SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT
Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah PeuradeunPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi perbandingan evaluasi hasil belajar yang diterapkan di MTsN 1 Medan menggunakan kurikulum 2013 KTSP dan Kurikulum 2013. Metodologi yang dipakai bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan dalam penilaian hasil belajar antara kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013 mencakup aspek penerapan di kelas, aspek penilaian, sistem penilaian, instrumen penilaian, konsep penilaian portfolio, format raport, format daftar nilai, indikator pencapaian kompetensi, standar kompetensi lulusan, dan rentang nilai.
(1) Penilaian KTSP di MTsN 1 Medan terutama berupa evaluasi hasil, dengan bentuk tes kompetensi pengetahuan sebagai format dominan sesuai Permendiknas No.(2) Penilaian Kurikulum 2013 dilaksanakan melalui penilaian autentik berasaskan proses dan hasil, yang menyeimbangkan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai Permendikbud No.(3) Analisis perbandingan menunjukkan tidak adanya pengaruh antar kurikulum karena masing‑masing diterapkan pada jenjang kelas yang berbeda (KTSP di kelas IX, Kurikulum 2013 di kelas VII dan VIII).
1. Menyelenggarakan studi kuantitatif berskala nasional untuk mengukur dampak perbedaan format penilaian pada prestasi akademik siswa, sehingga dapat dipastikan apakah pendekatan KTSP atau Kurikulum 2013 menghasilkan peningkatan hasil belajar. 2. Melakukan penelitian longitudinal multi sekolah yang mencakup baik pengkaderan guru maupun molde pendidikan, guna menilai konsistensi praktik evaluasi dan generalisasi temuan dari MTsN 1 Medan – memungkinkan komparasi keanekaragaman konteks sekolah. 3. Mengembangkan modul pelatihan dan workshop evaluasi berbasis bukti untuk guru, mengintegrasikan best practice kedua kurikulum, serta memperkuat kompetensi guru dalam merancang, menerapkan, dan menindaklanjuti evaluasi hasil belajar secara holistik.
- Project-Based Learning Evaluation from Students’ and Supervisors’ Perspectives: A Qualitative... doi.org/10.26811/peuradeun.v6i3.238Project Based Learning Evaluation from StudentsAo and SupervisorsAo Perspectives A Qualitative doi 10 26811 peuradeun v6i3 238
- The Influence of Problem-Based Learning Model on Learning IPS | Jurnal Ilmiah Peuradeun. influence problem... doi.org/10.26811/peuradeun.v6i2.220The Influence of Problem Based Learning Model on Learning IPS Jurnal Ilmiah Peuradeun influence problem doi 10 26811 peuradeun v6i2 220
- Evaluation of Learning Outcome: The Comparison Between the Education Unit Level Curriculum (KTSP) and... doi.org/10.26811/peuradeun.v9i2.510Evaluation of Learning Outcome The Comparison Between the Education Unit Level Curriculum KTSP and doi 10 26811 peuradeun v9i2 510
- The Effectiveness of the Implementation of the Case Methods in the Learning Evaluation Course at State... doi.org/10.26811/peuradeun.v6i1.171The Effectiveness of the Implementation of the Case Methods in the Learning Evaluation Course at State doi 10 26811 peuradeun v6i1 171
- . scheduled maintenance take place saturday starting time ingenta connect site temporarily unavailable... doi.org/10.1166/asl.2018.12529scheduled maintenance take place saturday starting time ingenta connect site temporarily unavailable doi 10 1166 asl 2018 12529
| File size | 284.05 KB |
| Pages | 16 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Studi ini berkontribusi pada teori pelayanan hotel dengan mengidentifikasi faktor kunci yang perlu diutamakan manajemen. Keterbatasan terletak pada lingkupStudi ini berkontribusi pada teori pelayanan hotel dengan mengidentifikasi faktor kunci yang perlu diutamakan manajemen. Keterbatasan terletak pada lingkup
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Makalah ini bertujuan meneliti bagaimana kepuasan karyawan berpengaruh terhadap loyalitas karyawan sekaligus kinerja organisasi pada kasus perbankan diMakalah ini bertujuan meneliti bagaimana kepuasan karyawan berpengaruh terhadap loyalitas karyawan sekaligus kinerja organisasi pada kasus perbankan di
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Gaya belajar visual memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi akademik, sementara gaya auditorial dan kinestetik perlu penelitian lebih lanjut. StrategiGaya belajar visual memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi akademik, sementara gaya auditorial dan kinestetik perlu penelitian lebih lanjut. Strategi
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Penelitian dilaksanakan di Fakultas Tarbiyah dan Pendidikan (FITK), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan fokus pada program studi PAI. Subjek penelitianPenelitian dilaksanakan di Fakultas Tarbiyah dan Pendidikan (FITK), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan fokus pada program studi PAI. Subjek penelitian
Useful /
UMMUMM Sehubungan dengan ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai pemerintah daerah di Indonesia, meluncurkan SuperApps bernama JAKI pada tahun 2019 sebagaiSehubungan dengan ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai pemerintah daerah di Indonesia, meluncurkan SuperApps bernama JAKI pada tahun 2019 sebagai
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Oleh karena itu, kami mengusulkan pandangan dunia teosentris, yang berpusat pada hubungan religius-spiritual dengan Tuhan, untuk dimasukkan sebagai bagianOleh karena itu, kami mengusulkan pandangan dunia teosentris, yang berpusat pada hubungan religius-spiritual dengan Tuhan, untuk dimasukkan sebagai bagian
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang mencakup tahapan: 1) studi pendahuluan berupa studi literatur, 2) studi pengembanganMetode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang mencakup tahapan: 1) studi pendahuluan berupa studi literatur, 2) studi pengembangan
UMMUMM Pola legislasi top‑down yang memprioritaskan kepentingan penguasa dan investor menghasilkan produk hukum yang represif dan berpotensi menimbulkan ketidakadilan.Pola legislasi top‑down yang memprioritaskan kepentingan penguasa dan investor menghasilkan produk hukum yang represif dan berpotensi menimbulkan ketidakadilan.