SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT

Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah Peuradeun

Integrasi teknologi dalam pendidikan menghadirkan peluang dan tantangan, khususnya dalam pendidikan Islam, di mana menjaga keefektifan pedagogis sambil memanfaatkan perangkat digital menjadi perhatian utama. Penelitian ini bertujuan menganalisis integrasi teknologi dalam pendidikan Islam, mengeksplorasi strategi pendidik dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa, serta mengidentifikasi tantangan dan peluang penggunaan teknologi termasuk kecerdasan buatan (AI) dan media sosial untuk mengoptimalkan pembelajaran berbasis digital. Menggunakan desain survei cross-sectional kuantitatif, data dikumpulkan dari 11.372 guru pendidikan Islam seluruh Indonesia setelah uji coba terhadap 569 guru. Temuan menunjukkan penerimaan positif terhadap integrasi teknologi dengan rata-rata respons tinggi (4,4035), yang berarti teknologi dianggap efektif mendukung keterlibatan dan pemahaman siswa. Rekomendasi utama meliputi peningkatan program pelatihan guru, perbaikan infrastruktur teknologi, dan penerapan pendekatan pedagogis seimbang untuk menoptimalkan hasil pendidikan.

Integrasi teknologi dalam pendidikan Islam di Indonesia telah meningkatkan keefektifan praktik pembelajaran.Guru Pendidikan Agama Islam menunjukkan kebiasaan kuat dalam menggunakan teknologi untuk mendukung keterlibatan dan pemahaman peserta didik.Strategi utama adalah merancang pembelajaran secara efektif dan memastikan komunikasi kritis dalam proses belajar mengajar.Rekomendasi penting adalah pelatihan berkelanjutan yang fokus pada keterampilan digital dan pedagogi berbasis teknologi, peningkatan infrastruktur, serta kebijakan yang seimbang antara inovasi digital dan nilai-nilai keagamaan agar pembelajaran menjadi inklusif dan berbasis nilai, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs 4) mengenai pendidikan berkualitas.

Bagaimana pengaruh model pelatihan TPACK yang dirancang khusus untuk pendidik Islamic Education terhadap peningkatan kemampuan integrasi teknologi dan kesediaan menggunakan AI dalam personalisasi pembelajaran? Apa saja faktor infrastruktur, regulasi, serta kearifan lokal yang memengaruhi keberhasilan implementasi pendidikan Islam digital di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) agar pembelajaran tetap berkualitas dan bernilai spiritual? Sejauh mana keterlibatan keluarga dan masyarakat memengaruhi literasi digital siswa serta keberlanjutan pendidikan Islam berbasis teknologi dalam menghadapi arus informasi global yang tidak selalu sesuai nilai-nilai Islam?.

  1. EDUCATING CHILDREN IN THE TWENTY-FIRST CENTURY: AN INSIGHT FROM MUSLIM FAMILIES | Jurnal Ilmiah Islam... jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/islamfutura/article/view/19827EDUCATING CHILDREN IN THE TWENTY FIRST CENTURY AN INSIGHT FROM MUSLIM FAMILIES Jurnal Ilmiah Islam jurnal ar raniry ac index php islamfutura article view 19827
  2. Strategy on boarding school development: between trend and performance analysis | Multidisciplinary Reviews.... malque.pub/ojs/index.php/mr/article/view/937Strategy on boarding school development between trend and performance analysis Multidisciplinary Reviews malque pub ojs index php mr article view 937
  3. Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur'an dan Hadis. rejection prophetic traditions analyzing inkar sunnah... doi.org/10.14421/qh.v25i2.5516Jurnal Studi Ilmu ilmu Al Quran dan Hadis rejection prophetic traditions analyzing inkar sunnah doi 10 14421 qh v25i2 5516
  4. Exploring Student Creativity and Collaboration Through Project-Based Learning With Google Sites | Jurnal... 103.55.33.27/index.php/jpi/article/view/40215Exploring Student Creativity and Collaboration Through Project Based Learning With Google Sites Jurnal 103 55 33 27 index php jpi article view 40215
  1. #sambas regency#sambas regency
  2. #pendidikan agama islam#pendidikan agama islam
File size445.26 KB
Pages30
DMCAReportReport

ads-block-test