjadi model bagi institusi pendidikan Islam lainnya. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya kepemimpinan sekolah, peran aktif guru, penguatan pemahaman siswa, dukungan fasilitas, dan sinergi dengan orang tua. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya meliputi analisis statistik lanjutan, studi kasus komparatif, perluasan sampel penelitian, dan pengembangan instrumen pengukuran aspek non-akademik yang lebih komprehensif.

Strategi optimalisasi manajemen pendidikan Islam di SMP Negeri 3 Banyuasin secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan, terbukti dari peningkatan rata-rata nilai akademik, perbaikan kedisiplinan, peningkatan motivasi belajar dan kehadiran siswa, serta peningkatan persepsi guru terhadap moral dan karakter siswa.Implementasi nilai-nilai Islam melalui kebijakan sekolah, pembiasaan keagamaan, dan integrasi dalam pembelajaran menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif untuk perkembangan holistik siswa.Meskipun demikian, tantangan seperti kurangnya pemahaman siswa, keterbatasan fasilitas, dan lemahnya dukungan orang tua masih perlu diatasi secara berkelanjutan.

Penelitian selanjutnya dapat menggali bagaimana pendekatan berbasis nilai Islam dapat diadaptasi untuk meningkatkan pemahaman siswa yang masih kurang dalam menginternalisasi nilai-nilai agama, misalnya melalui pengembangan metode pembelajaran berbasis cerita atau simulasi kehidupan nyata yang lebih relevan dengan pengalaman sehari-hari mereka. Selain itu, perlu diteliti bagaimana pemanfaatan teknologi digital—seperti aplikasi pembelajaran interaktif atau platform komunikasi antara sekolah dan orang tua—dapat mengatasi keterbatasan sarana fisik seperti ruang khusus keagamaan, sekaligus memperkuat keterlibatan keluarga dalam pendidikan karakter. Terakhir, sebuah studi longitudinal bisa dilakukan untuk memahami dampak jangka panjang dari manajemen pendidikan Islam terhadap perkembangan moral dan perilaku siswa setelah mereka lulus, sehingga tidak hanya melihat perubahan di sekolah, tetapi juga sejauh mana nilai-nilai Islam terus hidup dalam kehidupan sosial dan profesional mereka di masa depan.

  1. Implementation Strengthening Education Character Student School Al-Anwar's Foundations Through School... doi.org/10.61650/ajis.v1i1.296Implementation Strengthening Education Character Student School Al Anwars Foundations Through School doi 10 61650 ajis v1i1 296
  2. Nadwa. religious moderation approach learning islamic education schools nadwa jurnal pendidikan islam... doi.org/10.21580/nw.2020.14.1.5766Nadwa religious moderation approach learning islamic education schools nadwa jurnal pendidikan islam doi 10 21580 nw 2020 14 1 5766
  3. PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA UNTUK MENGEJAR KETERTINGGALAN DARI NEGARA LAIN | CERMIN:... doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA UNTUK MENGEJAR KETERTINGGALAN DARI NEGARA LAIN CERMIN doi 10 36841 cermin unars v5i1 968
  1. #prestasi akademik siswa#prestasi akademik siswa
  2. #berpikir kebenaran pendidikan islam#berpikir kebenaran pendidikan islam
Read online
File size430.46 KB
Pages17
DMCAReport

Related /

ads-block-test